Cara Investasi Emas

TutorBisnis.com – Emas merupakan investasi yang tidak lekang oleh waktu. Nilainya yang stabil menjadikannya cocok untuk berbagai tujuan. Akan tetapi, perlu diperhatikan sejumlah faktor dalam melakukan investasi emas, seperti pilihan jenis emas yang dibeli dan tempat penyimpanannya. Hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang.

Beberapa alasan pentingnya emas sebagai salah satu instrumen investasi adalah sebagai berikut:

Pertama: Emas bersifat likuid, yaitu mudah dijual dan dicairkan dalam waktu yang singkat dibandingkan dengan investasi fisik lainnya seperti properti yang membutuhkan waktu lama untuk dapat dijual.

Ketika membutuhkan dana darurat, maka emas dapat dijual dengan segera. Likuiditas emas merupakan salah satu alasan pentingnya menginvestasikan uang dengan membeli emas.

Kedua: Harga emas relatif cukup stabil dan umumnya mengalami kenaikan di atas inflasi. Meski beberapa tahun terakhir harga emas sempat naik tajam lalu turun kembali, secara umum selama puluhan tahun tren harga emas cenderung naik.

Ketiga: Proses jual beli emas menjadi semakin mudah seiring dengan munculnya fasilitas beli emas online. Sehingga membeli emas secara online lebih mudah karena tak perlu lagi pergi ke toko emas.

Selain itu, pembelian emas secara online tidak perlu biaya sewa tempat penyimpanan, seperti safed deposit box di bank supaya emas tersimpan dengan aman. Karena pencetakan emas baru dilakukan ketika ada permintaan saja, jika belum ada permintaan maka emas tidak akan dicetak sehingga aman.

Harga Emas

Harga Emas

Informasi mengenai harga jual beli emas batangan 24 karat dapat dilihat pada beberapa sumber, yaitu:

  • Situs Antam Logam Mulia yang menampilkan harga setiap hari.
  • Situs Pegadaian yang menampilkan harga jual beli emas batangan.
  • Situs penjualan emas online.

Buy Back Emas

Buy back artinya melakukan penjualan emas kembali ke tempat membeli emas tersebut. Hal yang penting diperhatikan adalah harga buy back sebab harga tersebut menentukan berapa harga emas tadi akan dibeli. Ada spread antara harga ketika membeli emas dengan harga buy back.

Kerugian Investasi Emas Antam

Adanya spread harga membuat kerugian dalam investasi emas Antam. Untuk menghindarinya, jual beli sebaiknya dilakukan tidak dalam jangka waktu pendek sebab spread akan lebar. Seiring waktu, harga buy back akan meningkat sehingga tidak terjadi kerugian dalam berinvestasi emas Antam.

BACA JUGA: Pengertian Kredit Emas

Cara Jual Beli Emas

Disarankan membeli emas batangan untuk berinvestasi emas. Antam merupakan produsen emas batangan terbesar di Indonesia, sehingga terkadang disebut emas batangan Antam. Maraknya investasi bodong dengan instrumen emas yang terjadi belakangan ini, sebaiknya ketahui cara membeli emas batangan yang aman.

1. Jual Beli Emas di Antam (Brankas)

Jual Beli Emas di Antam (Brankas)

BRANKAS LM merupakan layanan pembelian dan penyimpanan emas yang dihadirkan oleh PT. ANTAM (Persero) Tbk. Antam adalah BUMN yang bergerak di bidang pertambangan dan memiliki unit usaha dan anak perusahaan yang terintegrasi vertikal dan terdiferensiasi horizontal dengan komoditas utama nikel, feronikel, emas, perak, dan bauksit.

BRANKAS menyediakan fasilitas jual beli emas batangan Antam secara online dengan layanan pembelian emas pada harga BRANKAS yang lebih murah, penyimpanan emas, penjualan kembali (buyback) pada harga yang lebih tinggi, pencetakan sesuai dengan pecahan yang diinginkan, serta kemudahan pembayaran zakat dan infaq yang bekerjasama dengan BAZNAS.

Pendaftaran dilakukan secara langsung di kantor LM atau Butik Emas LM di seluruh Indonesia. Setelah memahami “Persyaratan dan Ketentuan” selanjutnya isi form registrasi dan lampirkan dokumen persyaratan, yaitu fotokopi KTP yang berlaku, fotollopi NPWP, dan fotokopi KK untuk keperluan ahli waris.

2. Membeli di Tokopedia Emas

Investasi Emas Tokopedia

Tokopedia merupakan sebuah e-commerce besar di Indonesia yang menawarkan jual beli emas batangan secara online yang bekerjasama dengan Pegadaian. Setiap gram emas yang dibeli kemudian dikonversikan menjadi bentuk fisik dan dititipkan di Pegadaian. Kelebihannya adalah bisa jual beli emas dalam nominal paling rendah sekalipun, minimal Rp. 500 saja.

Proses pendaftaran cukup mudah, tanpa syarat dan dokumen apapun, jika memiliki tabungan emas hingga 1 gram serta jual dan beli hingga 10 gram per bulan. Apabila tidak tidak termasuk dalam ketentuan tersebut, maka perlu penyampaian dokumen untuk proses registrasi ke Pegadaian.

Penting untuk diperhatikan bahwa Tokopedia Emas menyebutkan “Tokopedia sedang dalam proses mengupayakan agar investasi emas Anda bisa berubah bentuk menjadi emas fisik”. Artinya, tidak dapat menarik emas fisik dari Tokopedia Emas. Jadi hanya bisa dicairkan berdasarkan pergerakan harga emas.

Maka apabila ingin menyimpan emas dalam bentuk fisik untuk diwariskan ke anak cucu, kondisi tersebut tentu kurang menguntungkan karena di Tokopedia tidak dapat menarik emas secara fisik.

3. Membeli di Bukalapak BukaEmas

BukaEmas merupakan fitur yang disediakan BukaLapak sebagai layanan jual beli emas dengan fasilitas penitipan antara pengguna dengan IndoGold (PT. Sinar Rezeki Handal).

Pembelian bisa dilakukan dengan memilih berat (gram) yang diinginkan, minimal 0,005 gram. Metode pembayarannya sesuai dengan yang tersedia di Bukalapak. Harga pembelian emas mengacu pada grafik yang tersedia di itur BukaEmas berdasarkan data yang dimiliki Mitra yang akan diperbarui setiap 15 menit.

Batas pembelian emas per hari maksimal 850 gram. Nilai emas yang sudah dibeli akan dimasukkan ke Saldo BukaEmas setelah pembayaran terverifikasi oleh sistem. Berbeda dari Tokopedia, di BukaEmas bisa melakukan penarikan fisik emas dengan memilih fisik emas yang tersedia dalam kuasa operasional Mitra.

Nilai minimum untuk penarikan fisik kepingan emas yaitu 0,5 gram, dengan wajib membayar biaya sertifikat, biaya pengiriman termasuk biaya asuransi, dan biaya laian-lain yang mendukung penyerahan fisik lewat metode pembayaran yang tersedia di Bukalapak.

Mitra akan mengecek lebih dulu ketersediaan fisik emas yang dipiih oleh pengguna. Pre-Order atau pemesanan penarikan emas bisa dilakukan jika ketersediaan fisik pecahan emas yang diinginkan tdak tersedia, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Kepingan emas yang ditarik adalah kepingan emas resmi bersertifikat ANTAM dan terakreditasi LBMA (London Bullion Market Association).

BACA JUGA: Nabung Emas

Ikuti terus TutorBisnis.com yang selalu menyajikan informasi terkini seputar keuangan, bisnis, dan investasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia TutorBisnis.com.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo