Broker Saham Terbaik

TutorBisnis.com – Berapa deposit minimum untuk bisa melakukan trading saham di Indonesia? Berdasarkan survei pada beberapa broker besar dan populer, akan terjawab berapa jumlah minimal depositnya.

Saham adalah suatu instrumen keuangan dengan potensi keuntungan tertinggi. Dari catatan selama bertahun-tahun, return investasi saham merupakan yang terbaik untuk jangka panjang.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama 20 tahun terakhir telah memberikan keuntungan hingga 14 kali lipat atau 1,400%. Keuntungan dengan tingkat yang sangat tinggi jika dibandingkan instrumen keuangan lainnya. Apabila memiliki uang 1 juta lalu dibelikan saham di BEI, maka 20 tahun kemudian uang menjadi sebesar Rp. 14 juta tanpa perlu ditambah. Sangat impresif.

Untuk memulai investasi saham, perlu diketahui berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membeli saham di BEI, apakah terjangkau atau tidak. Karena syarat untuk dapat bertransaksi saham pada setiap broker berbeda. Setiap broker sekuritas memiliki kebijakan masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa broker saham yang cukup populer beserta minimal depositnya untuk dapat melakukan transaksi jual beli saham.

1. IPOT Indopremier

IPOT Indopremier

IPOT merupakan broker saham dari PT. Indopremier Sekuritas, salah satu broker ternama di Indonesia yang banyak digunakan oleh investor ritel dengan aplikasinya yang paling banyak digunakan. PT. Indopremier Sekuritas memiliki ijin Badan Pengawas Pasar Modal/OJK nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

IPOT berbentuk supermarket keuangan yang menyediakan banyak fitur: jual beli reksadana, trading saham, beli IPO, dan lain-lain. Produk yang disediakan oleh Indopremier Sekuritas sebagai berikut:

  • Jual beli saham dalam fungsinya sebagai broker dan anggota BEI.
  • Penjamin emisi saham IPO.
  • Penjualan Obligasi dan SBN Ritel.
  • Supermarket Reksadana melalui IPOTFund.

Tidak ada jumlah minimal untuk modal bertransaksi di Indopremier, nasabah buka rekening saja di Indopremier. Apabila ingin melakukan transaksi beli saham, nasabah menyetor sejumlah saham yang ingin dibeli.

2. MOST Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas merupakan anak perusahaan Bank Mandiri yang memiliki ijin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No.12 Tahun 1992 dan ijin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992, serta terdaftar dan diawasi oleh OJK. Produk investasi yang ditawarkan yaitu Saham, Reksadana, Obligasi, dan IPO.

Mandiri Sekuritas juga menyediakan training online dan offline beserta bahan pelatihan, juga update riset harian dan bahasan saham serta topik tertentu secara mendalam. Semua disediakan gratis untuk nasabahnya. Ketentuan transaksi di Mandiri Sekuritas sebagai berikut:

  • Pilihan akun yang tersedia yaitu Reguler, Syariah, dan Full Service.
  • Minimal setoran awal pembukaan akun untuk mahasiswa sebesar Rp. 2.000.000 dan untuk umum sebesar Rp. 5.000.000 serta full service sebesar Rp. 100.000.000.

BACA JUGA: Pertanyaan Tentang Investasi Saham

3. Stockbit Sinarmas Sekuritas

Stockbit Sinarmas Sekuritas

Sinarmas Sekuritas berdiri sejak tahun 1988. Bergerak di bidang perdagangan valuta asing, traveller’s cheque, dan surat berharga lainnya dalam valuta asing. Sebagai Pedagang Perantara Efek (PPE), perusahaan ini telah mendapatkan ijin dari Bapepam dengan No. Kep-83/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992 sehingga bisa melakukan transaksi efek seperti Saham, Surat Hutang, dan produk turunannya baik di Pasar Perdana ataupun Pasar Sekunder.

Perusahaan ini merupakan salah satu di antara 20 PPE teraktif dan salah satu dari 30 PPE dengan nilai transaksi tertinggi. Bekerjasama dengan Stockbit menjadikan nasabah dapat membuka rekening di Sinarmas Sekuritas secara online melalui platform Stockbit.

Stockbit adalah komunitas para trader dan investor saham. Banyak diskusi yang menarik dalam komunitas ini yang dapat menjadi informasi untuk main saham. Minimal deposit untuk pembukaan rekening di Sinarmas Sekuritas yaitu sebesar Rp. 50.000.

4. HOTS Mirae Sekuritas

Mirae Sekuritas merupakan broker saham dengan nilai transaksi harian paling tinggi di BEI yang artinya broker ini populer di masyarakat. Induk perusahaan PT. Mirae Asset Sekuritas yaitu Mirae Asset Daewoo, perusahaan multinasional dari Korea Selatan.

HOTS merupakan aplikasi trading saham dari Mirae yang dapat diandalkan untuk trading dengan kecepatan dan keakuratan dalam eksekusi order jual beli saham. Laporan riset Mirae disampaikan ke investor secara rutin. Minimal deposit pembukaan rekening di Mirae Sekuritas sebesar Rp. 10 juta.

5. BIONS BNI Sekuritas

BIONS BNI Sekuritas

BNI Sekuritas didirikan tahun 1995 sebagai anak perusahaan PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk yang bergerak di bidang pasar modal, meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking dan asset management.

BNI Sekuritas menghadirkan BIONS, aplikasi trading saham online untuk bertransaksi beberapa instrumen Pasar Modal seperti, Saham, Reksadana, dan produk Fixed Income. Deposit minimal pembukaan rekening di BNI Sekuritas sebesar Rp. 1.000.000. Ada 3 jenis rekening untuk transaksi saham, antara lain:

  • Regular. Semua saham yang terdaftar di BEI.
  • Syariah. Saham yang sesuai Prinsip Syariah. Daftar saham dikeluarkan pada setiap bulan Juni dan Desember.
  • Margin. Saham yang diijinkan untuk mendapatkan pembiayaan sesuai ijin IDX dan daftar saham dikeluarkan setiap bulan.

6. POEMS Phillip Sekuritas

PhillipCapital berdiri sejak 1994 sebagai mayoritas pemegang saham PT. Philindo Santana Perkasa yang berganti nama pada tahun 2003 menjadi Phillip Securities Indonesia. Perusahaan ini meluncurkan POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System) versi Indonesia yang dirancang berdasarkan kebutuhan pasar di Indonesia.

Perusahaan ini sudah mendapat ijin dari OJK (d//h BAPEPAM dan LK) yang terdiri dari Penjamin Emisi Efek Nomor: KEP-02/BL/PEE/2007 dan Perantara Pedagang Efek Nomor: KEP-225/PM/1992.

POEMS memiliki keunggulan berupa sistem online trading yang menyediakan transaksi saham dan reksadana online dalam 1 platform dengan menggunakan 1 akun saja. Terdapat POEMS ProFunds di dalamnya, yaitu supermarket reksadana online denagn lebih dari 100 produk reksadana yang dikelola lebih dari 20 Manajer Investasi. Deposit minimal pembukaan rekening di Phillip Sekuritas sebesar Rp. 500.000.

7. Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas didirikan tahun 1989. Telah terdaftar di OJK dengan nomor ijin KEP-171/PM/1992. Sekarang ini nilai transaksi Ajaib telah masuk dalam 10 besar broker teraktif di BEI.

Salah satu keunggulannya yaitu interface aplikasi yang mudah digunakan oleh investor pemula. Beberapa review menunjukkan jika meski isi data fundamentalnya tidak selengkap broker lainnya namun Ajaib menampilkan interface yang sangat user friendly, sehingga sangat mudah digunakan oleh investor pemula terutama milenial. Deposit minimal pembukaan rekening di ajaib Sekuritas sebesar Rp. 100.000.

Dari sekian broker yang sudah disebutkan tadi, terlihat bahwa deposit minimal antar sekuritas tidak jauh berbeda, hanya yang paling mahal adalah Mirae. Sangat terjangkau sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa memulai investasi saham, khususnya bagi kaum milenial.

BACA JUGA: Belajar Saham Untuk Pemula

Kunjungi TutorBisnis.com jika kamu sedang mencari informasi terkini seputar keuangan, bisnis, dan investasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia TutorBisnis.com.

Menjadi penulis di TutorBisnis. Mahasiswi Jurusan Ekonomi Pembangunan di salah satu Universitas di Indonesia. Keuntungan terbesar dari Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah kamu dapat mempelajari beragam ilmu ekonomi yang bisa diimplementasikan di beragam sektor ekonomi di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Saat ini sedang mengejar gelar Sarjana Ekonomi.
close
Shopee Promo