Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara bayar listrik lewat ATM BRI? Listrik adalah salah satu kebutuhan utama manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Ketersediaan llistrik di Indonesia dipenuhi oleh PLN.

PLN adalah instansi penyedia listrik negara Indonesia telah bekerjasama dengan bank di Indonesia untuk memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam membayar tagihan listrik.

Pembayaran tagihan listrik kini dapat dilakukan melalui fasilitas bank, yaitu kartu ATM. Sehingga pelanggan PLN bisa melakukan pembayaran tanpa harus datang dan mengantri di loket pembayaran tagihan PLN. Bagi nasabah BRI, pembayaran tagihan listrik bisa dilakukan melalui gerai ATM BRI.

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Tutorial Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Hal tersebut tentu akan mempersingkat waktu saat membayar tagihan karena pelanggan PLN tinggal mendatangi gerai ATM BRI terdekat dan melakukan pembayaran tagihan listrik secara langsung melalui menu yang tersedia di mesin ATM dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM BRI pada slot kartu yang tersedia di mesin ATM dengan benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar. Karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, secara otomatis sistem akan melakukan pemblokiran pada kartu ATM tersebut.
  5. Pilih menu Lainnya.
  6. Selanjutnya pilih Pembayaran, lalu pilih Pembayaran Listrik/PLN.
  7. Kemudian pilih Listrik Pasca Bayar.
  8. Masukkan 12 digit nomor ID Pelanggan PLN yang terdapat di kartu ID PLN.
  9. Setelah itu akan ditampilkan detail nama pelanggan dan tagihan listrik pada bulan sekarang.
  10. Periksa kembali, jika data yang ditampilkan sudah benar, pilih Bayar.
  11. Mesin ATM akan melakukan proses pembayaran tagihan listrik dan mengeluarkan struk bukti pembayaran tagihan listrik telah berhasil.
  12. Ambil struk dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM BRI.

Pembayaran tagihan listrik melalui gerai ATM BRI memang sangat mudah dan praktis. Bagi pelanggan PLN wajib membayar tagihan secara tepat waktu karena jika terlambat akan dikenakan denda. Apalagi jika terlambat membayar hingga berbulan-bulan, maka pihak PLN berhak untuk memutuskan aliran listrik pada  pelanggan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara bayar listrik lewat ATM BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya pelanggan PLN yang juga merupakan nasabah BRI dan ingin melakukan pembayaran tagihan listrik dengan cara yang lebih praktis.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo