Cara Transfer Dari Rekening BCA Melalui M-Banking

TutorBisnis.com – Bank BCA merupakan sebuah bank swasta terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan yang modern demi kepuasan nasabahnya. Salah satu layanan tersebut adalah mobile banking atau M-Banking.

M-Banking BCA memudahkan nasabah bertransaksi, khususnya pengiriman uang atau transfer. Nasabah melakukan transfer cukup melalui smartphone tanpa harus mengantri lagi ke gerai ATM BCA. Sehingga sangat praktis dan efisien karena tidak menyita banyak waktu nasabah untuk bertransaksi.

Cara Aktivasi BCA Mobile di ATM

Nasabah harus mengaktifkan M-Banking BCA terlebih dahulu sebelum melakukan transfer melalui M-BCA. Download aplikasi BCA Mobile di PlayStore atau AppStore. Sebelumnya, nasabah terlebih dahulu ke gerai ATM untuk mendaftarkan nomor handphone yang dihubungkan saat mengaktifkan M-Banking.

Tanpa mendaftarkan nomor handphone, layanan BCA Mobile tidak dapat digunakan. Pendaftaran tersebut berfungsi hanya untuk transaksi non finansial, sedangkan untuk transaksi finansial wajib melakukan aktivasi di kantor cabang BCA.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Lupa Kode Akses BCA Mobile

Cara Aktivasi BCA Mobile di ATM

  1. Datang ke gerai ATM BCA terdekat.
  2. Masukkan PIN ATM.
  3. Pilih E-Banking / Autodebit.
  4. Pilih Mobile Bankng.
  5. Setelah itu akan ditampilkan ketentuannya di layar, pilih Ya.
  6. Masukkan nomor handphone yang ingin didaftarkan.
  7. Buat PIN m-BCA.
  8. Masukkan ulang PIN m-BCA.
  9. Registrasi sudah berhasil.

Cara Aktivasi BCA Mobile di Kantor Cabang BCA

  1. Bawalah kartu ATM/Tapres/BCA Dollar yang sebelumnya telah terhubung dengan fasilitas m-BCA.
  2. Bawalah KTP atau SIM.
  3. Bawa juga buku tabungan atau kartu Paspor BCA / BCA Dollar yang terhubung dengan fasilitas m-BCA.
  4. Lakukan aktivasi non finansial lewat ATM BCA atau kantor cabang BCA.
  5. Datanglah ke petugas Customer Service BCA dan mintalah bantuan untuk mengaktifakan M-Banking BCA. Petugas akan membantu hingga aktivasi berhasil dan nasabah dapat melakukan transfer melalui M-Banking BCA pada hari yang sama.

Setelah layanan finansial sudah aktif, maka nasabah dapat menggunakan BCA Mobile untuk transfer ke sesama BCA atau bank lain. Simak cara berikut ini untuk melakukan transfer melalui BCA Mobile.

Cara Mendaftarkan Nomor Rekening

Setelah M-Banking telah aktif, nasabah harus mendaftarkan nomor rekening yang menjadi tujuan transfer dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk di aplikasi BCA Mobile lalu masukkan password yang terdiri dari 6 digit angka.
  2. Ada 2 pilihan transfer Antar Rekening dan Antar Bank. Di aplikasi, pengguna bisa membuat daftar penerima transfer sebanyak 3 rekening BCA sekaligus, sedangkan bank berbeda hanya 1 rekening.
  3. Apabila memilih transfer berbeda bank, masukkan noor rekening penerima lalu klik Send untuk membuat daftar nomor rekening penerima. Handphone akan mengirim SMS secara otomatis kepada pihak bank BCA untuk mendaftarkan nomor tersebut. Biaya untuk mendaftarkan rekening penerima adalah sebesar Rp. 1.500 yang dipotong dari saldo pulsa.
  4. Konfirmasi nama penerima transfer dengan data penerima transfer yang muncul setelah SMS terkirim.
  5. Pastikan bahwa lampu indikator yang ada di pojok kanan atas menyala berwarna hijau yang menunjukkan sinyal dalam keadaan stabil.
  6. Setelah pendaftaran selesai, nomor rekening tersebut masuk dalam transfer. Pendaftaran nomor rekening berlaku sekali saja. Nomor rekening tersebut secara otomatis tersimpan dan pengguna cukup mengakses daftar peneima transfer di menu transfer.

BACA JUGA: Kode Bank BCA ke BNI

Cara Transfer Melalui M-Banking

Jika layanan finansial sudah aktif, maka nasabah dapat menggunakan M-Banking BCA untuk transfer ke sesama BCA atau bank lain. Ikuti langkah berikut ini untuk mengetahui cara transfer melalui M-Banking BCA.

Cara Transfer Sesama BCA

  1. Buka aplikasi m-BCA yang terpasang di smartphone.
  2. Pilih menu m-BCA.
  3. Pilih menu m-Transfer.
  4. Selanjutnnya pilih Antar Rek.
  5. Kemudian pilih Mata Uang (Rp/USD/SGD).
  6. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer.
  7. Masukkan nomor rekening tujuan transfer.
  8. Setelah itu masukkan PIN m-BCA dengan benar.
  9. Selanjutnya muncul permintaan untuk memasukkan keterangan berita, kosongkan saja.
  10. Tunggulah beberapa saat, pengguna akan menerima pesan tentang transaksi transfer telah berhasil atau gagal.

Jika nasabah memiliki lebih dari 1 rekening yang terhubung dengan akun BCA Mobile, maka nasabah dapat memilih nomor rekening yang akan digunakan untuk transfer.

Cara Transfer Ke Bank Lain

Transfer melalui BCA Mobile juga bisa ditujukan ke rekening bank selain BCA. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi m-BCA yang telah terpasang di smartphone.
  2. Pilih menu m-BCA.
  3. Lalu pilih menu m-Transfer.
  4. Kemudian pilih Antar Bank.
  5. Setelah itu masukkan kode bank tujuan.
  6. Masukkan nomor rekening tujuan transfer.
  7. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer.
  8. Selanjutnya masukkan PIN m-BCA.
  9. Setelah itu akan ditampilkan informasi data transaksi. Pastikan data tersebut sudah sesuai dan benar. Lalu pilih OK/YES dan masukkan PIN m-BCA.
  10. Tunggulah hingga muncul informasi jika transaksi sudah berhasil atau gagal.

Sekian informasi tentang cara transfer dari rekening BCA melalui M-Banking. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan layanan M-Banking supaya dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

BACA JUGA: Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri

Semoga informasi tentang cara transfer dari rekening BCA melalui M-Banking ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Content writer di Tutor Bisnis. Suka travelling, dengerin musik, dan teh. Masih kuliah dengan Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Jawa Timur.
close
Shopee Promo