Cara Daftar SMS Banking BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara daftar SMS Banking BRI? Bank BRI menyediakan berbagai layanan yang memberikan kemudahan bagi nasabahnya dalam melakukan transaksi. Salah satunya adalah layanan SMS Banking BRI.

Nasabah dapat menggunakan layanan SMS Banking BRI apabila telah mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran tersebut akan menghubungkan layanan SMS Banking dengan nomor handphone yang akan digunakan untuk mengirimkan kode transaksi melalui SMS.

Kelebihan SMS Banking BRI

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari layanan SMS Banking jika dibandingkan dengan layanan lainnya, seperti internet banking dan mobile banking BRI.

  • Layanan SMS Banking bisa digunakan melalui semua jenis dan tipe handphone.
  • Bisa digunakan kapan saja dan di mana saja tanpa memerlukan koneksi internet.
  • Cara bertransaksi sangat mudah, cukup dengan cara mengirimkan SMS.
  • Dapat diakses melalui aplikasi BRI Mobile yang tersedia untuk smartphone Android dan iOS.
  • Berbagai jenis transaksi didukung oleh SMS Banking BRI, seperti cek saldo, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain-lain.

SMS Banking BRI dapat digunakan untuk berbagai transaksi finansial. Jika ingin menggunakan layanan SMS Banking BRI, setelah mendaftar harus melakukan proses aktivasi di kantor cabang Bank BRI terdekat.

BACA JUGA: Saldo Minimal BRI

Cara Mendaftar Melalui Mesin ATM BRI

Nasabah yang ingin menggunakan layanan SMS Banking harus memiliki minimal 1 rekening giro atau tabungan BRI, yaitu BritAma, BritAma Junio, atau Simpedes. Selain itu juga harus memiliki kartu ATM BRI yang berstatus aktif yang digunakan untuk mendaftar layanan SMS Banking. Kemudian lakukan langkah berikut ini:

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat lalu masukkan kartu ATM dengan benar.
  2. Pilih Bahasa Indonesia.Pilih Bahasa Indonesia
  3. Masukkan 6 digit PIN dengan benar.Masukan Pin ATM BRI
  4. Pilih menu Transaksi Lain.Cara Pendaftaran Mobile Banking BRI di ATM
  5. Kemudian pilih Lainnya.Pilihan Jenis Transaksi
  6. Selanjutnya pilih Menu Registrasi.Registrasi Mobile Banking BRI di ATM
  7. Lalu pilih Mobile Banking.Mobile Banking
  8. Masukkann nomor handphone yang ingin digunakan saat bertransaksi menggunakan SMS Banking BRI. Lalu pilih Benar.Registrasi Mobile Banking BRI
  9. Buat kode PIN Mobile Banking BRI. Jangan gunakan tanggal lahir atau nomor yang mdah ditebak oleh orang lain. Lalu pilih Benar.PIN BRI Mobile
  10. Masukkan PIN yang telah dibuat tadi, lalu pilih Benar.Kemudian Pilih Benar
  11. Tunggu hingga pendaftaran selesai diproses dan mesin ATM mengeluarkan struk bukti pendaftaran telah berhasil.

Cara mendaftar melalui mesin ATM sangat mudah. Tetapi jika mendaftar melalui mesin ATM hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi non finansial saja, seperti cek saldo dan mutasi rekening. Supaya dapat digunakan untuk semua jenis transaksi, maka aktivasi harus diakukan melalui kantor cabang Bank BRI terdekat.

Cara Aktivasi SMS Banking BRI

Nasabah yang ingin melakukan aktivasi SMS Banking BRI bisa mengetahui lokasi kantor cabang Bank BRI melalui situs resmi bri.co.id/web/guest/lokasi. Proses aktivasi sangat mudah karena akan dibantu oleh petugas Customer Service hingga berhasil tanpa dipungut biaya atau gratis.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Jika pendaftaran dan aktivasi berhasil, SMS Banking dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial. Terdapat 2 cara untuk dipilih, yaitu melalui aplikasi BRI Mobile atau mengirimkan format SMS transaksi ke nomor 3300. Berikut ini adalah format SMS layanan SMS Banking BRI untuk bertransaksi.

Transfer ke sesama BRITRANSFER<spasi>BRI(rekeningtujuan) <spasi>NOMINAL<spasi>PIN
Transfer ke bank lainTRANSFER<spasi>KODEBANK+NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>PIN
Cek saldoSALDO<spasi>PIN
Membeli token PLNBELI<spasi>PLNPRE<spasi>ID.PLN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN
Mengisi pulsaPULSA<spasi>HP<spasi>NOMINAL<spasi>PIN

Setiap transaksi melalui SMS Banking BRI dikenakan biaya yang dipotong dari pulsa nasabah. Biaya tersebut maksimal sebesar Rp. 1.000, karena itu pastikan tersedia cukup pulsa jika ingin menggunakan layanan SMS Banking BRI untuk melakukan transaksi.

Jika nasabah menggunakan handphone jenis Android atau iOS, maka bisa juga menggunakan aplikasi BRI Mobile supaya lebih mudah. Karena pada aplikasi tersebut nasabah tinggal membuka menu Mobile Banking lalu memilih jenis transaksi SMS Banking yang ingin dilakukan.

Kemudian format SMS secara otomatis akan muncul untuk langsung dikirmkan tanpa harus mengetik terlebih dahulu. Aplikasi BRI Mobile dapat diunduh di PlayStore atau AppStore.

BACA JUGA: Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Demikian penjelasan mengenai cara daftar SMS Banking BRI. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar tutorial, tabungan, dan investasi.

Artikel Terkait

Kode Bank Danamon

Kripa Rani Dewi Dasi

Kripa Rani Dewi Dasi

close
Shopee Promo