Cara Transfer Ke Virtual Account BCA Dari Bank BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara transfer ke virtual account BCA dari bank BRI? Setiap bank biasanya menyediakan layanan transaksi  bagi nasabahnya. Salah satunya adalah virtual account yang merupakan metode pembayaran otomatis dari akun yang dibuat khusus oleh nasabah.

Saat bertransaksi menggunakan virtual account, maka nasabah akan diberikan kode unik untuk transfer, bukan nomor rekening. Kode unik yang ditampilkan hanya dapat digunakan untuk sekali transaksi saja.

Biasanya transaksi menggunakan virtual account dilakukan untuk pembayaran online di aplikasi e-commerce. Pembayaran melalui virtual account prosesnya lebih mudah karena jumlah tagihan yang harus dibayarkan sudah tertera secara detail.

Ternyata bertransaksi melalui virtual account juga dapat dilakukan antar bank. Misalnya transfer dari rekening BRI ke nomor virtual account BCA juga bisa dilakukan.

Cara Transfer Ke Virtual Account BCA Dari Bank BRI

Cara Transfer Ke Virtual Account BCA Dari Bank BRI

Terdapat dua cara transfer ke virtual account BCA dari bank BRI. Proses transfer tersebut bisa dicoba dengan cara sebagai berikut.

1. Transfer Virtual Account Lewat ATM

Nasabah BRI dapat melakukan transfer ke nomor virtual account BCA melalui mesin ATM. Hal yang perlu diperhatikan adalah kode unik pembayaran yang dibutuhkan saat melakukan transfer. Setelah mendapatkan kode unik, maka selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat dengan membawa kartu ATM BCA dan catatan nomor virtual account tujuan transfer.
  2. Masukkan kartu ATM dengan posisi benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar supaya terhindar dari pemblokiran kartu secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  6. Kemudian pilih Transfer lalu pilih Antar Bank Online.
  7. Masukkan kode Bank BCA 014 diikuti dengan nomor virtual account. Contoh: 014674637723323. Lalu pilih Benar.
  8. Selanjutnya masukkan jumlah pembayaran. Perhatikan angka yang dimasukkan harus sesuai dengan yang ditampilkan pada petunjuk transfer. Jika sudah sesuai, pilih Benar.
  9. Berikutnya akan ditampilkan detail transaksi. periksa kembali, jika data seudah benar, pilih OK/YES.
  10. Setelah berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer. Ambil struk tersebut dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM BRI.

2. Transfer Virtual Account Lewat Mobile Banking BRI

Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan layanan mobile banking BRI. Tetapi cara ini hanya dapat dilakukan oleh nasabah BRI yang sudah mengaktifkan layanan mobile banking.

Cara ini akan lebih mudah karena nasabah tinggal melakukan transfer melalui smartphone kapan saja dan di mana saja. Nasabah tinggal melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile melalui smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.
  2. Login dengan cara memasukkan User ID dan password dengan benar. Klik Login.
  3. Selanjutnya pilih menu BRIVA.
  4. Lalu pilih Pembayaran Baru, kemudian pilih Lanjutkan.
  5. Masukkan jumlah yang akan ditransfer dan pastikan jumlah tersebut sesuai dengan petunjuk transfer. Jika sudah benar, klik Konfirmasi.
  6. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi transfer. Periksa kembali, jika data sudah benar, klik Lanjut.
  7. Masukkan password transaksi dengan benar, lalu klik Lanjut.
  8. Setelah berhasil, maka akan ditampilkan bukti transaksi sudah berhasil dilakukan.

Jika nasabah ingin melakukan transfer ke nomor virtual account BCA menggunakan mobile banking BRI, maka nasabah harus melakukan pendaftaran dan aktivasi layanan mobile banking BRI terlebih dahulu di kantor cabang BRI terdekat. Setelah itu tinggal memasang aplikasi BRI Mobile Banking di smartphone dan menggunakannya.

Demikian penjelasan mengenai cara transfer ke virtual account BCA dari bank BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah BRI.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo