Cara Cek Saldo SMS Banking BCA

TutorBisnis.com – Bagaimana cara cek saldo SMS Banking BCA? Nasabah BCA biasanya diberikan buku tabungan dan kartu ATM setelah melakukan pembukaan rekening untuk digunakan bertransaksi.

Salah satu transaksi yang dapat dilakukan nasabah menggunakan fasilitas tersebut adalah pengecekan jumlah saldo rekening tabungan BCA. Adanya kemajuan teknologi berpengaruh juga terhadap perkembangan sistem layanan perbankan, seperti layanan SMS Banking yang dapat dinikmati oleh nasabah.

Melalui SMS Banking, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi, misalnya pengecekan saldo rekening tabungan BCA. Nasabah yang ingin melakukan transfer atau penarikan tunai biasanya terlebih dahulu melakukan pengecekan sisa saldo yang tersimpan di rekening tabungan.

Cek saldo rekening BCA melalui SMS Banking tentu lebih praktis karena nasabah tidak perlu lagi datang dan mengantri di gerai ATM. Transaksi melalui SMS Banking membutuhkan waktu yang cukup singkat, sekitar 3 menit saja. Sehingga nasabah dapat melakukan pengecekan saldo rekening tabungan BCA kapan saja dan di mana saja.

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

Kelebihan SMS Banking BCA

Layanan SMS Banking BCA memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan layanan BCA lainnya, seperti mobile banking dan internet banking. Kelebihan SMS Banking BCA adalah sebagai berikut:

  • Pengguna handphone semua tipe dapat mengakses layanan SMS Banking.
  • Perintah dan jawaban transaksi berupa SMS yang dapat disimpan di handphone.
  • Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  • Transaksi nyaman dan cepat karena pengguna SMS Banking tidak perlu mengantri di gerai ATM.

Cara Mendaftar SMS Banking BCA

Nasabah BCA yang ingin melakukan cara cek saldo SMS Banking BCA harus mendaftar SMS Banking terlebih dahulu. Cara melakukan pendaftaran layanan SMS Banking BCA adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM BCA terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan posisi benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari pemblokiran kartu ATM secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Daftar e-Banking, lalu pilih SMS BCA.
  6. Selanjutnya pilih YA.
  7. Masukkan nomor handphone yang aktif untuk digunakan bertransaksi melalui layanan SMS Banking BCA. Lalu pilih Benar.
  8. Buat kode akses untuk digunakan setiap melakukan transaksi melalui SMS Banking BCA. Lalu pilih Benar.
  9. Periksa nomor handphone yang ditampilkan di layar. Jika sudah benar, pilih YA.
  10. Tunggu pendaftaran SMS Banking diproses. Setelah berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pendaftaran SMS Banking telah berhasil dan layanan SMS Banking sudah dapat digunakan.

Cara Cek Saldo SMS Banking BCA

Setelah pendaftaran SMS Banking BCA berhasil, maka nasabah dapat melakukan pengecekan saldo rekening tabungan melalui layanan tersebut. Cara cek saldo SMS Banking BCA adalah sebagai berikut:

  1. Ambil handphone dengan nomor seluler yang telah didaftarkan di layanan SMS Banking BCA.
  2. Buka fitur SMS yang terdapat di handphone tersebut.
  3. Tulis format SMS untuk pengecekan saldo, yaitu: SALDO<spasi>Kode Akses. Contoh: SALDO 7890.Format Cek Saldo SMS Banking BCA
  4. Kirim format SMS tersebut ke nomor 69888.Nomor Cek Saldo SMS Banking BCA
  5. Kemudian akan muncul SMS balasan dari 69888 yang berisi jumlah saldo yang tersimpan di rekening tabungan BCA.

Biaya Cek Saldo Rekening BCA Lewat SMS Banking

Saat nasabah melakukan cara cek saldo SMS Banking BCA akan dikenakan biaya melalui pemotongan pulsa. Setiap pengiriman SMS yang dikirim dan SMS yang diterima saat bertransaksi melalui SMS Banking akan dikenakan tarif sesuai provider seluler yang digunakan.

Biaya SMS pada transaksi melalui SMS Banking BCA adalah Rp. 500 – Rp. 1.670 per transaksi. Tetapi karena kelebihan yang dimiliki oleh SMS Banking BCA, yaitu dapat digunakan oleh semua jenis tipe handphone tanpa membutuhkan jaringan internet, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan SMS Banking BCA dalam bertransaksi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock

Demikian penjelasan mengenai cara cek saldo SMS Banking BCA. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo