Lupa PIN SMS Banking Mandiri

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mengatasi kendala lupa PIN SMS Banking Mandiri yang terblokir? SMS Banking adalah sebuah layanan transaksi yang disediakan oleh pihak bank untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya dalam melakukan transaksi.

Nasabah dapat bertransaksi cukup dengan menggunakan nomor handphone yang sudah didaftarkan SMS Banking, seperti transfer, cek saldo, dan membayar tagihan. SMS Banking juga menggunakan PIN sebagai kode verifikasi sehingga transaksi dijamin keamanannya.

Memasukkan PIN harus dilakukan dengan benar, karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, maka layanan SMS Banking akan terblokir secara otomatis oleh sistem.

Tetapi jika nasabah Mandiri lupa dengan PIN SMS Banking yang dimilikinya hingga salah memasukkan PIN kemudian layanan SMS Banking terblokir, berikut ini adalah cara untuk mengatasinya.

Ada 2 cara untuk mengatasi lupa PIN SMS Banking Mandiri, yaitu dengan cara reset PIN di kantor cabang Mandiri terdekat atau registrasi ulang di ATM Mandiri. Simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Terblokir

1. Datang ke Kantor Cabang Mandiri Terdekat

Cara ini dilakukan dengan menyampaikan kendala tersebut kepada petugas bank yang selanjutnya akan dibantu untuk melakukan reset PIN SMS Banking. Tetapi sebelum ke bank, nasabah wajib menyiapkan dokumen persyaratan.

Dokumen persyaratan yang harus disiapkan yaitu kartu ATM, kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor, buku tabungan Mandiri, dan nomor handphone yang terdaftar di SMS Banking. Kemudian lakukan langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa dokumen persyaratan.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju Customer Service. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  3. Saat dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keluhan lupa dengan PIN SMS Banking Mandiri.
  4. Berikan dokumen persyaratan yang diminta oleh petugas Customer Service yang digunakan untuk melakukan proses konfirmasi dan verifikasi data nasabah yang tersimpan di bank Mandiri.
  5. Selanjutnya petugas Customer Service akan membantu nasabah dengan melakukan reset PIN SMS Banking dan mengganti PIN SMS Banking dengan yang baru.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak

2. Registrasi Ulang di Mesin ATM Mandiri

Apabila nasabah tidak sempat untuk datang ke bank, maka disarankan untuk melakukan registrasi ulang di gerai ATM Mandiri terdekat. Lakukan langkah berikut ini:

  1. Datang ke gerai ATM Mandiri terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM dan PIN dengan benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar, karena jika salah memasukkan PIN hingga 3 kali berturut-turut, maka kartu ATM akan terblokir secara otomatis oleh sistem.
  5. Pada layar monitor akan ditampilkan menu utama, pilih Transaksi Lainnya.
  6. Kemudian pilih Pendaftaran E-Banking.
  7. Selanjutnya pilih Mobile Banking.
  8. Lalu akan ditampilkan peringatan “Hati-hati penipuan! Pastikan nomor handphone yang didaftarkan adalah handphone milik Anda”. Pilih Lanjut.
  9. Masukkan nomor handphone dan pastikan tersedia cukup pulsa untuk menerima SMS yang berisi kode OTP. Lalu pilih Benar.
  10. Buat PIN SMS Banking yang terdiri dari 6 digit angka, lalu pilih Benar.
  11. Selanjutnya pahami beberapa notifikasi Mandiri SMS, lalu pilih Ya.
  12. Setelah itu masukkan tanggal lahir, lalu pilih Benar.
  13. Kemudian akan ditampilkan kofirmasi pendaftaran Mandiri SMS berupa nomor handphone, nomor rekening, notifikasi, dan tanggal lahir. Setelah itu masukkan kode OTP yang diterima dalam SMS yang muncul di nomor handphone yang didaftarkan. Lalu pilih Ya.
  14. Mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pendaftaran SMS Banking Mandiri telah berhasil.

Cara ini menadi solusi yang tepat untuk mengatasi kendala lupa PIN SMS Banking Mandiri. Selain itu, cara ini lebih sederhana dan tidak menyita banyak waktu karena nasabah tidak perlu mengantri di bank.

3. Cara Mengganti PIN SMS Banking Melalui SMS

Jika telah mendapatkan PIN SMS Banking yang baru, ingatlah untuk mengganti PIN secara berkala. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan PIN sehingga transaksi melalui SMS Banking Mandiri terjaga keamanannya.

Dalam proses penggantian PIN harus memasukkan PIN SMS Banking Mandiri yang digunakan saat ini. Sehingga jika lupa PIN tersebut maka harus melakukan reset pin terlebih dahulu dengan cara melakukan cara tadi. Kemudian lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka fitur SMS yang tersedia di handphone.
  2. Ketik format SMS: PIN<spasi>PINLAMA<spasi>PINBARU<spasi>PINBARU. Lalu kirim ke nomor 33555
  3. Contohnya jika PIN lama adalah 555555 dan akan mengganti dengan yang baru menjadi 567890, maka tulis format SMS: PIN 555555 567890 567890. Kirim ke nomor 3355.

Proses penggantian PIN SMS Banking Mandiri melalui SMS dikenakan biaya yang berlaku berdasarkan provider seluler yang digunakan. jika nasabah mengalami kendala ketika melakukan cara yang dijelaskan tadi, hubungi Mandiri Call di nomor 14000.

BACA JUGA: Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi lupa PIN SMS Banking Mandiri yang terblokir. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah Mandiri yang mengalami kendala tersebut.

Saat ini masih menjadi mahasiswi Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Indonesia. Sedang mendalami materi tentang entitas berdasarkan performa keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, akuntansi manajerial, dll.
close
Shopee Promo