Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

TutorBisnis.com – Bagaimana cara cek saldo SMS Banking Mandiri? Salah satu cara untuk mengecek saldo rekening Mandiri adalah menggunakan SMS Banking Mandiri.

Seiring berkembangnya teknologi, bank Mandiri menyediakan layanan yang semakin modern dan canggih. Layanan tersebut bertujuan untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi dan membeikan kepuasan bagi nasabah.

Salah satu layanan tersebut adalah SMS Banking. Nasabah cukup menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi tanpa harus pergi ke kantor cabang Mandiri atau mengantri di gerai ATM Mandiri.

Cara Cek Saldo Mandiri

Ada 2 cara untuk melakukan pengecekan saldo rekening Mandiri melalui SMS Banking. Nasabah dapat memilih salah satu cara dari kedua cara tersebut.

1. Melalui SMS

Cara yang pertama adalah dengan mengirimkan SMS ke 3355. Terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum mengirimkan SMS ke nomor tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka fitur SMS yang tersedia di handphone.
  2. Ketik format SMS berikut ini: SAL<spasi>Indeks Rekening<spasi>masukkan 4 digit terakhir rekening.
  3. Jika sudah benar, kirim SMS tersebut ke nomor 3355.
  4. Contoh: SAL 1 6789 kirim ke nomor 3355.

Pada cara tadi dijelaskan bahwa nasabah harus memasukkan Indeks Rekening, yang merupakan kode rekening yang dimiliki. Kode rekening pertama adalah 1 dan seterusnya.

Hal yang harus diingat adalah pengecekan saldo menggunakan fomat SMS akan dikenakan biaya sebesar Rp. 500 per SMS. Biaya tersebut dibebankan melalui pemotongan saldo pulsa yang digunakan untuk mengirim SMS. Pastikan handphone yang digunakan tersedia pulsa yang cukup.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri Ke BRI

2. Melalui Menu Dial

Cara yang kedua adalah melalui menu Dial dengan mengetik nomor *141*6#. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke menu dial yang tersedia di handphone.
  2. Ketik *141*6# lalu tekan dial atau panggil.
  3. Kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan menu. Pilih Info yang ada di nomor 2.
  4. Selanjutnya pilih menu Saldo di nomor 1.
  5. Jumlah saldo rekening Mandiri akan muncul di layar handphone.

Dari penjelasan tadi bisa diketahui bahwa cara cek saldo melalui SMS Banking Mandiri sangat mudah dilakukan. Perlu diketahui jika tidak semua nasabah bank Mandiri dapat menggunakan layanan SMS Banking. Nasabah harus mendaftar SMS Banking terlebih dahulu melalui ATM atau kantor cabang Mandiri terdekat.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri ke BCA

Cara Mendaftar SMS Banking

Mendaftarkan SMS Banking disarankan melalui kantor cabang Mandiri terdekat. Karena petugas Customer Service bank Mandiri akan membantu proses pendaftaran sampai selesai dan berhasil. Berikut ini cara untuk melakukan pendaftaran SMS Banking.

  1. Siapkan dokumen syarat pendaftaran, yaitu nomor handphone yang aktif, KTP, dan buku rekening bank Mandiri.
  2. Datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa persyaratan tadi.
  3. Ambil nomor antrian menuju Customer Service lalu tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Setelah nomor antrian tersebut dipanggil, datang ke petugas Customer Service dan sampaikan maksud untuk mendaftar layanan SMS Banking.
  5. Sebelum mulai pada proses pendaftaran, petugas Customer Service akan memberikan informasi terkait SMS Banking Mandiri dan beberapa panduan.
  6. Petugas Customer Service akan meminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Isilah dengan benar dan sesuai dengan kartu identitas yang dimiliki.
  7. Petugas Customer Service akan menanyakan nomor handphone yang akan dihubungkan dengan layanan SMS Banking.
  8. Setelah itu petugas Customer Service akan memproses pendaftaran dan nasabah akan mendapatkan PIN dari SMS Banking.
  9. Untuk mengakses PIN tersebut, petugas Customer Service akan mengaktifkannya dengan mengunduh aplikasi mobile banking melalui PlayStore atau AppStore di handphone.

Setelah berhasil mendaftar layanan SMS Banking, maka layanan tersebut bisa digunakan. Layanan SMS Banking dapat digunakan tidak hanya untuk pengecekan saldo saja, tetapi juga untuk transaksi lainnya seperti transfer, membayar tagihan, dan lain-lain.

BACA JUGA: Cara Transfer BRI ke Mandiri

Demikian penjelasan mengenai cara cek saldo SMS Banking Mandiri. Semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah bank Mandiri. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Content writer TutorBisnis.com. Lulusan mahasiswi Ilmu Ekonomi di salah satu Universitas di Indonesia.
close
Shopee Promo