Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mencairkan tabungan emas di Pegadaian? Pencairan tabungan emas Pegadaian dapat dilakukan secara online atau melalui outlet Pegadaian di mana nasabahh membuat tabungan emas.

Pegadaian merupakan lembaga terpercaya untuk berinvestasi emas dalam bentuk tabungan emas. Pada tabungan emas Pegadaian akan didapatkan beberapa kemudahan, keuntungan, dan solusi yang tepat untuk berinvestasi.

Nasabah yang ingin menabung emas Pegadaian dapat melakukan penyetoran dalam bentuk uang dengan mata uang Rupiah. Ketika jumlah tabungan telah mencapai harga emas batangan saat itu, maka tabungan emas dapat dicairkan dalam bentuk emas batangan.

Keuntungan Menabung Emas

Keuntungan Menabung Emas

Keuntungan menabung emas di Pegadaian adalah tidak ada inflasi karena pencairan emas akan mengikuti harga pasar yang berlaku saat itu. Selain itu, juga terdapat beberapa keuntungan lainnya, yaitu:

1. Harga Emas Stabil

Nasabah tidak akan mengalami kerugian ketika menabung emas di Pegadaian karena harga emas di Pegadaian tidak jauh berbeda dengan harga emas di pasaran.

2. Aman dan Terpercaya

Pegadaian adalah salah satu perusahaan BUMN yang berdiri sejak tahun 1901 dan menjadi tempat berinvestasi yang terpercaya yang terus berkembang pesat hingga sekarang. Sehingga menabung emas di Pegadaian tentu aman dan terpercaya.

Selain itu, Pegadaian telah bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang artinya berinvestasi dengan cara menabung emas di Pegadaian sangat aman dan terpercaya.

3. Resiko Tidak Besar

Nasabah yang berinvestasi melalui tabungan emas Pegadaian tidak akan mendapatkan resiko yang besar karena harga emas cenderung stabil. Berbeda jika berinvestasi dengan membeli barang elektronik, tentu harga jual beberapa tahun setelahnya akan mengalami penurunan dari harga pembelian.

4. Pencairan Mudah

Likuiditas yang tinggi pada tabungan emas Pegadaian memudahkan nasabah mencairkan tabungan emasnya atau mencetak emas secara fisik.pencairan tabungan emas Pegadaian bisa dicairkan dalam bentuk emas batangan.

5. Harga Terjangkau

Nasabah yang menabung emas di Pegadaian bisa menambah saldo tabungannya secara fleksibel. Karena penyetoran saldo tabungan emas dapat dilakukan mulai dari harga emas senilai 0,01 gram.

6. Pembelian Mudah

Bergabung menjadi nasabah tabungan emas Pegadaian sangat mudah karena pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital, outlet Pegadaian terdekat, dan agen Pegadaian.

Jika nasabah ingin melakukan penyetoran atau penambahan saldo tabungan emas Pegadaian, penyetoran dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital, ATM, dan 4400 outlet Pegadaian yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Perlu diketahui bahwa terdapat 2 cara mencairkan tabungan emas Pegadaian. Nasabah dapat memilih salah satu cara untuk mencairkan tabungan emas miliknya. Berikut ini adalah cara mencairkan tabungan emas Pegadaian:

1. Menjual Kembali Emas Pegadaian

Tabungan emas yang telah terkumpul dapat dijual kembali ke Pegadaian. Cara ini merupakan solusi yang tepat bagi nasabah yang ingin mencairkan emas dalam waktu singkat.

Nasabah yang menggunakan cara ini akan mendapatkan harga sesuai dengan harga emas di pasaran. Saat menjual langsung tabungan emas di Pegadaian, maka nasabah akan menerima tabungan emas dalam bentuk uang. Tetapi nasabah harus memastikan jika saldo tabungan emas telah mencapai minimal 1 gram emas.

Nasabah dapat melakukan pencairan tabungan emas Pegadaian melallui outlet Pegadaian dan aplikasi Pegadaian Digital. Tetapi perlu diingat bahwa pada rekening tabungan emas Pegadaian harus menyisakan saldo sebesar 0,1 gram. Artinya, nasabah tidak dapat mencairkan semua saldo tabungan emas Pegadaian.

Cara ini sangat mudah tetapi jumlah minimal tabungan emas yang dapat dicairkan adalah sebesar 1 gram dan maksimal sebesar 100 gram per hari. Setelah pencairan berhasil, maka nasabah akan mendapatkan uang sejumlah nilai emas yang berlaku ketika dicairkan.

2. Mencetak Emas Berbentuk Fisik

Jika nasabah ingin mencetak emas dalam bentuk fisik, artinya nasabah akan mendapatkan hasil tabungan dengan bentuk emas batangan. Untuk cara ini, nasabah harus memastikan saldo tabungan emas miliknya sudah memenuhi salah satu pilihan berat emas untuk dicetak.

Pilihan berat fisik emas yang dapat dicetak di Pegadaian yaitu 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Pencetakan emas dalam bentuk fisik di Pegadaian dapat dilakukan di aplikasi Pegadaian Digital dan outlet Pegadaian terdekat.

Pencetakan emas tersebut akan dikenakan biaya sesuai dengan berat emas yang dicetak. Pengiriman emas akan dilakukan setelah proses pencetakan selesai. Sehingga nasabah akan mendapatkan emas batangan yang dilengkapi dengan sertifikat. Sertifikat tersebut adalah bukti keaslian emas yang dicetak oleh Pegadaian.

Demikian penjelasan mengenai cara mencairkan tabungan emas Pegadaian. Semoga informasi tersebut dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk memiliki emas melalui Pegadaian.

Baca juga:

Artikel Terkait