Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA

TutorBisnis.com – Kartu kredit merupakan salah satu fasilitas yang disediakan untuk nasabah yang dapat digunakan saat melakukan pembayaran secara kredit. Bank BCA menyediakan kartu kredit bagi nasabahnya.

Pengguna kartu kredit BCA akan merasakan keuntungan saat berbelanja karena pembayaran dapat dilakukan dengan sistem cicilan atau membayar di bulan berikutnya. Untuk menghindari terjadinya pembobolan kartu kredit, maka pemilik kartu kredit BCA harus melakukan cara aktivasi PIN kartu kredit BCA.

Aktivasi PIN kartu kredit bertujuan untuk menjaga keamanan kartu kredit saat digunakan bertransaksi. PIN tersebut berfungsi sebagai kode verifikasi ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit di merchant offline atau online. Transaksi dapat dilakukan hanya jika pemilik kartu memasukkan PIN saat melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA Melalui Mesin ATM BCA

Cara aktivasi PIN kartu kredit BCA sangat mudah dilakukan melalui gerai ATM BCA. Berikut ini adalah tahap-tahap untuk melakukan aktivasi PIN kartu kredit BCA melalui mesin ATM BCA.

1. Masukkan Kartu Kredit BCA

Cara Mengaktifkan PIN Kartu Kredit BCA

Datang ke gerai ATM BCA terdekat dengan membawa kartu kredit BCA yang akan diaktivasi. Kemudian masukkan kartu kredit ke slot kartu yang tersedia di mesin ATM BCA dengan posisi benar.

2. Pilih Aktivasi PIN

Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA

Setelah itu akan ditampilkan 2 pilihan menu, yaitu Aktivasi PIN dan Transaksi. Pilih menu Aktivasi PIN untuk melakukan aktivasi PIN kartu kredit BCA.

3. Masukkan Kode OTP

Cara Aktivasi Kartu Kredit Bank BCA

Selanjutnya akan muncul perintah untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar di kartu kredit BCA yang digunakan. Masukkan kode OTP tersebut lalu tekan Benar.

BACA JUGA: Syarat Buka Rekening BCA Tahapan Gold

4. Pilih Lanjutkan

PIN CC BCA

Jika telah memasukkan kode OTP tadi dengan benar, maka akan muncul pemberitahuan bahwa kode OTP yang dimasukkan valid dan terdapat perintah untuk memasukkan PIN baru. Pilih Lanjutkan untuk membuat PIN yang baru pada kartu kredit BCA.

5. Buat PIN

PIN Kartu Kredit BCA

Tahap selanjutnya adalah membuat PIN yang baru. Buat 6 digit PIN yang baru pada kartu kredit BCA, lalu tekan Benar.

6. Verifikasi

Verifikasi Ulang Pin Kartu Kredit BCA

Lalu masukkan kembali PIN yang baru dibuat untuk proses verifikasi PIN. Lanjutkan dengan tekan Benar.

7. Aktivasi Berhasil

Verifikasi PIN Berhasil

Tunggu hingga proses pembuatan PIN berhasil dan pada layar monitor mesin ATM ditampilkan pemberitahuan bahwa PIN kartu kredit telah aktif. Kemudian akan muncul SMS yang berisi notifikasi bahwa PIN kartu kredit BCA telah aktif dan kartu kredit tersebut dapat digunakan.

BACA JUGA: Cara Daftar Mobile Banking BCA

Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA Secara Online

Aktivasi PIN kartu kredit BCA juga dapat dilakukan secara online. Caranya juga sangat mudah dan cocok dilakukan oleh nasabah BCA yang tinggal jauh dari lokasi gerai ATM BCA. Berikut ini cara aktivasi PIN kartu kredit BCA secara online:

  1. Buka halaman bca.co.id/creditcard.
  2. Geser ke bawah lalu pilih menu Aktivasi PIN.
  3. Isi form dengan data yang dibutuhkan secara benar dan lengkap untuk verifikasi data.
  4. Kemudian masukkan kode verifikasi, lalu klik Proses.
  5. Pilih Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA.
  6. Setelah itu akan ditampilkan pilihan kartu kredit BCA yang ingin diaktivasi. Pilih kartu kredit yang ingin diaktivasi, lalu klik Proses.
  7. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS ke nomor handphone yang didaftarkan pada kartu kredit tersebut. Lalu klik Proses.
  8. Selanjutnya masukkan PIN baru dan ulangi memasukkan PIN tadi untuk konfirmasi. Klik Proses.
  9. Setelah aktivasi PIN kartu kredit BCA berhasil, maka akan muncul SMS yang berisi pemberitahuan bahwa PIN telah aktif.

Proses aktivasi PIN kartu kredit BCA tidak dikenakan biaya. Aktivasi PIN kartu kredit BCA harus dilakukan karena jika tidak melakukan aktivasi, maka kartu kredit BCA tidak dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant kartu kredit BCA.

BACA JUGA: Cara Bayar Tagihan Indihome Lewat ATM BCA

Demikian penjelasan mengenai cara aktivasi PIN kartu kredit BCA. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya pemilik kartu ATM BCA.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo