Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak

TutorBisnis.com – Bagaimana cara untuk mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak? Bank Mandiri merupakan bank milik pemerintah Indonesia yang menyediakan ATM kepada nasabahnya yang memudahkan kegiatan bertransaksi.

Tetapi ada juga nasabah yang tidak memanfaatkan kartu ATM untuk bertransaksi. Jika sewaktu-waktu digunakan kembali, kartu ATM bisa saja tidak aktif. Sehingga rekening tabungan juga sudah tidak aktif.

Penyebab Rekening Mandiri Tidak Aktif

Terdapat beberapa penyebab dari rekening Mandiri menjadi tidak aktif, yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak melakukan transaksi selama 6 bulan terakhir.
  2. Saldo di rekening Rp. 0 sehingga tidak ada uang yang dapat digunakan untuk membayar biaya administrasi.
  3. Permintaan dari nasabah untuk menonaktifkan rekening.

BACA JUGA: Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Cara Cek Rekening Mandiri

Itu tadi beberapa hal penyebab rekening Mandiri tidak aktif. Untuk dapat mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak, lakukanlah beberapa cara berikut ini.

1. Melalui Mandiri Call

Cara yang paling mudah untuk mengecek rekening Mandiri masih aktif atau tidak yaitu dengan cara menghubungi Mandiri Call di nomor 14000. Ketika panggilan telah terhubung, mintalah bantuan petugas Mandiri Call untuk mengecek status rekening yang dimiliki.

Petugas Mandiri Call akan meminta nasabah menyebutkan nomor rekening lalu melakukan pengecekan status rekening apakah masih aktif atau tidak. Nomor rekening tertera di buku tabungan. Apabila rekening sudah tidak aktif, maka tanyakan apakah rekening dapat diaktifkan kembali atau tidak.

2. Datang ke Kantor Cabang Mandiri

Nasabah juga bisa melakukan pengecekan dengan cara datang ke kantor cabang Mandiri terdekat. Bawalah juga persyaratan yang dibutuhkan, yaitu buku tabungan Mandiri, kartu ATM, dan KTP. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Datanglah ke kantor cabang Mandiri terdekat beserta dokumen persyaratan.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service.
  3. Setelah nomor antrian tersebut dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan maksud untuk mengecek rekening dan kartu ATM Mandiri yang dimiliki masih aktif atau tidak.
  4. Petugas Customer Service akan meminta dokumen persyaratan dan juga menanyakan nama ibu kandung nasabah yang bertujuan untuk mencocokkan dengan data yang tersimpan di sistem bank.
  5. Setelah itu petugas Customer Service akan memberitahukan tentang status rekening dan kartu ATM Mandiri aktif atau tidak.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri ke BCA

3. Transaksi Transfer dari Bank Lain

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan transfer dari bank lain. Bila transfer berhasil maka artinya rekening masih aktif. Transfer dapat dilakukan melalui rekening sesama Mandiri ataupun bank lain.

4. Melalui ATM Mandiri

Nasabah juga dapat melakukan pengecekan kartu ATM masih aktif atau tidak dengan menggunakan kartu ATM. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengecek rekening Mandiri masih aktif atau tidak, melalui ATM.

  1. Datanglah ke gerai ATM Mandiri terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM di slot kartu dengan benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN ATM Mandiri dengan benar. Karena jika salah memasukkan PIN selama 3 kali berturut-turut, maka kartu ATM akan diblokir secara otomatis oleh sistem.
  5. Untuk mengetes apakah kartu ATM masih atau tidak, pilih salah satu menu transaksi seperti Transfer atau Pembayaran atau  Pengecekan Saldo.
  6. Apabila transaksi yang dipilih ditolak atau gagal, artinya kartu ATM tersebut sudah tidak aktif. Tetapi jika transaksi berhasil dilakukan, artinya kartu ATM tersebut masih aktif.

Apakah Rekening yang Tidak Aktif Dapat Diaktifkan Kembali?

Pertanyaan ini banyak disampaikan oleh nasabah Mandiri yang rekeningnya tidak aktif lagi. Jawabannya adalah bisa, tetapi tergantung dari status rekening tersebut. Jika rekening dalam kondisi dormant, maka dapat diaktifkan lagi dengan cara datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Ketika telah dicek dan rekening tersebut ternyata masih aktif, maka nasabah dapat menggunakannya untuk melakukan transaksi di ATM atau melalui layanan mobile banking yang disediakan oleh Bank Mandiri. Berbagai transaksi dapat dilakukan, seperti transfer, tarik tunai, hingga membayar tagihan. Transaksi tersebut dapat dilakukan hanya jika rekening berstatus aktif.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri Ke BRI

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah Bank Mandiri.

Saat ini masih menjadi mahasiswi Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Indonesia. Sedang mendalami materi tentang entitas berdasarkan performa keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, akuntansi manajerial, dll.
close
Shopee Promo