Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mengatasi kartu ATM tertelan? Bagi nasabah yang memiliki kartu ATM dan mengalami masalah kartu ATM tersebut tertelan di mesin ATM, jangan khawatir karena cara mengatasinya cukup mudah.

Permasalahan kartu ATM tertelan di mesin ATM bisa saja terjadi di semua bank. Maraknya kasus pembobolan rekening juga diawali dengan kartu ATM tertelan di mesin ATM. Tetapi jika mengetahui cara mengatasinya, maka nasabah tidak perlu merasa panik.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Nasabah yang mengalami masalah kartu ATM tertelan dapat melakukan beberapa cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM berikut ini.

1. Menghubungi Call Center Bank

Nasabah dapat menghubungi nomor Call Center bank penerbit kartu ATM dan sampaikan permasalahan kartu ATM yang tertelan di mesin ATM. Kemudian petugas Call Center akan melakukan pemblokiran sementara kartu ATM tersebut supaya terhindar dari penyalahgunaan atau tindak kejahatan.

Nasabah akan diminta untuk memberikan data terkait kartu ATM tersebut untuk verifikasi data. Tujuan dari pemblokiran sementara adalah menutup akses permintaan transaksi dari orang selain pemilik kartu ATM.

Petugas Call Center tidak akan meminta nasabah untuk menyebutkan PIN kartu ATM yang tertelan di mesin ATM. Jika ternyata petugas yang dihubungi meminta untuk menyebutkan PIN, maka aksi tersebut bisa dipastikan adalah tindakan kejahatan bermodus kartu ATM tertelan.

Pelaku tindakan kejahatan akan menempelkan stiker yang berisi nomor Call Center palsu di mesn ATM yang digunakan nasabah. Saat nomor Call Center palsu dihubungi oleh nasabah, maka petugas palsu tersebut akan meminta PIN untuk membobol kartu ATM nasabah.

Karena itu, pastikan nomor yang dihubungi adalah nomor Call Center yang benar. Nomor Call Center yang asli tidak menggunakan nomor handphone. Berikut ini adalah nomor Call Center dari beberapa bank di Indonesia:

  • BCA: 1500888
  • Mandiri: 14000
  • BRI: 14017 / 1500017
  • BNI: 1500046
  • BTN: 1500286
  • CIMB Niaga: 14041
  • Maybank: 1500611
  • Bank Mega: 08041500010

Jangan pernah mau menerima bantuan dari orang lain jika mengalami masalah kartu ATM tertelan. Segera hubungi nomor Call Center jika mengalami masalah tersebut untuk menghindari tindakan kejahatan.

2. Mendatangi Kantor Cabang Bank Terdekat

Jika pemblokiran telah dilakukan, selanjutnya datangi kantor cabang bank penerbit kartu ATM untuk membuat kartu ATM yang baru. Nasabah harus datang ke bank pada jam kerja, yaitu Senin – Jumat, pukul 08.00 – 15.00.

Nasabah juga harus membawa persyaratan dokumen meliputi kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor dan buku tabungan. Kemudian datangi petugas Customer Service dan sampaikan bahwa ingin membuat kartu ATM baru. Petugas Customer Service aakan membantu proses pembuatan kartu ATM nasabah.

3. Mengisi Formulir Permohonan Kartu ATM Baru

Nasabah yang ingin membuat kartu ATM baru akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan permohonan pembuatan kartu ATM baru. Nasabah akan diminta untuk memberikan data diri yang dibutuhkan untuk proses verifikasi.

Setelah proses verifikasi selesai, maka nasabah akan diberikan formulir untuk diisi secara benar dan lengkap. Jika sudah terisi, maka berikan lagi formulir tersebut kepada petugas Customer Service bank.

Kemudian petugas Customer Service akan melakukan proses pembuatan kartu ATM baru hingga berhasil dan membantu nasabah saat membuat PIN kaertu ATM yang baru di mesin EDC. Setelah itu, nsabah akan diminta untuk membayar biaya pembuatan kartu ATM.

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Kartu ATM tertelan di mesin ATM dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa penyebab masalah kartu ATM tertelan di mesin ATM:

  • Mesin ATM mengalami error pada sistem atau kerusakan ketika nasabah sedang melakukan transaksi di mesin ATM tersebut.
  • Salah memasukkan PIN kartu ATM sebanyak 3 kali berturut-turut.
  • Terjadi pemadaman listrik ketika nasabah sedang melakukan transaksi di mesin ATM.
  • Lupa atau tidak segera mengambil kartu ATM setelah transksi selesai dilakukan.
  • Tindak kejahatan dengan memanfaatkan mesin ATM.

Perlu diketahui bahwa saldo kartu ATM yang tertelan di mesin ATM tidak akan hilang apalagi jika kartu ATM tersebut sudah diblokir sementara oleh petugas bank. jumlah biaya pembuatan kartu ATM yang baru untuk mengganti kartu ATM yang tertelan di mesin ATM berdasarkan ketetapan masing-masing bank penerbit kartu ATM tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi kartu ATM tertelan. Semoga informasi tadi bisa menjadi referensi bagi pembaca khususnya pemilik kartu ATM yang mengalami masalah kartu ATM tertelan.

Baca juga:

Content writer di Tutor Bisnis. Suka travelling, dengerin musik, dan teh. Masih kuliah dengan Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Jawa Timur.
close
Shopee Promo