Strategi Menabung Mudah

TutorBisnis.com – Kebanyakan orang mengatakan jika menabung semakin sulit dilakukan sebab biaya hidup semakin tinggi. Menabung nampak mustahil dilakukan karena cara pandang yang sempit mengenai penggunaan uang. Tanpa sadar, mereka membelanjakan banyak uang. Berikut ini adalah beberapa strategi atau tips menabung.

Jangan Terobsesi dengan Merk Terkenal

Lihat harga barang bukan merk. Merk yang tidak populer tetapi memiliki kualitas dan fungsi yang sama akan sangat menghemat pengeluaran kamu.

Cari Pengganti Uang untuk Mendapatkan Barang yang Diinginkan

Ingin membeli barang dengan harga yang lumayan mahal? Coba akses forum tertentu untuk mencari orang yang mau menukar barang yang diinginkan dengan barang yang dimiliki. Tukarkan barang yang sudah jarang dipakai dengan barang yang diinginkan sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan. Semakin sedikit membelanjakan uang, maka semakin tersedia budget untuk menabung.

Menjual Barang yang Tidak Terpakai

Untuk mendapatkan tambahan pemasukan, barang yang yang tidak terpakai jangan dibuang percuma. Coba akses situs penjualan barang bekas lalu cantumkan barang yang akan dijual di sana. Sehingga jika barang tersebut laku akan mendapatkan tambahan penghasilan dari hasil penjualan barang tersebut.

Mendaftar Member Shopping

Ketika berbelanja di sebuah toko biasanya ada tawaran untuk menjadi membernya. Apabila kamu sering berbelanja di sana, menjadi member merupakan pilihan yang bagus. Karena biasanya member akan mendapatkan diskon, hadiah, maupun voucher secara berkala yang bisa membantu untuk berhemat.

Jangan Tergiur Promosi yang Menipu

Cermati dengan baik promosi yang mengajak konsumen untuk membeli barang yang tidak diperlukan atau mengharuskan membeli barang dalam jumlah banyak. Belum tentu menjadi untung saat membeli 5 barang dengan membayar 4 barang saja apabila yang dibutuhkan hanya 1 barang saja.

Menabung akan terasa mudah jika sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan dengan kesadaran akan manfaatnya di masa yang akan datang. Coba mulai ikuti tips di atas, selamat menabung!

Kunjungi TutorBisnis.com jika mencari informasi seputar keuangan, bisnis, dan investasi. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan tips cara menabung yang mudah.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo