Syarat Membuat Rekening BCA

TutorBisnis.com – Apa saja syarat membuat rekening BCA? Bank Central Asia (BCA) merupakan bank swasta terbesar di Indonesia yang memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Membuat rekening di BCA adalah hal yang tepat karena nasabah akan mendapatkan berbagai fungsi yang disediakan. Tidak hanya untuk menyimpan uang dengan aman dan terpercaya, nasabah juga bisa melakukan berbagai transaksi perbankan melalui rekening BCA dengan mudah.

Nasabah akan dibekali dengan kartu ATM dan fitur e-banking seperti internet banking, mobile banking, dan SMS Banking yang memudahkan kegiatan transaksi. Ada persyaratan yang harus dipenuhi saat membuat rekening BCA. Terdapat banyak jenis tabungan BCA yang dapat dipilih dengan syarat yang bebeda-beda.

1. Tahapan BCA

Tahapan BCA

Tahapan BCA adalah jenis tabungan yang bertujuan memberikan kemudahan dalam berbagai transaksi perbankan kepada nasabahnya. Berikut ini syarat pembuatan rekening Tahapan BCA.

  1. Calon nasabah adalah perorangan atau yayasan.
  2. Dapat mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA.
  3. Membawa KTP, SIM, atau KITAS dan NPWP yang masih berlaku.
  4. Membayar setoran awal pembuatan rekening sebesar Rp. 500.000 dan setoran selanjutnya sebesar Rp. 50.000.
  5. Saldo rata-rata sebulan minimal sebesar Rp. 100.000.
  6. Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp. 50.000.
  7. Biaya pembuatan kartu sebesar Rp. 15.000.
  8. Biaya administrasi bulanan sesuai dengan jenis kartu ATM yang dipilih oleh nasabah.

Kemudian ada 3 jenis Passpor BCA atau kartu ATM yang disediakan di Tahapan BCA, yaitu sebagai berikut:

a. Passpor BCA Silver

Jenis kartu BCA Silver memberikan limit penarikan tunai di mesin ATM sebesar Rp. 7.000.000 per hari. Sedangkan transfer melalui mesin ATM maksimal hingga Rp. 25.000.000 per hari. Biaya administrasi per bulan sebesar Rp. 15.000.

b. Passpor BCA Gold

Jenis kartu BCA Gold memberikan limit penarikan tunai di mesin ATM sebesar Rp. 10.000.000 per hari dan limit berbelanja di merchant sebesar Rp. 50.000.000 per hari. Biaya administrasi per bulan sebesar Rp. 20.000.

c. Passpor BCA Platinum

Jenis kartu BCA Patinum memberikan limit penarikan tunai di mesin ATM sebesar Rp. 100.000.000 dan limit berbelanja di merchant sebesar Rp. 100.000.000 per hari. Biaya administrasi per bulan sebesar Rp. 20.000.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Lupa Kode Akses BCA Mobile

2. Tahapan Xpresi BCA

Tahapan Xpresi BCA

Tahapan Xpresi BCA adalah jenis tabungan yang ditujukan untuk nasabah yang berjiwa muda dan dinamis. Berikut ini adalah syarat pembuatan rekening Tahapan Xpresi BCA.

  1. Calon nasabah berusia 12 taun ke atas.
  2. Dapat mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening dan menyiapkan KTP bagi calon nasabah yang berusia 17 tahun ke atas.
  3. Membayar setoran awal pembuatan rekening sebesar Rp. 50.000 dan setoran selanjutnya sebesar Rp. 50.000.
  4. Nasabah perorangan tidak bisa menggunakan jjoint account.
  5. Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp. 10.000.
  6. Biaya pembuatan kartu ATM sebesar Rp. 25.000.
  7. Tahapan Xpresi BCA tidak menyediakan buku tabungan.
  8. Nasabah Tahapan Xpresi dapat mendesain kartu ATM sesuai yang diinginkan.

3. Simpanan Pelajar BCA

Simpanan Pelajar BCA

Simpanan Pelajar atau SimPel adalah jenis tabungan yang ditujukan untuk seluruh pelajar mulai dari TK hingga SMA yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

Tujuannyannya adalah untuk membantu para pelajar menjadi lebih disiplin dalam mengelola uang dan melatih gemar menabung. Nasabah tabungan ini akan mendapatkan kartu ATM dengan limit sama seperti Passpor BCA Silver. Berikut ini adalah syarat pembuatan rekening SimPel.

  1. Akta Kelahiran.
  2. Kartu Keluarga.
  3. Kartu identitas orang tua.
  4. Kartu pelajar.
  5. NPWP orang tua (jika ada).
  6. Mengisi formulir data nasabah perorangan.
  7. Membayar setoran awal minimal sebesar Rp. 5.000.
  8. Bagi calon nasabah yang berusia di bawah 17 tahun, melampirkan kartu pelajar/surat keterangan sekolah dan surat pernyataan orang tua.

BACA JUGA: Cara Kode Bank BCA ke BNI

4. Tapres BCA

Tapres BCA

Tapres BCA adalah jenis tabungan yang memberikan berbagai manfaat kepada nasabahnya, salah satunya yaitu e-banking BCA. Nasabah tabungan ini tidak mendapatkan buku tabungan, tetapi hanya rekening koran untuk laporan keuangan yang bersifat lebih pribadi.

Tapres BCA bisa dimiliki oleh semua Warga Negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Terdapat pilihan Passpor yang sama seperti Tahapan BCA, antara lain Gold, Silver, dan Platinum.

5. Tahapan Gold BCA

Tahapan Gold BCA

Tahapan Gold BCA adalah jenis tabungan yang bertujuan memudahkan nasabahnya saat bertransaksi bisnis sehingga membantu kelancaran usaha nasabah karena bisa digunakan selama 24 jam.

Nasabah tabungan ini akan diberikan kartu Passpor BCA Silver, Gold, dan Platinum. Berikut ini adalah syarat pembuatan rekening Tahapan Gold BCA.

  1. Calon nasabah adalah individu atau yayasan.
  2. Dapat mengisi dan menandatangani permohonan pembukaan rekening Tahapan Gold.
  3. Membawa KTP, SIM, atau Paspor asli dan NPWP.
  4. Setoran awal pembukaan rekening minimal sebesar Rp. 10.000.000 dengan saldo minimum yang ditahan sebesar Rp. 50.000.

6. Tabungan BCA Dollar

Tabungan BCA Dollar

Tabungan BCA Dollar adalah jenis tabungan dengan transaksi mata uang asing (USD dan SGD). Setoran awal pembuatan rekening BCA Dollar sebesar USD 100 atau SGD 200. Sedangkan biaya administrasinya sebesar USD 1 atau SGD 2.

Tabungan ini dapat dimiliki oleh nasabah berusia 21 tahun ke atas. Calon nasabah wajib melengkapi dokumen identitas diri dan mengisi serta menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening BCA Dollar.

BACA JUGA: Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri

7. TabunganKu BCA

TabunganKu BCA

TabunganKu BCA adalah jenis tabungan yang memberikan kemudahan menabung bagi nasabah yang berusia kurang dari 12 tahun hingga 12 tahun ke atas. Keunggulandari tabungan ini adalah bebas biaya administrasi bulanan dan setoran awal pembukaan rekening yang sangat ringan.

Setoran awal pembukaan rekening adalah sebesar Rp. 20.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp. 10.000 per bulan. Nasabah juga mendapatkan suku bunga pada tabungan ini. Syarat pembuatan rekening TabunganKu BCA berdasarkan umur dari pemilik rekening.

a. Umur 17 Tahun ke Atas

  • KTP/ Paspor asli
  • NPWP (jika ada)

b. Umur 12 – 17 Tahun

  • Kartu Pelajar atau Surat Keterangan dari Sekolah.
  • KTP/Paspor asli milik salah satu orang tua nasabah.
  • NNPWP milik orang tua (jika ada).
  • Mengisi Surat Persetujuan dari salah satu orang tua untuk pembuatan rekening.
  • Mengisi formulir data nasabah perorangan (data salah satu orang tua nasabah).

c. Umur Kurang dari 12 Tahun

  • Akta Kelahiran anak atau Kartu Keluarga
  • KTP/Paspor asli milik salah satu orang tua nasabah
  • NPWP milik orang tua (jika ada)

8. Tahapan Berjangka SiMuda

Tahapan Berjangka SiMuda

Tahapan Berjangka SiMuda adalah jenis tabungan untuk tujuan tertentu dalam beberapa tahun ke depan. Keistimewaan tabungan ini adalah nasabah tidak bisa melakukan penarikan tunai selama jangka waktu menabung.

Jangka waktu menabung yang dapat dipilih oleh nasabah mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan. Setoran tiap bulan minimal Rp. 100.000 yang secara otomatis dipotong dari rekening utama nasabah.

Selain itu nasabah akan mendapatkan manfaat asuransi, bebas biaya administrasi bulanan, dan memiliki suku bunga lebih besar dibandingkan jenis tabungan BCA lainnya.

Pembuatan rekening tabungan ini dapat dilakukan jika nasabah telh memiliki rekening TabunganKu BCA. Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan rekening tabungan ini.

  1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening.
  3. Menyetujui Syarat dan Ketentuan pembuatan rekening serta Syarat dan Ketentuan produk Asuransi Jiwa.

9. Tahapan Berjangka

Tahapan Berjangka

Tahapan Berjangka adalah jenis tabungan yang ditujukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak atau tujuan keuangan lainnya, seperti membeli rumah, tanah, liburan, dan lain-lain. Nasabah wajib menabung secara rutin setiap bulan secara autodebet. Jangka waktu menabung yang dapat dipilih minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan.

Setoran minimal tiap bulan Rp. 500.000 dan tidak dapat ditarik selama jangka waktu menabung. Nasabah akan mendapatkan asuransi dan suku bunga lebih besar. Berikut ini adalah syarat pembuatan rekening Tahapan Berjangka.

  1. Warga Negara Indonesia berusia 12 hingga 60 tahun.
  2. Umur maksimal untuk menabung adalah 65 tahun.
  3. Nasabah memiliki rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.
  4. Mengiso formulir pembuatan rekening.
  5. Menyetujui Syarat dan Ketentuan pembuatan rekening serta Syarat dan Ketentuan produk Asuransi Jiwa.
  6. Bebas biaya administrasi.

10. BCA Laku

BCA Laku

BCA Laku adalah jenis tabungan yang memudahkan masyarakat menabung tanpa harus ke bank. Pembuatan rekening BCA Laku melalui Agen Laku terdekat dan mengisi formulir serta melengkapi identitas diri. Kemudian nasabah akan mendapatkan kartu LAKU yang dapat digunakan untuk transaksi setor tunai dan tarik tunai.

Tabungan ini memberikan limit penarikan tunai per bulan sebesarRp. 5.000.000 dan maksimal saldo tabungan Rp. 20.000.000. Bebas biaya administrasi bulanan dan nasabah mendapatkan bunga.

BACA JUGA: Cara Cek Transferan Masuk BCA

11. Deposito Berjangka

Deposito Berjangka

Deposito Berjangka adalah jenis tabungan yang bertujuan untuk investasi dan memberikan suku bunga lebih besar dalam jangka waktu lebih singkat. Syarat yang dibutuhkan tidak sulit dan nasabah akan memperoleh berbagai keuntungan.

Demikian penjelasan tentang syarat membuat rekening BCA. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca yang tertarik untuk membuat rekening di bank BCA.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo