Cara Menutup Kartu Kredit BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara menutup kartu kredit BRI? Setiap bank umumnya menyediakan fasilitas kartu kredit bagi nasabahnya. Akan tetapi penggunaan kartu kredit oleh nasabah yang kurang bisa mengontrol keuangan dengan baik akan berakibat menumpuknya tagihan kartu kredit.

Sehingga nasabah yang mengalami hal tersebut biasanya akan memilih untuk menutup kartu kreditnya. Selain itu, kartu kredit juga beresiko terjadinya penyalahgunaan atau tindak kejahatan, seperti pencurian data. Data tersebut digunakan untuk bertransaksi tanpa sepengetahuan pemilik kartu kredit.

Bagi nasabah Bank BRI yang ingin menutup kartu kredit BRI, dapat melakukannya dengan mudah. Jika belum mengetahui cara menutup kartu kredit BRI, simak penjelasan di bawah ini.

Melalui Kantor Cabang BRI

Menutup kartu kredit BRI melalui kantor cabang BRI merupakan carayang paling cepat dan aman. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menutup kartu kredit BRI melalui kantor cabang BRI.

1. Mendatangi Kantor Cabang BRI

Mendatangi Kantor Cabang BRI

Nasabah BRI wajib menyiapkan dan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan untuk menutup kartu kredit BRI melalui kantor cabang BRI. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
  • Kartu kredit.
  • Buku tabungan.
  • Sejumlah uang untuk membayar tagihan kartu kredit.

Setelah tiba di kantor cabang BRI, ambil nomor antrian yang menuju petugas Customer Service. Lalu tunggu sampai nomor antrian tersebut dipanggil.

2. Proses Penutupan Kartu Kredit

Jika nomor antrian sudah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keinginan untuk menutup kartu kredit BRI beserta alasannya. Petugas Customer Service biasanya akan memberikan informasi menarik seperti kenaikan limit kredit, promo menarik, dan lain-lain.

Jangan hiraukan tawaran tersebut jika ingin menutup kartu kredit BRI.Berikan alasan yang logis sehingga petugas Customer Service tidak ragu untuk membantu melakukan penutupan kartu kredit BRI.

BACA JUGA: Cara Enable Kartu ATM BRI

3. Membayar Semua Tagihan

Membayar Semua Tagihan BRI

Nasabah wajib membayar tagihan yang masih ada pada kartu kredit hingga lunas supaya proses penutupan kartu kredit tersebut dapat dilakukan. Jika tidak, maka proses penutupan kartu kredit tidak akan dilakukan oleh pihak bank.

4. Mengisi Formulir

Petugas Customer Service akan memberikan formulir penutupan kartu kredit  BRI kepada nasabah. Isi formulir tersebut dengan benar sesuai dengan data yang tersimpan di kartu kredit tersebut.

5. Menerima Bukti Penutupan Kartu Kredit

Setelah penutupan kartu kredit telah diproses oleh petugas Customer Service, nasabah akan mendapattkan surat bukti penutupan kartu kredit. Surat tersebut sangat penting yang menjadi bukti sah bahwa kartu kredit tersebut telah ditutup untuk menghindari penyalahgunaan pada kartu kredit.

Cara Menutup Kartu Kredit Melalui Call Center BRI

Cara Menutup Kartu Kredit Melalui Call Center BRI

Penutupan kartu kredit BRI juga bisa melalui Call Center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Untuk terhubung dengan petugas Call Center BRI, lakukan langkah berikut ini:

  1. Lakukan panggilan ke nomor Call Center BRI yaitu 14017 atau 1500017.
  2. Pilih Bahasa Indonesia.
  3. Ketika terhubung dengan petugas Call Center, sampaikan keinginan menutup kartu kredit BRI dan berikan alasan yang tepat supaya petugas tidak ragu.
  4. Petugas Call Center akan melakukan konfirmasi data, meliputi jenis kartu kredit, limit kartu kredit, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, dan lain-lain.
  5. Jika konfirmasi data sudah berhasil, akan diberikan informasi terkait tagihan yang wajib dibayar. Lunasi tagihan tersebut jika masih ada supaya penutupan kartu kredit BRI dapat diproses.
  6. Saat seluruh tagihan sudah dibayar, nasabah akan mendapatkan laporan penutupan kartu kredit BRI.
  7. Proses penutupan kartu kredit membutuhkan waktu selama maksimal 20 hari kerja.
  8. Nasabah akan mendapatkan bukti penutupan kartu kredit BRI yang akan mencegah terjadinya tindakan kejahatan terkait kartu kredit tersebut.

Nasabah yang tidak sempat untuk datang ke kantor cabang BRI pada hari kerja, bisa menggunakan cara ini untuk menutup kartu kredit BRI. Pastikan tersedia cukup pulsa karena akan dikenakan biaya panggilan sesuai tarif operator seluler yang digunakan.

BACA JUGA: Cara Beli Pulsa Lewat SMS Banking BRI

Demikian penjelasan mengenai cara menutup kartu kredit BRI. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Artikel Terkait

Bisnis Rumahan Modal Kecil

Kripa Rani Dewi Dasi

close
Shopee Promo