Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri

TutorBisnis.com – Mengapa saldo ATM BCA berkurang sendiri? Tak perlu khawatir apabila saldo berkurang dalam jumlah kecil. Tetapi jika saldo berkurang dalam jumlah besar maka hendaknya berhati-hati karena bisa saja disebabkan oleh kejahatan perbankan.

Nasabah BCA wajib mengetahui penyebab masalah tersebut supaya dapat mengambil langkah yang tepat. Disarankan untuk tidak panik, cari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk mengetahui apa saja penyebab saldo ATM BCA berkurang sendiri, simak penjelasan berikut ini.

1. Membayar Biaya Administrasi

Membayar Biaya Administrasi

Penyebab utama dari berkurangnya saldo ATM adalah untuk membayar biaya administrasi. Besar biaya administrasi tergantung dari jenis rekening dan kartu ATM yang dimiliki nasabah.

  • Tahapan: Rp. 14.000 – Rp. 20.000
  • Tahapan Gold: Rp. 15.000 – Rp. 20.000
  • BCA Xpresi: Rp. 7.500
  • Tapres BCA: Rp. 17.000
  • BCA TabunganKu: Tanpa Biaya
  • BCA Laku: Tanpa Biaya
  • Simpanan Pelajar BCA: Tanpa Biaya

Tersedia berbagai rekening tabungan dari BCA. Masing-masing memiliki ketentuan biaya administrasi yang berbeda, bahkan ada yang gratis biaya administrasi sehingga saldo rekening tidak terpotong.

Nasabah yang memiliki rekening Tahapan dan Tahapan Gold akan dikenakan biaya administrasi sesuai jenis kartu ATM yang dimiliki, yaitu Blue, Gold, dan Platinum. Tersedia juga kartu ATM berlogo Mastercard dan GPN.

BACA JUGA: Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke BCA

2. Terdapat Tagihan Autodebet

Terdapat Tagihan Autodebet

Penyebab berikutnya adalah adanya tagihan autodebet. Sehingga secara otomatis saldo ATM BCA berkurang sendiri setiap bulannya sejumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Jika secara tidak sadar mengaktifkan tagihan autodebet, seperti BPJS, disarankan untuk menghubungi layanan Call Center Halo BCA di nomor 1500888. Tanyakan kepada petugas Halo BCA apakah ada tagihan autodebet yang aktif atau tidak. Jika ada, nasabah dapat memutuskan untuk menonaktifkannya.

3. Menjadi Korban Skimming ATM

Menjadi Korban Skimming ATM

Apabila saldo ATM berkurang dalam jumlah yang besar hingga saldo habis, maka kemungkinan yang terjadi adalah rekening tersebut menjadi sasaran skimming ATM. Hal ini sering terjadi dikarenakan kelalaian ketika bertransaksi di ATM.

Cara kerja skimming ATM yaitu dengan meletakkan alat bernama skimmer pada slot kartu ATM. Alat tersebut nantinya akan menyalin informasi dari kartu ATM sehingga kartu dapat diduplikasi supaya saldo rekening bisa dibobol. Selain itu, pelaku juga menggunakan kamera tersembunyi untuk melihat PIN ATM yang dimasukkan nasabah.

Cara untuk menghindari skimming ATM adalah selalu berhati-hati ketika bertransaksi di ATM. Disarankan untuk menggunakan gerai ATM yang berada di keramaian.

4. Terpotong Biaya Transaksi

Terpotong Biaya Transaksi BCA

Penyebab lainnya adalah adanya berbagai jenis transaksi yang dikenakan biaya, seperti transfer ke rekening bank berbeda, membayar tagihan di ATM, dan sebagainya. Biaya tersebut secara otomatis memotong saldo ATM.

Biaya transaksi ATM BCA tergolong terjangkau, maksimal sebesar Rp. 6.500 dalam setiap transaksi transfer ke rekening bank lain, seperti BNI, Mandiri, BRI, dan bank lainnya.

5. Kartu ATM Digunakan Orang Lain

Kartu ATM Digunakan Orang Lain

Jika saldo ATM BCA berkurang sendiri, kemungkinan bisa saja kartu ATM tersebut digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. Masalah tersebut dilakukan oleh orang terdekat. Jika saldo ATM sudah dicek dan ada transaksi mencurigakan dalam jumlah besar, maka kemungkinan kartu ATM digunakan oleh orang lain.

BACA JUGA: Cara Cek Transferan Masuk BCA

Masih terdapat banyak faktor penyebab berkurangnya saldo ATM BCA secara otomatis. Untuk memastikan penyebab dari maslah tersebut, segera hubungi Halo BCA atau datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo