Cara Top Up Brizzi

TutorBisnis.com – Bagaimana cara top up Brizzi? Brizzi merupakan salah satu uang elektronik dari Bank BRI dengan berbagai manfaat dan digunakan sebagai alat transaksi pembayaran.

Semua transaksi dapat dilakukan secara mudah dan cepat, tinggal menempelkan kartu Brizzi di mesin EDC lalu proses transaksi berhasil dilakukan. Pengguna Brizzi tidak perlu repot lagi membawa uang tunai. Kartu Brizzi dapat digunakan jika tersedia saldo yang mencukupi. Berikut ini cara top up Brizzi.

1. Top Up Melalui ATM BRI

Cara ini sangat mudah dan hanya dapat dilakukan oleh nasabah BRI yang memiliki kartu ATM. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat mengisi saldo kartu Brizzi.

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM pada slot kartu dengan benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar.
  5. Pilih Menu Lainnya.
  6. Selanjutnya pilih Brizzi.
  7. Kemudian pilih Top Up Online Brizzi.
  8. Setelah itu masukkan jumlah pengisian saldo Brizzi sesuai yang diinginkan. Lalu pilih Benar.
  9. Letakkan kartu Brizzi pada Reader Brizzi.
  10. Pada layar monitor akan ditampilkan konfirmasi top up saldo Brizzi, yaitu nomor kartu Brizzi, jumlah pengisian saldo, biaya administrasi, dan total pengisian saldo Brizzi. Perhatikan data yang ditampilkan, jika sudah benar, pilih Ya.
  11. Pilih jenis rekening yang diambil saldonya untuk mengisi saldo Brizzi. Pilih Dari Rekening Tabungan.
  12. Tunggu mesin ATM melakukan proses transaksi tersebut hingga mesin ATM mengeluarkan struk bukti pengisian saldo Brizzi telah berhasil.
  13. Ambil struk tersebut dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM BRI.

Top up saldo Brizzi melalui mesin ATM BRI sangat mudah dilakukan dan tidak dikenakan biaya administrasi. Saldo secara langsung masuk ke kartu Brizzi sehingga kartu tersebut dapat langsung digunakan untuk melakukan transaksi.

2. Top Up Melalui BRImo

Pengisian saldo Brizzi melalui aplikasi BRImo dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Terdapat 2 metode pengisian saldo, yaitu Top Up Online dan Top Up Tertunda.

Top Up Online ditujukan pada smartphone yang menyediakan fitur NFC. Sedangkan smartphone yang tidak menyediakan fitur NFC dapat menggunakan metode Top Up Tertunda. Berikut ini adalah cara top up Brizzi melalui BRImo.

  1. Buka aplikasi BRImo lalu login dengan cara memasukkan User ID dan password. Setelah itu pilih Login.
  2. Pilih menu Brizzi.
  3. Kemudian pilih Top Up Online.
  4. Selanjutnya pilih jumlah saldo yang ingin diisi, lalu pilih Lanjut.
  5. Di layar akan ditampilkan konfirmasi data seperti jumlah bayar, biaya administrasi, dan total transaksi. Jika sudah benar, pilih Lanjut.
  6. Masukkan PIN mobile banking dengan benar.
  7. Tempelkan kartu Brizzi di belakang smartphone dan tunggu hingga proses transaksi berhasil.
  8. Jika top up saldo Brizzi sudah berhasil, maka akan ditampilkan bukti top up online Brizzi di aplikasi tersebut.

Cara tadi berlaku pada smartphone yang dilengkapi fitur NFC. Jika pada smartphone yang digunakan tidak tersedia fitur NFC, maka pilih metode Top Up Tertunda. Untuk metode tersebut, nasabah harus melakukan aktivasi saldo di mesin ATM atau merchant yang memiliki mesin EDC.

3. Top Up Melalui Mobile Banking BRI

Cara selanjutnya adalah melalui aplikasi BRI Mobile yang dapat diunduh di PlayStore atau AppStore. Kemudian lakukan pengisian saldo kartu Brizzi dengan mengikuti langkah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi BRI Mobile di smartphone.
  2. Pilih menu Mobile Banking BRI.
  3. Kemudian pilih Isi Ulang.
  4. Lalu pilih Brizzi.
  5. Selanjutnya masukkan nomor kartu Brizzi yang akan diisi saldo.
  6. Masukkan jumlah top up lalu klik OK.
  7. Setelah itu masukkan PIN SMS Banking BRI lalu klik Send.
  8. Kemudian akan muncul notifikasi mobile banking BRI akan melakukan transaksi menggunakan SMS. Klik OK dan secara otomatis akan dialihkan ke fitur SMS dengan format SMS top up. Kirim SMS tersebut ke nomor 3300, secara otomatis transaksi akan diproses.

Cara tadi merupakan metode pengisian saldo tertunda yang mangharuskan nasabah untuk melakukan update saldo di mesin ATM atau EDC yang tersedia di merchant Brizzi.

4. Top Up Melalui Indomaret / Alfamart

Jika pengguna kartu Brizzi tidak memiliki kartu ATM BRI atau bukan nasabah BRI, maka yang dapat dilakukan adalah mengisi saldo Brizzi di Indomaret atau Alfamart. Berikut ini adalah cara top up Brizzi di Indomaret atau Alfamart.

  1. Datang ke Indomaret atau Alfamart terdekat.
  2. Sampaikan ke kasir untuk mengisi saldo Brizzi.
  3. Berikan kartu Brizzi yang akan diisi saldo kepada kasir dan beritahukan jumlah saldo yang ingin ditambahkan.
  4. Kasir akan menempelkan kartu Brizzi di mesin EDC dan secara otomatis saldo Brizzi tersebut bertambah.

Semoga informasi tentang Cara Top Up Brizzi yang TutorBisnis bagikan bisa menjadi referensi yang baik bagi teman-teman semua. Jika kalian tertarik dengan artikel bermanfaat lainnya, silahkan pilih beragam kategori di TutorBisnis, seperti Digital Payment, Tutorial, News, Hingga Investasi.

Artikel Terkait