Cara Investasi Emas Logam Mulia

TutorBisnis.com – Masih suka membeli emas sebagai instrumen berinvestasi sampai saat ini? Ternyata sekarang cara investasi emas logam mulia bisa dilakukan tanpa harus membeli fisiknya.

Sejak dulu emas dianggap sebagai alat untuk menyimpan kekayaan karena harganya yang cenderung meningkat, mudah dijual, dan relatif aman. Tetapi sekarang ada banyak cara investasi emas seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan orang melakukan sesuatu dengan lebih mudah.

Cara Investasi Emas Logam Mulia

Investasi Emas

Untuk berinvestasi atau cara investasi emas, ada baiknya mempunyai emas dalam bentuk logam mulia 24 karat atau batangan, jangan berbentuk perhiasan. Karena emas perhiasan lebih sulit dijual dan harganya tidak standar, belum lagi banyak potongan ketika emas dibentuk menjadi perhiasan. Cara yang paling mudah yaitu beli emas di toko emas dan menyimpannya.

1. Toko Emas

Setiap kota biasanya memiliki sentra perdagangan emas. Misalnya di Jakarta ada di Cikini dan Blok M. Keuntungan membeli emas di sentra emas yaitu relatif aman karena pasar ramai pengunjung dan penjagaan cukup ketat dan banyak pilihannya sehingga bisa membandingkan harga.

2. Galeri 24 Pegadaian

Galeri 24 Pegadaian

Pegadaian meluncurkan toko emas online yang bernama Galeri24 dan bisa membeli emas secara online di sana. Masuk ke situs Galeri24 lalu pilih jenis emas dan kemudian lakukan pembayaran dengan cara transfer ke rekening.

Selanjutnya Galeri24 akan mengirimkan logam mulia yang dibeli melalui kurir. Tidak perlu khawatir akan kehilangan selama pengiriman karena sudah diasuransikan oleh Galer24 dengan segel khusus. Beberapa masalah yang dihadapi ketika membeli emas fisik pada umumnya adalah:

  • Sering adanya banyak isu mengenai emas palsu sekarang ini, meski bisa menghindarinya dengan membeli di toko emas yang terpercaya.
  • Emas fisik yang dibeli harus disimpan di safe deposit box (SDB) supaya aman dan untuk itu harus membayar biaya sewa SDB.
  • Adanya resiko membawa emas dari toko ke tempat penyimpanan, seperti hilang atau dicuri selama perjalanan.
  • Tidak dapat dicicil dan harus membeli dalam jumlah minimum. Selain harus membayar cash, membeli dalam jumlah minimum gram tertentu cukup mahal sehingga menabung emas agak sulit dilakukan.

Dari permasalahan tersebut maka muncul penjualan dan tabungan emas online.

BACA JUGA: Kredit Emas

3. Emas Online

Emas online merupakan layanan membeli dan menabung emas melalui aplikasi secara online. Menabung emas bisa dilakukan dengan membeli emas dalam jumlah kecil. Setelah terkumpul minimal 1 gram emas dapat dicetak. Cara ini dianggap lebih aman, mudah, dan terjangkau dengan beberapa manfaat berikut ini:

  • Membeli dan menjual emas menjadi mudah sebab dilakukan melalui aplikasi sehingga tidak perlu pergi keluar rumah.
  • Tidak ada resiko emas palsu karena pencetakan logam mulia fisik dilakukan oleh perusahaan yang memiliki ijin resmi seperti Antam dan Pegadaian.
  • Resiko kehilangan lebih kecil karena emas yang dibeli langsung disimpan di tempat menabung emas online.
  • Proses menjual emas mudah dan uangg hasil penjualan emas ditransfer langsung ke rekening yang dimiliki.
  • Emas fisik dapat diambil apabila dibutuhkan. Permintaan pencetakan emas ada biayanya namun cukup terjangkau.

4. Pegadaian Tabungan

Pegadaian menyediakan layanan berupa aplikasi Pegadaian Digital yang di dalamnya menawarkan produk tabungan emas. Cara kerjanya yaitu:

  • Download dan install aplikasi Pegadaian Digital di smartphone.
  • Isi form akun Tabungan emas digital.
  • Datang ke unit Pegadaian untuk menyerahkan KTP dan tanda tangan form pembukaan rekening.
  • Rekening tabungan emas pun sudah aktif.
  • Selanjutnya membeli emas bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian.
  • Emas yang sudah dibeli tercatat di aplikasi Pegadaian.

Emas yang tercantum di aplikasi dapat diambil fisiknya dengan cara meminta Pegadaian mencetak logam mulia tersebut beserta tambahan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menjual emas sangat mudah, berikan perintah jual di aplikasi kemudian dalam beberapa saat uang pun masuk ke rekening bank. Jumlah minimal investasi mulai dari Rp. 5.000 saja.

5. Antam Brankas LM

Brankas LM merupakan anak perusahaan Antam yang bertujuan menjual logam mulia ke masyarakat melalui aplikasi Brankas secara online. Cara kerjanya hampir sama seperti tabungan emas Pegadaian, yaitu:

  • Kunjungi kantor cabang Brankas LM Antam untuk membuka rekening.
  • Kemudian akan mendapatkan User ID dan password untuk masuk ke aplikasi.
  • Emas logam mulia bisa dibeli melalui aplikasi Brankas LM.
  • Setelah itu emas akan diterima dan tercatat di akun Brankas LM.

Seperti tabungan emas Pegadaian, Brankas memberikan kesempatan bagi nasabah untuk mencetak logam mulia dengan biaya tambahan. Apabila ingin menjual emas cukup lakukan buy back lewat Brankas lalu uang hasil penjualan ditransfer langsung ke rekening.

6. Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia menawarkan layanan jual beli logam mulia bekerjasama dengan PT. Pegadaian. Proses pendaftaran sangat mudah karena jika sudah memiliki akun di Tokopedia maka tidak perlu datang ke kantor Pegadaian.

Nilai minimum pembelian emas yaitu Rp. 5.000 dan untuk penjualan minimal sebesar Rp. 500 saja. Layanan ini cocok bagi para pemula khususnya milenial yang ingin menabung emas. Prosesnya tidak ribet dengan jumlah minimal yang kecil. Penyimpanan emas dilakukan oleh Pegadaian yang memiliki ijin dari OJK sedangkan Tokopedia hanya sebagai platform.

Namun Tokopedia menetapkan ketentuan jika kepemilikan emas di atas 10 gram maka konsumen harus mendatangi kantor Pegadaian untuk melakukan KYC. Selain itu emas di Tokopedia tidak dapat dicetak sebagai logam mulia Tidak ada penjelasan tentang proses dan cara mencetak emas di sana.

7. GoInvestasi GoJek

GoJek juga menawarkan layanan investasi emas bernama GoInvestasi yang bekerjasama dengan Pluan PG Berjangka yang berlisensi Bappebti. Membuka akun tabungan emas bisa dilakukan di aplikasi GoJek lalu membeli emas dengan saldo GoPay serta menjual emas yang mana hasil penjualannya akan dikembalikan ke saldo Gopay. Caranya sebagai berikut:

  • Buka GoInvestasi di GoJek.
  • Pilih salah satu,membeli atau menjual emas.
  • Masukkan jumlah dalam Rupiah atau gram emas lalu klik “Beli Sekarang” atau “Jual Sekarang”.
  • Lihat halaman pembayaran dan konfirmasi jika informasi yang ditampilkan sudah benar, lalu periksa saldo GoPay.
  • Investasi emas berhasil dilakukan.

Mencetak logam mulia fisik dapat dilakukan mulai dari 1 gram dengan tambahan biaya untuk mencetaknya. Penyimpanan emas dilakukan oleh Pluan PG sementara GoJek merupakan platform saja.

8. Bukalapak BukaEmas

Bukalapak menyediakan layanan BukaEmas yang bekerjasama dengan Indogold dan Antam untuk menabung emas logam mulia. Pembukaan rekening BukaEmas cukup dengan akun Bukalapak tanpa harus melakukan pendafftaran lagi.

Jumlah pembelian dan penjualan emas mulai dari 0,0001 gram atau senilai Rp. 100 sehingga jumlahnya merupakan paling kecil. Jika saldo emas mencapai 1 gram maka pengguna BukaEmas bisa menarik emas batangan untuk dikirim ke alamatnya, tentunya juga membayar biaya sertifikat dan biaya pengirimannya.

Fitur lainnya yaitu fasilitas Cicil Emas yang melayani cicilan untuk pembelian emas mulai dari 1 gram hingga 100 gram dengan jangka waktu mulai 3 bulan sampai 2 bulan. Biaya dalam Cicil Emas antara lain:

  • Harga beli atau jual emas untuk cicilan bisa berbeda dengan harga beli atau jual emas untuk transaksi reguler (tunai).
  • Pada cicilan pertama akan ditambah uang muka sebesar 5% dari total cicilan dan biaya administrasi sebesar Rp. 50.000.

9. Indogold

Indogold

Indogold merupakan pialang berjangka yang menyediakan layanan Tabungan Rencana Emas, Cicil Emas, dan Gadai Emas. Pembelian emas mulai dari Rp. 500 sehingga memungkinkan masyarakat membeli emas dalam jumlah terkecil.

Cicil Emas memungkinkan untuk mengunci harga emas lalu membelinya dengan tenotr yang fleksibel sampai 36 bulan. Gadai Emas memungkinkan untuk mendapatkan dana dari Emas tanpa harus menjual dan kehilangan kepemilikan emas.

BACA JUGA: Cara Nabung Emas

10. Emas Berjangka

Pada Perdagangan Berjangka, pembelian emas dilakukan di pasar spot yang jika harga naik akan memberikan keuntungan sedangkan jika harga turun akan merugi. Tidak ada pertukaran barang di perdagangan berjangka karena berupa jual beli janji.

  • Jika memasang posisi beli, karena prediksi harga emas akan naik, nantinya ketika harga emas naik, jual emas, lalu pihak lawan membayar selisih kenaikan harga tersebut.
  • Jika pasang posisi jual, karena prediksi harga emas akan turun, beli emas ketika harga turun, lalu pihak lawan membayar selisih penurunan harga tersebut.

Jadi tidak perlu pusing lagi soal penyimpanan atau takut kehilangan emas di transaksi ini. Keuntungan lainnya yaitu leverage pada transaksi berjangka, dengan bermodalkan Rp. 10 juta bisa melakukan transaksi senilai Rp. 1 Miliar.

Leverage adalah hutang, besarnya nilai transaksi yang dilakukan dengan modal kecil, pergerakan harga sedikit saja tidak hanya bisa mendatangkan keuntungan namun juga kerugian.

Perdagangan emas berjangka dilakukan di broker forex lokal Indonesia atau internasional yang berlisensi global. Pastikan jika broker lokal memiliki ijin Bappebti dan bukan broker berjangka yang ditutup. Jika broker internasional cek lisensi yang dimiliki dari negara mana. Salah satu yang terbaik dan ketat adalah lisensi broker dari FCA UK.

11. ETF Gold

Exchange Traded Fund (ETF) yaitu fund atau dana yang dijual di bursa saham. Berinvestasi di ETF adalah dengan melakukan jual beli di bursa dan membuka rekening di broker saham.

Walaupun di BEI sudah diperdagangkan ETF, namun ETF yang mengacu pada emas belum ada. ETF Gold bisa dibeli di pasar saham USA dan nilainya mengikuti pergerakan harga emas dunia. Maka membeli ETF Gold sama seperti cara investasi emas tetapi tidak perlu memiliki fisiknya.

Di ETF tidak ada leverage, membeli dengan uang sendiri dan tidak berhutang di ETF. Karena tanpa hutang maka resikonya relatif lebih rendah. Untuk berinvestasi di ETF harus membuka rekening di broker internasional yang mampu bertransaksi di pasar USA sehingga mendapatkan akses pasar ETF terbesar dan terlengkap di dunia. Minimum investasi ETF sebesar $500.

Sekarang telah banyak cara investasi emas logam mulia secara mudah dan murah. Maka pilihlah cara yang paling cocok dengan kebutuhan dan tujuan keuangan. Jangan takut untuk mencoba jika telah mempelajari keuntungan dan resikonya dengan baik.

Artikel Terkait

Kripa Rani Dewi Dasi

close
Shopee Promo