Cara Daftar Internet Banking BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara daftar internet banking BRI? Perkembangan jaman yang semakin modern membuat layanan internet banking sekarang ini sudah biasa digunakan oleh banyak nasabah di berbagai bank.

Sekarang segala hal semakin dipermudah dengan adanya perkembangan teknologi. Begitu juga dengan transaksi perbankan, sudah tersedia layanan yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

Salah satu layanan perbankan tersebut adalah internet banking. Semua jenis transaksi dapat dilakukan oleh nasabah melalui layanan internet banking kapan saja dan di mana saja. sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang bank atau gerai ATM untuk bertransaksi.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank yang menyediakan layanan internet banking BRI. Supaya dapat menikmati layanan internet banking BRI, maka nasabah harus melakukan registrasi atau pendaftaran internet banking BRI terlebih dahulu.

Syarat Membuat Internet Banking BRI

Syarat Membuat Internet Banking BRI

Saat akan melakukan cara daftar internet banking BRI, nasabah harus menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan supaya proses registrasi berjalan lancar. Syarat tersebut dibutuhkan ketika nasabah melakukan registrasi internet banking BRI di ATM dan aktivasi di kantor cabang BRI. Syarat registrasi internet banking BRI yaitu:

  • Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI).
  • Memiliki buku tabugan BRI.
  • Memiliki kartu identitas diri berupa KTP, SIM, Paspor, atau KIMS.
  • Memiliki nomor handphone yang aktif.
  • Memiliki alamat email yang aktif.
  • Mengisi formulir pendaftaran internet banking BRI.

Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM

Cara Daftar Internet Banking BRI

Jika semua persyaratan yang disebutkan di atas sudah disiapkan, maka nasabah dapat melakukan proses registrasi awal melalui gerai ATM BRI terdekat. Lakukan cara daftar internet banking BRI berikut ini:

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat dengan membawa kartu ATM BRI.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM
  2. Masukkan kartu ATM dengan posisi benar sehingga tidak merusak kartu ATM tersebut.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 1
  3. Pilih Bahasa Indonesia.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 2
  4. Masukkan 6 digit PIN secara benar supaya terhindar dari pemblokiran kartu ATM secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 3
  5. Pilih menu Menu Lainnya.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 4
  6. Lalu pilih Registrasi Info Lain.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 5
  7. Berikutnya pilih Internet Banking.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 6
  8. Kemudian masukkan PIN sebanyak 2 kali yang nantinya akan digunakan sebagai password internet banking.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 7
  9. Setelah itu akan muncul tulisan Registrasi Internet Banking berhasil dilakukan. Pada layar monitor akan ditampilkan User ID yang digunakan untuk login ke akun internet banking BRI.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 8
  10. Mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti registrasi internet banking BRI sudah berhasil.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 9
  11. Ambil struk tersebut dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM 10

Perlu diketahui bahwa cara di atas hanya proses registrasi awal untuk membuat password yang digunakan untuk login ke akun internet banking BRI. Nasabah harus melakukan akivasi mTOKEN sehingga layanan tersebut dapat digunakan.

Cara Aktivasi Internet Banking BRI

Walaupun setelah melakukan registrasi awal, nasabah sudah dapat bertransaksi melalui internet banking BRI, tetapi hanya sebatas transaksi non tunai, yaitu cek saldo dan mutasi rekening.

Supaya layanan internet banking BRI dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial, maka nasabah harus melakukan aktivasi mTOKEN. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service.
  3. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Setelah dipanggil, datangi petugas Customer Service.
  5. Sampaikan jika ingin melakukan aktivasi layanan internet banking BRI ke petugas Customer Service.
  6. Petugas Customer Service akan memberikan formulir untuk diisi dan ditandatangani oleh nasabah.
  7. Setelah mengisi formulir tersebut, berikan lagi kepada petugas Customer Service untuk digunakan dalam proses aktivasi internet banking BRI hingga berhasil.

Cara Menggunakan Internet Banking BRI

Setelah melakukan aktivasi mTOKEN, maka layanan internet banking BRI sudah dapat digunakan untuk bertransaksi. Caranya yaitu buka situs internet banking BRI di alamat ib.bri.co.id/ib-bri.

Kemudian login dengan cara memasukkan User ID dan password yang didapatkan ketika melakukan cara daftar internet banking BRI. Lalu klik Masuk atau masukkan kode validasi. Maka nasabah dapat menikmati semua fitur yang disediakan, yaitu:

  • Pengecekan saldo, deposito, dan dana pensiun lembaga keuangan.
  • Pengecekan mutasi rekening.
  • Transfer atau pengiriman uang dan RTGS.
  • Membayar tagihan listrik, telepon, dan kartu kredit.
  • Membeli pulsa dan uang elektronik.
  • Berkomunikasi dengan petugas Customer Service BRI tanpa batas waktu melalui inbox internet banking.

Hal yang penting untuk diingat oleh nasabah yang menggunakan layanan internet banking BRI yaitu jangan pernah memberitahukan User ID dan password kepada siapapun. Tujuannya adalah untuk menghindari tindakan kejahatan yang sering terjadi.

Cara registrasi internet banking BRI tidak dikenakan biaya. Jika nasabah ingin mengganti nomor handphone mTOKEN BRI atau lupa User ID dan password, nasabah dapat menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017.

Demikian penjelasan mengenai cara daftar internet banking BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah BRI yang ingi menikmati layanan internet banking BRI.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo