Cara Ganti Kartu ATM BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara ganti kartu ATM BRI? Setiap nasabah yang memiliki rekening tabungan di Bank BRI akan diberikan fasilitas berupa kartu ATM untuk digunakan saat bertransaksi.

Kartu ATM merupakan sebuah barang yang sangat penting untuk dijaga keamanannya supaya tidak rusak, hilang, ataupun disalahgunakan oleh orang lain. Apabila kartu ATM BRI milik nasabah kedaluarsa atau melewati masa berlaku kartu ATM tersebut, maka kartu ATM wajib diganti.

Syarat Penggantian Kartu ATM BRI

Cara mengganti Kartu ATM BRI

Jika nasabah BRI ingin melakukan penggantian kartu ATM karena rusak, hilang, atau kedaluarsa, maka nasabah harus menyiapkan persyaratan untuk melakukan cara ganti kartu ATM BRI, yaitu:

  • Kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
  • Buku tabungan BRI.
  • Kartu ATM yang ingin diganti.
  • Surat keterangan kehilangan kartu ATM BRI dari kepolisian setempat jika kartu ATM tersebut hilang.

Cara Ganti Kartu ATM BRI

Jika persyaratan tersebut telah disiapkan, maka selanjutnya nasabah dapat melakukan cara ganti kartu ATM BRI dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan tadi.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service.
  3. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Setelah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keinginan mengganti kartu ATM BRI beserta alasannya.
  5. Petugas Customer Service akan melakukan proses terhadap permohonan penggantian kartu ATM BRI dan meminta persyaratan yang dibutuhkan.
  6. Isi formulir permohonan penggantian kartu ATM dengan data yang besar dan lengkap. Setelah selesai mengisinya, berikan lagi formulir tersebut ke petugas Customer Service.
  7. Tunggu petugas Customer Service melanjutkan proses penggantian kartu ATM hingga selesai.
  8. Setelah berhasil melakukan penggantian kartu ATM, petugas Customer Service akan memberikan kartu ATM BRI yang baru beserta persyaratan yang diberikan tadi.
  9. Kartu ATM BRI yang baru sudah dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

Biaya Penggantian Kartu ATM

Penggantian kartu ATM BRI dikarenakan kartu ATM milik nasabah mengalami kerusakan, hilang, atau kedaluarsa, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000. Sedangkan jika penggantian kartu ATM BRI lama ke kartu ATM BRI chip tidak akan dikenakan biaya.

Kartu ATM BRI chip wajib dimiliki oleh nasabah BRI dengan tujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi serta terhindar dari tindak kejahatan skimming atau pembobolan saldo rekening tabungan.

Proses penggantian kartu ATM hanya bisa dilakukan oleh pemilik kartu ATM BRI sendiri, tidak dapat diwakilkan oleh siapapun. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan kartu ATM BRI milik nasabah oleh orang lain.

Disarankan untuk mengganti PIN kartu ATM BRI secara berkala untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pembobolan rekening. Rahasiakan PIN kartu ATM dan jangan mudah percaya apabila menerima panggilan telepon yang mengatasnamakan pihak Bank BRI yang meminta PIN kartu ATM.

Demikian penjelasan mengenai cara ganti kartu ATM BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah BRI yang ingin melakukan penggantian kartu ATM BRI.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo