Pengertian Wirausaha

TutorBisnis.com – Wirausaha, atau yang sering dikenal dengan istilah Enterepreneurship, adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi dalam kehidupan yang diwujudkan melalui sebuah usaha.

Pengertian Wirausaha Menurut Ahli

Wirausaha juga disebut dengan wiraswasta, yang juga memiliki pengertian tersendiri bagi beberapa ahli sebagai berikut.

Richard Cantillon (1775) mendefinisikan kewirausahaan adalah bekerja sendiri atau self-employement dengan cara membeli barang pada harga tertentu yang kemudian dijual dengan harga yang tidak menentu di masa yang akan datang.

J.B. Say (1803) mengartikan wirausaha merupakan pengusaha yang dapat mengelola sumber daya yang dimiliki secara ekonomis, efektif, dan efisien, serta meningkatkan produktivitas yang rendah menjad tinggi.

Penrose (1963) menjelaskan bahwa kegiatan wiirausaha mencakup identifikasi berbagai peluang dalam sistem ekonomi.

Harvey Leibenstein (1968, 1979) memaparkan bahwa wirausaha meliputi kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menjalankan perusahaan ketika semuapasar belum terbentuk atau teridentifikasi denggan jelas, atau belum diketahui komponen fungsi produksinya.

Stein dan Jhon F. Burgess (1993) mendefinisikan wirausaha merupakan orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha.

Tujuan Wirausaha

Tujuan Wirausaha

Suatu kegiatan wirausaha yang dibangun tentu memiliki tujuan. Adapun tujuan tersebut adalah:

1. Mendukung Adanya Usaha Kecil

Banyak usaha kecil yang bermunculan dengan berwirausaha sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat di sekitarnya. Selain itu akan tersedia banyak pilihan bagi masyarakat dalam memperoleh barang atau jasa yang diinginkan.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kesejahteraan masyarakat dapat meningkat melalui berwirausaha, khususnya ketika pandemi seperti sekarang ini yang mana banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Melalui berwirausaha diharapkan bisa membantu ekonomi masyarakat semakin membaik.

Menumbuhkan Inovasi

Wirausaha juga membutuhkan inovasi supaya usaha tersebut semakin berkembang dan tidak ketinggalan jaman. Sehingga dituntut untuk selalu berinovasi sebaik mungkin supaya usaha yang dijalankan tetap berkelanjutan.

Sifat Wirausaha

Sifat Wirausaha

Seorang pelaku wirausaha harus memiliki beberapa sifat yang mendukung keberhasilan usaha yang dijalankan. Sifat tersebut antara lain:

1. Berprestasi

Menjadi seorang wirausaha bisa diartikan sebagai orang berprestasi, bukan hanya secara akademik ttapi juga non akademik karena memberikan lapangan kerja kepada orang lain termasuk sebuah prestasi.

2. Jujur

Sifat yang wajib dimiliki oleh wirausaha adalah bersifat dan berperilaku jujur sehingga meningkatkan kepercayaan dari pelanggan dan membuat mereka merasa nyaman dengan produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

3. Disiplin

Bagi seorang wirausaha, kedisiplinan menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Sifat disiplin akan membuat seorang wirausaha dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

4. Kreatif dan Inovatif

Jaman akan selalu berubah dan usaha yang dijalankan pun juga dituntut untuk mengikuti perubahan jaman. Maka seorang wirausaha harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya supaya selalu menarik di masyarakat.

5. Berkomitmen Tinggi

Komitmen akan membuat seorang wirausaha tetap fokus pada apa yang dikerjakannya. Jika seorang wirausaha tidak mampu memiliki komitmen, maka usaha yang dijalankan tidak bertahan lama.

6. Mandiri dan Realistis

Seorang wirausaha haruslah memiliki sifat mandiri dan realistis. Selain itu juga selalu memikirkan suatu hal berdasarkan fakta yang sebenarnya terjadi, bukan tipe yang manja.

Alasan Menjadi Wirausaha

Alasan Menjadi Wirausaha

Ada berbagai alasan yang melandasi seseorang memutuskan untuk mengambil jalan menjadi seorang wirausaha. Secara garis besar, alasan tersebut adalah:

1. Suka Mengambil Resiko

Berwirausaha membutuhkan seseorang yang suka mengambil resiko. Pengambilan resiko, seperti mengucurkan dana yang besar demi usahanya berkembang, tentu harus diiringi dengan kemampuan membaca situasi.

2. Memiliki Pengalaman dan Keberanian

Sulit untuk menjadi seorang wirausaha apabila tidak memiliki keberanian dan pengalaman. Keberanian untuk bertindak berdasarkan pengalaman merupakan modal utama seorang wirausaha dalam membuat keputusan.

3. Mengagumi Wirausaha Lain

Setiap orang umumnya memiliki kekaguman terhadap orang lain, begiru juga dengan seorang wirausaha. Ada yang mengagumi seorang wirausaha lainnya yang handal dalam menjalankan usaha. Sehingga orang tersebut mendorong orang lain  selalu ingin berkembang lebih baik lagi.

4. Menginginkan Kebebasan

Beberapa orang tidak suka dengan aturan dalam pekerjaan yang dirasa mengekang. Memutiskan menjadi seorang wirausaha diharapkan akan memiliki kebebasan dan terhindar dari rutinitas yang membosankan.

5. Memiliki Ide Brilian

Biasanya seorang wirausaha memiliki banyak ide brilian, senang menciptakan hal baru yang belum pernah ada, juga selalu mengembangkan hal yang telah ada supaya menjadi lebih baik.

Demikian informasi tentang wirausaha, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui tentang

Photo of author

I Putu Nurestu

Perkenalkan nama saya I Putu Nurestu, salah satu penulis kontent dari TutorBisnis.com. Beragam ide serta konten yang telah saya tulis meliputi perbankan, finansial, investasi dll.