Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM

TutorBisnis.com – Apa itu ShopeePay dan bagaimana cara top up ShopeePay lewat ATM? ShopeePay merupakan dompet digital yang dibuat oleh pihak Shopee dan dapat digunakan untuk bertransaksi di aplikasi  marketplace Shopee.

ShopeePay berfungsi mirip seperti kartu ATM yang harus tersedia saldo supaya dapat digunakan untuk bertransaksi, bedanya ShopeePay tidak berbentuk fisik berupa kartu.

Selain untuk membayar barang belanjaan di aplikasi Shopee, ShopeePay juga bisa digunakan untuk menampung refund atau pengembalian dana. Refund terjadi karena stok produk yang dibeli habis, rusak, atau kendala yang lainnya.

Sehingga penjual di Shopee dapat mengembalikan dana pembeli melalui ShopeePay. Terdapat beberapa keuntungan dari menggunakan ShopeePay, yaitu proses pembayaran menjadi lebih cepat dan ada banyak diskon yang ditawarkan.

Bagi pengguna Shopee yang ingin memanfaatkan keuntungan dari ShopeePay atau berbelanja dengan menggunakan ShopeePay, jangan lupa untuk cek saldo ShopeePay terlebih dahulu. Karena apabila tidak tersedia saldo di ShopeePay maka tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Cara Top Up

Pengguna ShopeePay yang belum memiliki akun mobile banking ataupun internet banking, tentu menggunakan ATM untuk bertransaksi. Bagi pengguna ShopeePay yang ingin mengisi saldo lewat ATM BCA, BRI, BNI, atau Mandiri, bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Bukalah aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone.
  2. Masuk ke akun Shopee, lalu pilih menu Isi Saldo ShopeePay di beranda untuk mengisi saldo ShopeePay. Atau bisa juga dengan cara masuk ke menu Saya, kemudian pilih menu ShopeePay.
  3. Selanjutnya pilih menu Isi Saldo dan akan muncul tulisan Bank Transfer.
  4. Pilih menu Bank Transfer, lalu akan ditampilkan beberapa pilihan bank yang bekerjasama dengan Shopee, yaitu BCA, BNI,BRI, Mandiri.
  5. Pilih salah satu bank yang diinginkan.
  6. Setelah memilih salah satu bank, langkah berikutnya pilih menu Konfirmasi.
  7. Kemudian akan ditampilkan nomor Virtual Account. Catatlah nomor tersebut dengan cara screenshoot supaya mudah dan cepat untuk dilihat lagi. Lalu pilih OK.
  8. Selanjutnya datangi gerai ATM terdekat sesuai dengan bank yang dipilih.
  9. Masukkan kartu ATM dan PIN.
  10. Pilih menu Transaksi Lainnya, lalu pilih Transfer, lalu pilih Ke Rek. Virtual Account.
  11. Kemudian masukkan nomor Virtual Account tadi, lalu pilih Benar.
  12. Masukkan jumlah pengisian saldo atau Top Up ShopeePay yang diinginkan, minimal sebesar Rp. 10.000.
  13. Setelah itu periksa kembali informasi yang ditampikan di layar. Jika sudah benar dan sesuai, maka pilih Ya.

Seperti yang dijelaskan tadi, mengisi saldo ShopeePay harus menggunakan nomor Virtual Account yang disediakan oleh bank yang dipilih. Shopee juga menyediakan metode top up saldo ShopeePay lewat Indomaret atau i.Saku yang dapat menjadi alternatif jika pengguna tidak memiliki kartu ATM.

Biaya Top Up ShopeePay

Hal yang penting untuk diketahui adalah bahwa pengisian saldo ShopeePay menlalui Virtual Account Bank BNI akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 1.000. Sedangkan untuk Virtual Account BCA, BRI, dan Mandiri masih gratis.

Limit Top Up Saldo ShopeePay

Shopee membatasi top up saldo ShopeePay hingga mencapai Rp. 10.000.000. Tetapi untuk mendapatkan limit sebear itu, pengguna harud melakukan verifikasi ShopeePay terlebih dahulu.

Jika belum melakukan verifikasi, tidak perlu khawatir karena pengguna tetap dapat mengisi saldo ShopeePay melalui ATM ataupun Indomaret. Namun limit yang diberikan maksimal hanya sebesar Rp. 2.000.000.

Bagi pengguna yang pernah mengisi saldo ShopeePay dan telah memiliki nomor Virtual Account tetap, maka langsung saja mengisi saldo ShopeePay melalui gerai ATM tanpa perlu melihat lagi nomor Virtual Account di aplikasi Shopee. Secara otomatis saldo akan masuk ke ShopeePAy.

Demikain penjelasan cara top up saldo ShopeePay lewat ATM. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya pengguna aplikasi Shopee. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar Emas, Saham, dan Tabungan.

Artikel Terkait

Biaya Admin BRI

Nanda Narayani

I Putu Nurestu

close
Shopee Promo