Cara Mengecek Rekening Koran BTN di ATM

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mengecek rekening koran BTN di ATM? Terdapat 2 cara untuk melakukan pencetakan rekening koran BTN, yaitu melalui kantor cabang BTN terdekat atau melalui mesin ATM. Pencetakan rekening koran bertujuan untuk mengetahui riwayat transaksi masuk ataupun keluar dari rekening.

Pencetakan rekening koran BTN melalui mesin ATM tentu lebih cepat dan praktis karena nasabah tidak perlu datang dan mengantri di kantor cabang BTN. Tetapi perlu diketahui bahwa pencetakan rekening koran BTN melalui mesin ATM hanya menampilkan beberapa transaksi terakhir.

BACA JUGA: Persyaratan Buka Rekening BTN

Cara Cetak Rekening Koran BTN

Jika ingin mendapatkan riwayat transaksi secara lengkap, sebaiknya lakukan pencetakan rekening koran di kantor cabang BTN terdekat. Tetapi jika hanya ingin melakukan pengecekan transfer masuk, lakukan cara mengecek rekening koran BTN di ATM berikut ini:

  1. Datang ke gerai ATM BTN terdekat dengan membawa kartu ATM BTN.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan posisi yang benar sesuai petunjuk yang tertera pada stiker yang tertempel di dekat slot kartu.
  3. Pilih Lanjutkan, lalu pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari pemblokiran secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya
  6. Lalu pilih Rekening Koran.
  7. Kemudian akan muncul pertanyaan,”Transaksi Anda akan dikenakan biaya Rp. 1.000 sesuai dengan ketentuan bank. Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi?”, pilih YA.
  8. Selanjutnya pilih Tabungan.
  9. Tunggu mesin ATM melakukan proses untuk pengecekan rekening koran. Setelah berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transaksi.
  10. Ambil struk bukti cetak rekening koran tersebut dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM BTN.

Pada struk tadi tertera beberapa riwayat transaksi terakhir yang dapat diketahui nasabah, seperti transfer, penarikan tunai, dan pembayaran tagihan. Cara cek rekening koran BTN di ATM sangat mudah dilakukan.  Jika masih memiliki pertanyaan tentang cara melakukan pencetakan rekening koran BTN, kunjungi situs resmi www.btn.co.id.

BACA JUGA: Cara Cek Angsuran KPR BTN

Demikian penjelasan mengenai cara mengecek rekening koran BTN di ATM. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah BTN yang ingin melakukan pencetakan rekening koran.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo