Jenis Pinjaman BRI

Syarat Pinjaman BRI – Bank BRI adalah bank milik pemerintah Indonesia atau badan usaha milik negara dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Sehubungan dengan itu, Bank BRI menyediakan berbagai layanan keuangan seperti layanan simpanan/tabungan, investasi, pembiayaan atau pinjaman.

Di era modern ini, banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhannya, dan untuk mengatasinya banyak yang beralih ke Bank BRI. Untuk pinjaman bank, BRI menawarkan beberapa jenis pinjaman, mulai dari kartu kredit, kredit usaha, kredit mobil hingga kredit pemilikan rumah (KPR).

Pinjaman BRI juga memiliki tingkat bunga yang cukup rendah. Untuk mendapatkan dana pinjaman dari Bank BRI juga sangat mudah. Yang terpenting, tergantung pada jenis pinjaman yang dipilih nasabah serta memenuhi setiap aspek persyaratan pinjaman tersebut.

Mendapatkan pinjaman dari Bank BRI sangat mudah. Hal ini dikarenakan calon debitur hanya perlu mengunjungi cabang bank BRI terdekat. Namun, untuk melakukan semua itu diperlukan beberapa persyaratan umum untuk mendokumentasikan persyaratan, sehingga proses pengajuan pinjaman ke Bank BRI dapat segera direalisasikan.

Baca juga: Suku Bunga KUR BRI

Selain itu, calon debitur perlu mengetahui jenis pinjaman BRI agar debitur tidak salah memilih jenis pinjaman sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui jenis-jenis pinjaman bank BRI, silahkan simak rangkuman yang telah TutorBisnis.com siapkan di bawah ini.

Syarat Pengajuan Pinjaman Bank BRI

1. KUR Mikro

KUR Mikro

KUR Mikro Bank BRI merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan pinjaman Bank BRI dengan syarat mudah dan suku bunga rendah. Pinjaman tersebut dapat dipinjam hingga Rp 50 juta dan diperuntukan bagi nasabah yang telah menjalankan usaha minimal 6 bulan.

Mengajukan pinjaman KUR Mikro BRI sangat mudah. Nasabah hanya perlu menyiapkan persyaratan administrasi yang terdiri dari KTP, Kartu Keluarga dan Izin Usaha. Selain itu, nasabah harus menyiapkan agunan yang nilainya sesuai dengan jumlah pinjaman.

Bank BRI membagi kredit mikro menjadi dua jenis kredit yaitu KMK (kredit modal kerja) dan KI (kredit investasi). Perbedaan keduanya terletak pada jangka waktu pinjaman maksimal. Untuk kredit modal kerja, jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun. Tentang kredit investasi selama 5 tahun.

Baca juga: Cara Daftar Internet Banking BRI

Maka suku bunga efektif hanya 6% per tahun. Suku bunga sangat rendah dibandingkan dengan pinjaman Bank BRI lainnya. Bagi yang berminat mengajukan pinjaman, silakan lihat dan baca Syarat Pengajuan KUR BRI.

2. KUR TKI BANK BRI

Pinjaman ini khusus untuk calon TKI yang akan bekerja di luar negeri. Sayangnya, pinjaman KUR TKI maksimum adalah dengan suku bunga efektif 6% per tahun, hanya Rp 25 juta, jangka waktu pinjaman hingga 3 tahun atau kontrak kerja

KUR TKI hanya diperuntukkan bagi calon TKI masa depan yang ditempatkan di Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea dan Malaysia. Apa saja persyaratan untuk mengajukan pinjaman BRI, silakan lihat di bawah ini untuk mengetahui apa syaratnya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga
  3. Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  4. Penempatan
  5. Paspor
  6. Visa

3. KUR BANK BRI Kecil

KUR Kecil tidak sama dengan KUR Mikro. Hal ini karena maksimum pinjaman bank BRI mencapai Rp 50 juta – Rp 500 juta. Uniknya adalah suku bunga efektif untuk kedua jenis pinjaman tetap sama yaitu 6% per tahun.

Baca juga: Cara Top Up Brizzi

Pinjaman bank BRI ini khusus untuk nasabah yang telah berkecimpung dalam usaha produktif minimal 6 bulan. Bagi yang berminat mengajukan pinjaman harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang diperlukan di bawah ini.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga
  3. NPWP bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman di atas Rp 50 juta
  4. Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)
  5. Agunan ditetapkan dan disesuaikan dengan aturan bank

4. Kupedes

Kupedes termasuk kredit mikro untuk usaha kecil yang membutuhkan pinjaman tunai untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti biaya pendidikan, perbaikan rumah, pembelian kendaraan, dll.

Pinjaman bank BRI ini menawarkan tingkat bunga yang kompetitif dan persyaratan pengajuan kredit yang mudah. Dijadikan agunan tidak memerlukan autentikasi dan jangka waktu angsuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagi yang berminat pinjaman Bank BRI ini sebaiknya membaca terlebih dahulu syarat pinjaman Kupedes BRI di bawah ini.

  1. Sertifikat Usaha sebagai Legalisasi
  2. Pengalaman usaha minimal 1 tahun
  3. KTP atauSIM yang masih berlaku sebagai identitas
  4. Siapkan pinjaman jaminan atau agunan

Baca juga: Cara Ganti Kartu ATM BRI

5. Briguna Karya

Briguna Karya

Briguna Karya adalah fasilitas pinjaman atau kredit tanpa agunan (KTA) dari Bank BRI. Diberikan kepada calon debitur yang memiliki sumber pembayaran (pelunasan) yang berasal dari sumber pendapatan tetap (gaji). Pinjaman Briguna Karya ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan nasabah, mulai dari tujuan produktif hingga non produktif.

Selain itu, limit pinjaman yang diberikan oleh Briguna Karya BRI kepada peminjam tidak terbatas atau dapat dibuat sesuai dengan kemampuan dan keinginan peminjam. Untuk jangka waktu pengembalian pinjaman jangka panjang Briguna Karya, peminjam dapat memilih jangka waktu kredit sampai dengan 15 tahun (180 bulan) atau jangka waktu pinjaman sampai dengan masa pra pensiun.

Lantas, apa saja syarat pengajuan pinjaman BRI Briguna Karya? Silahkan lihat dibawah ini untuk syarat pinjaman BRI Briguna Karya.

  1. Format KTP yang masih berlaku
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Menunjukkan SK pengangkatan serta SK terakhir sebagai pegawai tetap
  5. Slip Gaji
  6. Tabungan BRI (Calon debitur harus nasabah bank BRI)
  7. Siapkan foto suami atau foto istri (Teruntuk yang sudah menikah)
  8. 1 salinan surat rekomendasi atasan debitur dan form pengajuan pinjaman.

Baca juga: Maksimal Penarikan ATM BRI

6. Briguna Purna

Briguna Purna adalah pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI kepada debitur yang mendekati usia pensiun, yang dibiayai dari dana pensiun nasabahnya. Jangka waktu angsuran Briguna Purna cukup panjang, 15 tahun (180 bulan) atau usia jatuh tempo debitur adalah 75 tahun.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, silakan baca dulu syarat dan ketentuan pinjaman BRI Briguna Purna di bawah ini.

  1. Tanda pengenal berupa KTP yang masih berlaku
  2. Menyiapkan Kartu Keluarga (KK)
  3. Menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Menyiapkan fotokopi Buku Tabungan BRI (Calon debitur harus nasabah bank BRI)
  5. Siapkan SK pengangkatan pegawai pertama dan terakhir (asli)
  6. Surat rekomendasi dari calon pengawas debitur
  7. Foto suami atau istri (menikah)
  8. Siapkan form permohonan untuk melakukan pengajuan pinjaman

7. Brigadir Umum

Briguna Umum adalah pinjaman dari Bank BRI yang diberikan kepada debitur atau calon debitur dengan sumber pembayaran (pelunasan) dari penghasilan tetap (gaji). Itu dihitung dari pegawai yang sudah menjabat hingga pensiun. Dana pinjaman briguna umum yang diberikan kepada debitur dapat digunakan untuk berbagai tujuan pembiayaan produktif dan non-produktif.

Jangka waktu pinjaman Briguna Umum sama dengan pinjaman Briguna sampai dengan 15 tahun (180 bulan) atau jika debitur sampai dengan 75 tahun. Nah untuk mengetahui syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman Bank BRI, lihat di bawah ini:

  1. KTP yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Fotokopi rekening tabungan BRI (calon debitur harus nasabah bank BRI)
  5. Siapkan SK pengangkatan pegawai pertama dan terakhir (asli)
  6. surat rekomendasi atasan debitur dan form pengajuan pinjaman.
  7. Foto suami atau istri (menikah)
  8. Jika debitur pensiun pada saat pinjaman kredit, menyerahkan pensiun dan ID pensiun sampai pelunasan.

8. Briguna Pendidikan

Briguna Pendidikan adalah jenis pinjaman dari Bank BRI yang ditujukan khusus untuk mahasiswa S2 atau S3 yang telah memiliki upah atau penghasilan tetap. Untuk pinjaman kredit Briguna Pendidikan, debitur bisa mendapatkan kredit hingga 250 juta di UKT.

Setelah itu, jangka waktu pinjaman hingga 6 tahun untuk S2 dan 10 tahun untuk mahasiswa doktoral.

Baca juga: Cara Daftar BRI Link

9. KPR BRI

KPR BRI

KPR BRI adalah program kredit perseseorangan Bank BRI yang bertujuan untuk memudahkan dalam memiliki rumah baru atau bekas dengan limit tertentu. Selain untuk membeli rumah, debitur dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai jenis perumahan, seperti apartemen dan ruko.

Jangka waktu KPR BRI cukup panjang, hingga 20 tahun. Untuk memenuhi syarat KPR BRI, calon debitur kini harus melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  1. Debitur harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  2. Melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Sertakan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 
  5. Menyertakan surat keterangan gaji
  6. Menyertakan foto suami atau istri
  7. Aplikasi KPR BRI disertakan untuk calon debitur
  8. Calon debitur memiliki rekening BRItama
  9. Pastikan lokasi Anda dekat dengan cabang BRI.

10. KPRS BRI atau KPR Subsidi

KPR Subsidi adalah program kredit perorangan yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan hunian, namun fasilitas ini hanya bisa digunakan debitur dengan minimal penghasilan sekitar Rp 4.000.000 per bulan.

Nasabah KPR Subsidi BRI memiliki banyak keuntungan. Selain manfaat di atas, nasabah menerima tingkat bunga yang relatif sangat rendah sebesar 5% per tahun sampai pinjaman dilunasi. Selain itu, KPR Subsidi BRI memiliki angsuran yang cukup rendah dengan nominal sebesar Rp. 900 juta. Lantas, apa saja syarat untuk mendapatkan pinjaman Bank BRI?

  1. Rumah tersebut merupakan hunian jual yang dikembangkan oleh rekan bank BRI
  2. Rumah harus memiliki kondisi ready stock serta dilengkapi dengan listrik, jalan, PDAM, hingga drainase
  3. Pastikan bahwa rumah hunian ditinggali oleh Anda sendiri, tidak untuk disewakan atau dikontrakkan. Atau dapat dijual dalam 5 tahun pertama.
  4. Harga dari hunian tak bisa kemahalan dan wajib sesuai dengan syarat dari kemen PUPR

11. KKB Mobil Baru dan Bekas

KKB Mobil Baru dan Bekas adalah produk pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI agar peminjam dapat membeli mobil yang diinginkan. Pinjaman KKB untuk mobil baru dan bekas dibatasi 6 tahun untuk mobil baru dan 4 tahun untuk mobil bekas.

Jika Anda tertarik dengan pinjaman BRI ini, silakan simak persyaratan pengajuan KKB mobil baru dan bekas di bawah ini.

  1. Calon debitur harus berusia 21 tahun ke atas atau sudah menikah
  2. Melengkapi aplikasi KKB BRI
  3. KTP yang masih berlaku
  4. Meliputi fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Menyertakan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  6. Foto suami atau istri (jika sudah menikah)
  7. Sudah memiliki rekening BRItama
  8. Pastikan lokasi Anda dekat dengan cabang BRI

12. KKB BRI Refinancing

KKB BRI Refinancing adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh Bank BRI yang memungkinkan orang lain untuk mengumpulkan uang dengan cepat dan mudah menggunakan kendaraan yang mereka miliki. Jangka waktu kredit KKB BRI Refinancing bisa sampai 4 tahun.

Untuk KKB BRI Refinancing, peminjam dapat membeli mobil penumpang dengan merek dan tipe apa saja. Adapun persyaratan pengajuan Refinancing KKB BRI adalah:

  1. Calon debitur berusia di atas 21 tahun atau sudah menikah
  2. Calon debitur adalah warga negara Indonesia yang berkompeten secara hukum
  3. Melengkapi formulir aplikasi KKB BRI
  4. Sertakan juga fotocopu dari kartu identitas diri atau KTP yang masih aktif
  5. Sertakan fotocopy KK atau kartu keluarga
  6. Menyertakan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  7. Menyertakan foto suami atau istri (jika sudah menikah)
  8. Menyertakan surat keterangan gaji
  9. Membuka atau telah mempunyai rekening BRItama
  10. Berlokasi di kota tempat cabang bank BRI terdekat berada

13. KKB Motor Premium

KKB BRI Motor Premium adalah program kredit yang ditawarkan oleh Bank BRI untuk memudahkan memiliki sepeda motor premium. Yang keren dari KKB Motor Premium adalah tidak memiliki deposit dan memiliki jangka waktu kredit hingga 3 tahun.

Nah persyaratan untuk mengajukan KKB motor premium adalah:

  1. Calon debitur berusia di atas 21 tahun atau sudah berkeluarga,
  2. Melengkapi formulir aplikasi KKB BRI
  3. Sertakan juga fotocopu dari kartu identitas diri atau KTP yang masih aktif
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Menyertakan fotokopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  6. Menyertakan foto suami atau istri (jika sudah menikah)
  7. Menyertakan surat keterangan gaji
  8. Membuka atau telah mempunyai rekening BRItama
  9. Berlokasi di kota tempat cabang bank BRI terdekat berada

kesimpulannya

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Bank BRI merupakan salah satu bank yang memiliki banyak sekali jenis pinjaman dengan syarat yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, kami sarankan kepada Anda mengunjungi kantor cabang BRI terdekat.

Sekian informasi yang bisa TutorBisnis sampaikan mengenai syarat pinjaman BRI kepada Anda. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo