Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu ATM

TutorBisnis.com – Bagaimana cara setor tunai BCA tanpa kartu ATM? Sekarang nasabah dapat menabung dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan cara setor tunai melalui mesin ATM.

Bank BCA adalah salah satu bank yang menyediakan fasilitas berupa mesin ATM setor tunai untuk mempermudah nasabahnya dalam menabung dan bertransaksi. Bank BCA dikenal sebagai bank yang memberikan pelayanan yang modern dan selalu berkembang bagi nasabahnya.

Seperti pada layanan setor tunai melalui mesin ATM BCA, kini tersedia layanan setor tunai tanpa kartu ATM BCA. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi nasabah yang lupa membawa kartu ATM BCA atau menginginkan cara yang lebih praktis saat melakukan setor tunai.

Selain itu, cara setor tunai BCA tanpa kartu ATM bisa menjadi solusi bagi nasabah yang mengalami kerusakan kartu ATM BCA atau hal lainnya. Sehingga cara ini memungkinkan nasabah tetap dapat bertransaksi dan menabung.

Untuk dapat melakukan cara setor tunai BCA tanpa kartu ATM, nasabah membutuhkan adanya layanan mobile banking BCA yang terpasang di smartphone nasabah tersebut. Karena dibutuhkan kode transaksi dari mobile banking BCA untuk setor tunai tanpa kartu ATM.

Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu ATM

Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu ATM

Layanan setor tunai tanpa kartu ATM BCA hanya didapatkan oleh nasabah yang sudah mengaktifkan layanan mobile banking BCA dan memasang aplikasi mobile banking BCA di smartphone yang digunakan.

Jika belum memiliki akun mobile banking BCA, maka lakukan pendaftaran mobile banking BCA di kantor cabang BCA terdekat terlebih dahulu. Lakukan langkah sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan, yaitu buku tabungan BCA, kartu ATM, smartphone dengan kuota data internet, dan aplikasi BCA Mobile yang terpasang di smartphone.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service. Tunggu nomor tersebut dipanggil.
  3. Jika sudah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan bahwa ingin mendaftar mobile banking
  4. Petugas Customer Service akan membantu proses pembuatan User ID, password, dan PIN akun BCA Mobile.
  5. Jika sudah berhasil, maka transaksi setor tunai tanpa kartu ATM BCA sudah dapat dilakukan.

Bagi nasabah yang tidak memiliki waktu luang untuk dating ke kantor cabang BCA saat jam kerja, maka bisa mengaktifkan layanan mobile banking BCA melalui ATM dan dilanjutkan dengan aktivasi finansial melalui Halo BCA.

Cara Mendapatkan Kode Transaksi

Untuk dapat melakukan cara setor tunai BCA tanpa kartu ATM, nasabah harus mendapatkan kode transaksi melalui aplikasi mobile banking BCA terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan kode transaksi tersebut:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile, lalu pilih m-BCA. Masukkan kode akses m-BCA dengan benar.
  2. Lalu pilih menu Cardless.
  3. Selanjutnya pilih Setor Tunai.
  4. Kemudian pilih Setor Tunai ke Rekening Sendiri atau Rekening Lain sesuai keinginan.
  5. Setelah itu akan ditampilkan nomor rekening tujuan penyetoran tunai. Klik OK.
  6. Lakukan konfirmasi dengan cara memasukkan PIN m-BCA dengan benar.
  7. Berikutnya akan muncul kode transaksi setor tunai yang berlaku hingga 1 jam sejak kode didapatkan.

Apabila nasabah tidak juga melakukan transaksi setor tunai hingga melewati batas 1 jam kode transaksi, maka kode transaksi tersebut tidak dapat digunakan lagi. Tujuan dari batas waktu pemakaian kode transaksi adalah untuk menjaga keamanan nasabah BCA.

Cara Transaksi Setor Tunai BCA Tanpa Kartu ATM

Nasabah yang sudah mendapatkan kode transaksi harus segera melakukan transaksi setor tunai tanpa kartu ATM di gerai ATM BCA. Akan tetapi, tidak semua mesin ATM BCA menyediakan fitur tersebut. Sehingga nasabah harus mencari mesin ATM yang menyediakan layanan tersebut.

Cara transaksi setor tunai BCA tanpa kartu ATM hamper sama dengan setor tunai biasanya. Perbedaannya adalah tidak perlu memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM. Berikut ini adalah langkah untuk melakukan setor tunai tanpa kartu ATM BCA:

  1. Datang ke gerai ATM BCA terdekat yang menyediakan mesin setor tunai dengan membawa catatan kode transaksi dan uang tunai.
  2. Tunggu layar monitor ATM menampilkan menu Transaksi Tanpa Kartu pada bagian kanan bawah. Tekan tombol di samping tulisan tersebut atau sentuh pada tulisan.
  3. Masukkan nomor handphone yang didaftarkan pada akun BCA Mobile. Pilih Benar.
  4. Masukkan kode transaksi penyetoran tunai yang terdiri dari 6 digit angka. Pilih Benar.
  5. Tunggu hingga alat setor tunai terbuka. Pastikan uang tidak terlipat, tidak sobek, dan tidak tertempel isolasi atau staples. Uang yang dapat disetorkan maksimal sebanyak 50 lembar per transaksi.
  6. Masukkan uang tunai lalu tunggu mesin menghitung jumlah uang yang disetorkan. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi. Jika sudah benar, pilih Setor.
  7. Tunggu transaksi diproses hingga mesin ATM mengeluarkan struk bukti penyetoran tunai sudah berhasil. Pilih YA atau TIDAK untuk melanjutkan transaksi sesuai keinginan.

Sebelum menyetorkan uang melalui mesin ATM setor tunai BCA, pastikan kondisi uang yang disetorkan dalam keadaan baik. Sehingga mesin ATM dapat menerima uang tersebut. Mesin ATM BCA setor tunai juga dapat mendeteksi uang palsu sehingga dijamin aman.

Cara setor tunai BCA tanpa kartu ATM tidak dikenakan biaya. Uang yang disetorkan akan langsung masuk ke rekening nasabah tersebut. Jumlah maksimal penyetoran tergantung dari jenis tabungan BCA yang dimiliki nasabah.

Demikian penjelasan mengenai cara setor tunai BCA tanpa kartu ATM. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah BCA.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo