Cara Daftar BRI Link

TutorBisnis.com – Bagaimana cara daftar BRI Link? Bank BRI menyediakan berbagai layanan perbankan dengan teknologi yang modern yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi. Tetapi tidak semua nasabah BRI dapat menikmati layanan tersebut karena tinggal di daerah pelosok dan terpencil.

BRI Link adalah program dari Bank BRI yang memiliki tujuan memperluas layanan BRI supaya sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Nasabah BRI dapat menjalin kerjasama dengan Bank BRI untuk menjadi agen BRI Link.

Agen BRI Link menjadi jembatan bagi nasabah BRI dalam melakukan transaksi secara real time online melalui mesin EDC atau aplikasi BRILink Mobile. Semua nasabah BRI dapat menjadi agen BRI Link dengan syarat yang mudah.

Keuntungan Agen BRI Link

Bagi nasabah yang bergabung menjadi agen BRI Link tentu akan mendapatkan keuntungan. Konsep keuntungan pada BRI Link bernama Sharing Fee yang artinya agen BRI Link akan memperoleh keuntungan berupa komisi dari setiap transaksi.

Misalnya, jika seseorang melakukan transfer melalui agen BRI Link sebesar Rp. 500.000, maka harus membayar Rp. 505.000. Uang sebesar Rp. 5.000 adalah biaya jasa yang akan menjadi keuntungan agen BRI Link.

Selain keuntungan tersebut, nasabah BRI yang telah bergabung menjadi agen BRI Link akan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan jika nasabah BRI melakukan cara daftar BRI Link:

  1. Agen akan mendapatkan keuntungan jutaan rupiah melalui sistem sharing fee atas transaksi yang dilakukan melalui BRI Link.
  2. Dapat menambah jumlah pelanggan yang bertransaksi di tempat agen.
  3. Memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan transaksi.
  4. Meningkatkan omzet usaha yang dijalankan.
  5. Tersedia berbagai hadiah menarik yang ditujukan bagi agen BRI Link.

Fasilitas BRI Link

Bank BRI memberikan 3 jenis fasilitas transaksi keuangan dengan fitur yang berbeda pada masing-masing fasilitas tersebut.

1. Lakupandai

Lakupandai merupakan sebuah fasilitas transaksi keuangan yang dilakukan tanpa melalui jaringan BRI. Agen BRI Link dapat menggunakan fasilitas ini untuk menerima transaksi cash in & out, report, penyetoran tunai, penarikan tunai, pengisian ulang pulsa, dan belanja di merchant pilihan.

2. T-Bank

T-Bank adalah fasilitas keuangan berbasis digital yang menggunakan server milik Bank BRI yang memungkinkan nasabah bertransaksi menggunakan nomor handphone. Untuk dapat menggunakan layanan ini, nasabah BRI harus mendaftarkan nomor handphone sebagai nomor rekening BRI.

Sehingga melalui layanan tersebut, nasabah BRI dapat melakukan transaksi, meliputi penarikan tunai, menabung, dan melakukan pembayaran setoran pinjaman melalui agen BRI Link.

3. Mini ATM BRI

Agen BRI Link akan diberikan mesin EDC yang dapat digunakan sebagai mini ATM BRI. Agen BRI Link dapat menggunakan mesin EDC tersebut untuk melakukan transaksi tunai dan non tunai, yaitu registrasi mobile banking BRI, registrasi internet banking BRI, cek saldo, transfer, pembayaran, top up pulsa, dan penyetoran.

Syarat Agen BRI Link

Jika ingin menjadi agen BRI Link untuk mendapatkan keuntungan yang telah disebutkan tadi, maka nasabah harus melakukan cara daftar BRI Link terlebih dahulu. Tetapi sebelum melakukan pendaftaran, nasabah harus menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran agen BRI Link.

Syarat

  • Warga Negara Indonesia dan telah bergabung menjadi nasabah BRI.
  • Penyetoran uang jaminan sebesar Rp. 3.000.000 (khusus EDC). Saldo tersebut akan diblokir setelah berhasil menjadi agen BRI Link.
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 2 tahun.
  • Menyediakan surat keterangan usaha dari desa tempat usaha.
  • Memiliki smartphone Android minimal OS 4.4.
  • Tersedia akses internet yang stabil dan printer mobile (opsional).
  • Memiliki rekening tabungan BRI dengan jumlah saldo yang cukup atau sesuai ketentuan bank untuk digunakan saat bertransaksi.

Dokumen Persyaratan

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi NPWP pemilik usaha bagi badan usaha.
  • Fotokopi dokumen legalitas usaha berupa surat keterangan usaha minimal dari RT/RW atau SIUP, SITU, TDP (bagi badan usaha), akta pendirian (bagi badan hukum).
  • Bagi perorangan, menyediakan fotokopi surat keterangan pegawai tetap / surat keterangan pensiun.
  • Fotokopi buku tabungan BRI atau rekening koran.
  • Mengisi formulir permohonan pengajuan agen BRI Link beserta tanda tangan surat perjanjian kerjasama BRI Link.

Cara Daftar BRI Link

Cara mendaftar BRI Link

Jika persyaratan tersebut telah disiapkan, maka nasabah BRI dapat melakukan pengajuan pendaftaran agen BRI Link melalui kantor cabang BRI atau unit kerja BRI terdekat dengan langkah sebagai berikut:

  1. Datang ke unit kerja BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan di atas.
  2. Sampaikan keinginan untuk mengajukan pendaftaran agen BRI Link ke petugas Customer Service.
  3. Setorkan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran ageb BRI Link.
  4. Tunggu petugas Customer Service melakuan proses verifikasi terhadap berkas dokumen.
  5. Apabila dokumen tersebut telah memenuhi kriteria agen BRI Link, maka petugas BRI akan melakukan survei ke lokasi usaha.
  6. Jika pengajuan telah disetujui, selanjutnya tandatangani perjanjian kerjasama antara agen BRI Link dan pihak Bank BRI.
  7. Kemudian pihak BRI akan memberikan peralatan untuk digunakan saat bertransaksi, yaitu mesin EDC sebagai ATM mini dan beberapa dokumen lain.

Perlu diketahui bahwa syarat dan cara daftar BRI Link dapat berunah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan yang ditetapkan oleh Bank BRI. Silahkan hubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500274 atau Call Center BRI Link di nomor 08001014017.

Demikian penjelasan mengenai cara daftar BRI Link. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah BRI yang ingin mendapatkan keuntungan dengan menjadi agen BRI Link.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo