Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

TutorBisnis.com – Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan? Simak yuk di sini. Shopee merupakan e-commerce terbaik di Indonesia yang memberikan metode pembayaran dengan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya adalah metode pembayaran secara kredit dengan Shopee PayLater.

Pengguna Shopee PayLater bisa membeli barang di Shopee secara kredit tanpa kartu kredit. Pengguna cukup mengaktifkan layanan Shopee PayLater dan mendapatkan limit kredit yang ditentukan oleh pihak Shopee.

Jika telah menggunakan limit Shopee PayLater, maka cicilan beserta bunganya wajib dibayar setiap bulan hingga tenor selesai atau telah lunas. Tetapi tidak semua pengguna Shopee sapat menggunakan layanan Shopee PayLater meskipun fitur tersebut tersedia di aplikasi Shopee.

Terdapat beberapa penyebab Shopee PayLater tidak dapat digunakan walaupun fasilitas tersebut sudah aktif. Berikut ini adalah penyebab dari kendala Shopee PayLater tidak bisa digunakan.

  • Masih ada tunggakan cicilan yang melebihi tanggal jatuh tempo.
  • Produk yang dibeli tidak mendukung metode pembayaran Shopee PayLater.
  • Limit pinjaman habis sehingga tidak dapat digunakan untuk membeli barang.
  • Terdapat masalah di cache pada aplikasi Shopee.

BACA JUGA: Shopee Gratis Ongkir

Cara Mengatasi Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

cara mengatasi Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

Supaya dapat mengatasi masalah Shopee PayLater tidak bisa digunakan meski telah aktif, maka lakukan langkah berikut ini.

1. Lunasi Semua Tunggakan Cicilan

Biasanya masalah tersebut terjadi karena pengguna masih memiliki tunggakan cicilan Shopee PayLater ataupun pinjaman online lainnya yang tersedia di aplikasi Shopee.

Tunggakan tersebut menyebabkan Shopee PayLater dibekukan sehingga tidak dapat digunakan untuk membeli barang di Shopee. Jika seluruh tunggakan sudah dibayarkan, maka Shopee PayLater dapat digunakan kembali. Untuk melihat tagihan di Shopee, lakukan langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Masuk ke menu Saya.
  3. Klik SPaylater.
  4. Lalu pilih Tagihan Saya.
  5. Kemudian akan ditampilkan tagihan yang berstatus Belum Dibayar.

2. Memilih Barang yang Mendukung Shopee PayLater

Tidak semua barang di Shopee dapat dibeli menggunakan Shopee PayLater. Barang yang tidak dapat dibeli menggunakan Shopee PayLater yaitu dari kategori Emas, Voucher, Uang Elektronik, dan Zakat.

Bisa jadi barang yang dipilih untuk dibeli melalui aplikasi Shopee tidak mendukung layanan Shopee PayLater. Silahkan pilih barang lain yang sejenis yang mendukung pembayaran dengan Shopee PayLater.

BACA JUGA: Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul

3. Membayar Tagihan

Shopee PayLater memiliki limit yang berbeda pada setiap akun Shopee. Limit tersebut dapat bertambah atau kembali seperti ssemula jika penggunanya sudah membayar tagihan. Jika limitt habis, maka tidak dapat digunakan untuk belanja di Shopee. Pengguna harus membayar tagihan terlebih dahulu supaya limit dapat bertambah.

4. Bersihkan Cache Aplikasi Shopee

Cara lainnya adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi Shopee yang dapat dilakukan bagi semua jenis smartphone, baik Android dan juga iOS. Lakukan langkah sebagai berikut:

Android

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Pilih menu Saya yang terdapat di pojok kanan bawah.
  3. Pilih Pengaturan Akun.
  4. Selanjutnya pilih Informasi.
  5. Kemudian pilih Bersihkan Cache.
  6. Lalu pilih Ya.

Pengguna juga dapat mengatasinya dengan cara memperbarui aplikasi Shopee melalui Google PlayStore ke versi terbaru di smartphone. Versi aplikasi Shopee bisa dilihat di bawah menu Logout.

iOS (iPhone)

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Pilih menu Saya yang terdapat di pojok kanan bawah.
  3. Pilih Pengaturan Akun.
  4. Kemudian pilih Tentang.
  5. Lalu pilih Hapus Cache.

Jika ingin memperbarui aplikasi Shopee ke versi terbaru, dapat dilakukan melalui AppStore yang tersedia di iPhone. Versi aplikasi Shopee dapat dilihat pada halaman Tentang.

BACA JUGA: Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM

Demikian penjelasan mengenai Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan. Jika menemui kendala dalam melakukan cara yang telah dijelaskan tadi, pengguna dapat menghubungi Customer Service Shopee di nomor 1500702 atau melalui menu Pusat Bantuan yang tersedia di aplikasi Shopee.

Content writer TutorBisnis.com. Lulusan mahasiswi Ilmu Ekonomi di salah satu Universitas di Indonesia.
close
Shopee Promo