Syarat Pengajuan KUR BRI

TutorBisnis.com – Apa saja syarat pengajuan KUR BRI? Simak ulasan lengkapnya di sini.  Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah program dari pemerintah Indonesia yang memiliki tujuan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pinjaman modal secara cepat dan mudah.

Pembiayaan KUR ditujukan bagi usaha produktif mikro, kecil, menengah, dan koperasi. Jenis usaha yang produktif dan layak tetapi tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perbankan, bisa mendapatkan KUR.

Salah satu bank yang menyediakan pinjaman dana KUR adalah Bank BRI. KUR BRI memiliki suku bunga yang cukup rendah, yaitu sebesar 6%. Sehingga nasabah yang menggunakan layanan pinjaman dana KUR BRI lebih mudah dalam membayar cicilan tiap bulan.

BACA JUGA: Cara Cek Angsuran KUR BRI

Kelebihan KUR BRI

Berikut ini adalah berbagai kelebihan dari Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI:

  • Target penyaluran dana KUR BRI mencapai 63% dari total dana sebesar Rp. 190 Triliun.
  • Unit layanan BRI tersebar luas di seluruh Indonesia sehingga memudahkan nasabah dalam mengajukan KUR BRI.
  • BRI menjadi penyalur KUR terlengkap, yaitu KUR Mikro, Retail, dan KUR TKI.
  • Syarat dan proses pengajuan yang cukup mudah.
  • Angsuran KUR sangat fleksibel karena BRI telah memiliki satelit sendiri dan Sumber Daya Manusia yang handal.

Jenis KUR BRI

Bank BRI menyediakan beberapa produk KUR yang dapat dipilih oleh nasabahnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Berikut ini adalah jenis KUR yang tersedia di Bank BRI.

1. KUR Mikro

KUR Mikro adalah kredit modal kerja atau investasi tanpa jaminan bagi perorangan. Nasabah bisa mengajukan permohonan pinjaman dana hingga Rp. 25.000.000 per debitur.

Hanya bagi nasabah yang memiliki usaha yang berjalan minimal selama 6 bulan yang bisa memiliki kesempatan untuk mengajukan permohonan KUR BRI. Ada 3 jenis kredit pada KUR Mikro, yaitu Kredit Modal Kerja dengan jangka waktu maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi dengan jangka waktu maksimal 5 tahun.

2. KUR Ritel

KUR Ritel adalah kredit modal kerja bagi pemilik usaha yang telah produktif selama minimal 6 bulan. Pinjaman dana yang disediakan pada KUR Ritel adalah sebesar Rp. 25.000.000 hingga Rp. 500.000.000.

Ada 2 jenis KUR Ritel BRI, yaitu Kredit Modal Kerja dengan jangka waktu pinjaman selama maksimal 4 tahun dan Kredit Investasi dengan jangka waktu maksimal selama 5 tahun. Nasabah wajib menyertakan jaminan saat mengajukan pinjaman KUR Ritel BRI.

3. KUR TKI

KUR TKI diberikan kepada calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebagai modal untuk berangkat ke negara tujuan bekerja, antara lain Hong Kong, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Brunei, dan Taiwan. KUR TKI memberikan pinjaman dana sebesar Rp. 25.000.000 dengan jangka waktu selama 3 tahun atau sesuai kontrak kerja dan suku bunga sebesar 6%.

BACA JUGA: Biaya Admin BRI

Syarat Pengajuan KUR BRI

Berikut ini adalah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh nasabah BRI yang ingin melakukan pengajuan KUR BRI.

1. Syarat KUR Mikro

  • Nasabah adalah individu perorangan yang memiliki usaha yang produktif dan layak.
  • Memiliki usaha yang produktif dan telah berjalan selama 6 bulan.
  • Melampirkan syarat administrasi berupa KTP, KK, dan Surat Ijin Usaha.
  • Tidak sedang menanggung kredit pada perbankan lain kecuali kredit yang bersifat konsumtif seperti KPR, kartu kredit, atau KKB.
  • Pengajuan pinjaman oleh nasabah sebanyak Rp. 25.000.000 per debitur.

2. Syarat KUR Ritel

  • Memiliki usaha yang berkelanjutan, produktif, dan dinilai layak.
  • Usaha tersebut telah berjalan minimal selama 6 bulan.
  • Pengajuan pinjaman sebesar Rp. 25.000.000 hingga Rp. 500.000.000.
  • Melampirkan Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil dan surat ijin lainnya minimal dari kelurahan setempat.
  • Tidak sedang menanggung kredit lainnya, kecuali KPR, KKP, dan kartu kredit.

3. Syarat KUR TKI

  • Berstatus sebagai calon TKI yang akan berangkat ke negara tujuan.
  • Melampirkan KTP, KK, Surat MoU (perjanjian kerja) dengan pengguna jasa, paspor, visa, dan surat keterangan penempatan.
  • Pengajuan pinjaman maksimal sebesar Rp. 25.000.000.

Jika masih terdapat pertanyaan mengenai suku bunga KUR BRI dan cara mengajukan KUR BRI, silahkan datang ke kantor cabang BRI terdekat atau kunjungi situs https://bri.co.id/kur.

BACA JUGA: Cara Transfer M-Banking BCA ke BRI

Demikian penjelasan mengenai syarat pengajuan KUR BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca yang ingin mendapatkan tambahan modal usaha dengan bunga yang ringan.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo