Cara Transfer BNI Ke BCA

TutorBisnis.com – Bagaimana cara transfer BNI ke BCA? Bank BNI adalah salah satu bank milik pemerintah atau BUMN yang menyediakan berbagai layanan keuangan seperti tabungan, setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran, dan lain-lain.

Layanan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah BNI, khususnya dalam transaksi pengiriman uang atau transfer. Transfer dapat dilakukan ke rekeninng sesama BNI dan rekening bank lain.

Kode Transfer BNI ke BCA

Transfer ke bank, seperti dari BNI ke BCA, memiliki syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut adalah nasabah yang ingin melakukan transfer ke BCA harus mengetahui kode bank BCA, yaitu 014.

Selain itu, nasabah juga harus memperhatikan tersedianya jumlah saldo yang cukup ketika akan melakukan transfer. Karena transfer ke rekening bank lain akan dikenakan biaya administrasi.

BACA JUGA: Cara Transfer BRI ke BNI

Biaya Transfer

Transfer dari rekening BNI ke BCA dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500. Hal tersebut berlaku untuk transfer menggunakan ATM, internet banking, mobile banking, dan SMS Banking. Ada beberapa cara transfer yang dapat dipilih oleh nasabah BNI.

Cara Transfer

1. Transfer Melalui ATM

Setiap nasabah BNI tentu memiliki kartu ATM yang dapat digunakan untuk melakukan transfer. Caranya sangat mudah dan dapat dilakukan di seluruh gerai ATM BNI. Berikut ini cara melakukan transfer dari rekening BNI ke BCA melalui ATM.

  1. Datanglah ke gerai ATM BNI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM pada slot kartu dengan benar sesuai dengan petunjuk yang terdapat padda stiker yang tertempel di dekat slot kartu.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan PIN yang terdiri dari 6 digit angka secara benar. Karena jika salah memasukkan kartu ATM sebanyak 3 kali berturut-turut maka kartu ATM secara otomatis akan diblokir oleh sistem.
  5. Layar ATM akan menampilkan beberapa pilihan menu, pilih Transaksi Lainnya.
  6. Lalu pilih Transfer.
  7. Selanjutnya pilih Dari Rekening Tabungan.
  8. Kemudian pilih Ke Rek. Bank Lain.
  9. Masukkan kode bank BCA (014) lalu diikuti dengan nomor rekening tujuan. Contoh: 014123456789, lalu pilih Benar.
  10. Setelah itu isi jumlah uang yang ingin ditransfer. Pastikan jumlah saldo mencukupi untuk transfer dan membayar biaya administrasinya. Lalu pilih Benar.
  11. Pada layar monitor akan ditampilkan informasi tentang data transfer, seperti nomor rekening yujuan, nama pemilik rekening tujuan, jenis bank tujuan, dan jumlah uang yang akan ditransfer. Periksa kembali, jika telah sesuai pilih Ya.
  12. Tunggulah mesin ATM memproses transaksi hingga berhasil dan mengeluarkan struk bukti transfer. Setelah itu jjangan lupa untuk mengambil kartu ATM supaya tidak tertelan di mesin ATM.

BACA JUGA: Cara Cek Saldo ATM BNI Lewat Hp

2. Transfer Melalu SMS Banking

Nasabah BNI harus mengaktifkan fitur SMS Banking terlebih dahulu jika ingin menggunakan cara ini untuk melakukan transfer. Datanglah ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan berupa buku rekening, handphone, dan kartu ATM.

Nasabah akan dibantu oleh petugas Customer Service untuk mengaktifkan fitur SMS Banking. Setelah aktif, maka nasabah sudah dapat menggunakan SMS Banking untuk melakukan transfer dengan langkah sebagai berikut.

  1. Bukalah fitur SMS yang tersedia di handphone.
  2. Ketik format: TRANSFER<spasi>ANTARBANK<spasi>014+NOMOR REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>##. Contoh: TRANSFER ANTARBANK 014123456789 50000 ##.
  3. Setelah itu kirim format pesan tersebut ke nomor 3346.
  4. Kemudian akan ada SMS balasan untuk konfirmasi transfer dengan memasukkan PIN SMS Banking.
  5. Jika transaksi berhasil, maka akan ada pesan balasan berupa detail laporan transfer.

Sebaiknya hapuslah SMS masuk dari SMS Banking yang berisi data PIN di dalamnya supaya tidak terbaca oleh orang lain. Saat ini BNI telah memiliki aplikasi bernama BNI SMS Banking yang dapat digunakan untuk transfer melalui handphone.

3. Transfer Melalui Mobile Banking

Nasabah harus mengaktifkan fitur mobile banking jika ingin melakukan transfer menggunakan cara ini. Aktifkan BNI Mobile Banking terrlebih dahulu dengan mendatangi Customer Service di kantor cabang BNI terdekat. Jika sudah aktif, maka nasabah dapat melakukan transfer memlalui mobile banking dengan langkah berikut ini.

  1. Download aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone.
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut lalu lakukan login akun dengan cara memasukkan User ID dan MPIN.
  3. Kemudian pilih Transfer, lalu pilih Antar Bank, dan lanjutkan dengan pilih Input Baru.
  4. Pilih bank tujuan yaitu BCA.
  5. Setelah itu masukkan nomor rekening tujuan.
  6. Selanjutnya masukkan jumlah saldo yang akan ditransfer. Pastikan tersedia cukup saldo untuk melakukan transfer dan membayar biaya adminstrasinya.
  7. Isi keterangan transfer supaya penerima mengetahui tujuan pengiriman uang tersebut. Lalu pilih Lanjut.
  8. Setelah itu akan ditampilkan data transfer, seperti nama pemilik rekening, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang yang ditransfer.
  9. Periksa kembali, jika sudah sesuai, masukkan password BNI Mobile Banking dan pilih Lanjut.
  10. Selanjutnya akan ada laporan jika transaksi sudah berhasil. Simpanlah laporan tersebut untuk diberikan kepada penerima transfer sebagai bukti transfer telah dilakukan.

BACA JUGA: Kode Bank BCA ke BNI

Demikian penjelasan tentang cara transfer BNI ke BCA. Semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah BNI. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Artikel Terkait