Cara Transfer SMS Banking Mandiri

TutorBisnis.com – Bagaimana cara transfer SMS Banking Mandiri? SMS Banking merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh bank untuk mempermudah nasabahnya dalam melakukan transaksi.

Salah satu transaksi yang dapat dilakukan melalui SMS Banking adalah mengirimkan uang atau transfer. Nasabah Bank Mandiri juga dapat menikmati layanan SMS Banking yang disediakan oleh Bank Mandiri. Tetapi untuk bisa menggunakan layanan tersebut, nasabah harus mendaftar terlebih dahulu.

Cara Mendaftar dan Aktivasi SMS Banking Mandiri

Cara yang paling mudah adalah mendaftar SMS Banking Mandiri di petugas Customer Service Bank Mandiri. Nasabah wajib menyiapkan dokumen persyaratan sebelum mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan wajib dibawa adalah handphone yang tersedia cukup pulsa untuk mengirimkan SMS, KTP, dan buku tabungan Mandiri. Kemudian lakukan langkah berikut ini.

  1. Nasabah wajib melakukan pendaftaran mobile banking Mandiri terlebih dahulu untuk dapat mendaftar SMS Banking Mandiri.
  2. Datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.
  3. Ambil nomor antrian yang menuju Customer Service.
  4. Ketika nomor antrian sudah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keinginan untuk mendaftar SMS Banking.
  5. Ikuti panduan yang diberikan oleh petugas Customer Service.
  6. Isilah formulir pendaftaran dengan benar.
  7. Nasabah wajib memiliki nomor handphone yang aktif untuk dihubungkan dengan fitur SMS Banking Mandiri.
  8. Setelah seluruh syarat terpenuhi, maka nasabah akan mendapatkan PIN mobile banking.
  9. Petugas Customer Service akan mellakukan aktivasi dan meminta nasabah untuk memasang aplikasi Mandiri Mobile Banking dari PlayStore atau AppStore.

Jika sudah berhasil mendaftar SMS Banking Mandiri, maka nasabah dapat menggunakan layanan tersebut untuk melakukan transfer. Melalui SMS Banking Mandiri, nasabah dapat melakukan transfer ke rekening sesama Mandiri dan bank lainnya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Terblokir

Cara Transfer ke Rekening Sesama Mandiri

Cara transfer ke rekening sesama Mandiri bisa dilakukan melalui SMS Banking Mandiri. Tersedia cara manual dan cara memasukkan kode khusus. Simak penjelasan berikut ini.

1. Mandiri SMS *141*6#

Nasabah yang ingin menggunakan layanan SMS Banking Mandiri harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan mengaktifkan layanan Mandiri SMS *141*6# melalui mesin ATM Mandiri atau di kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Layanan tersebut hanya dapat digunakan di jaringan Telkomsel, Indosat, dan XL.

  1. Masuk ke fitur panggilan telepon lalu masukkan kode *141*6#.
  2. Pilih nomor 3 atau Transfer.
  3. Selanjutnya pilih nomor 2 atau Antar Rekening.
  4. Masukkan nomor rekening tujuan.
  5. Kemudian masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer.
  6. Setelah itu masukkan 2 digit PIN dengan urutan sesuai yang diminta melalui SMS yang dikirimkan ke nomor handphone tersebut.
  7. Lalu masukkan PIN dan akan ada notifikasi bahwa transfer telah berhasil.

2. Format SMS Banking

Cara lainnya adalah secara manual. Cara ini membutuhkan kode rekening, yaitu 1, yang artinya pilihan nomor rekening nasabah sendiri. Tetapi jika nasabah memiliki lebih dari 1 rekening Mandiri, gunakan kode berdasarkan rekening yang dipilih, rekening pertama dengan kode 1, rekening kedua dengan kode 2, dan seterusnya.

  1. Masuk ke fitur SMS yang tersedia di handphone.
  2. Ketik format SMS: TRT<spasi>KODEREKENING<spasi>REKENINGTUJUAN<spasi>NOMINAL
  3. Contoh: TRT 1 987654321 50000
  4. Kirim ke nomor 3355.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri Ke BRI

Cara Transfer ke Rekening Bank Lain

Untuk melakukan transfer ke rekening bank lain, dibutuhkan kode bank tujuan transfer supaya transaksi pengiriman uang dapat diproses. Berikut ini adalah cara transfer ke rekening bank lain melalui SMS Banking Mandiri.

  1. Masuk ke fitur SMS yang tersedia di handphone.
  2. Ketik format SMS: TRB<spasi>KODEREKENING<spasi>KODEBANK<spasi>REKENINGTUJUAN<spasi>NOMINAL
  3. Contoh: TRB 1 002 987654321 50000
  4. Kemudian kirim ke nomor 3355.
  5. Tunggu hingga muncul balasan SMS yang berisi data nama bank penerima transfer, nama pemilik rekening, dan jumlah uang yang ditransfer. Selain itu juga berisi PIN yang digunakan untuk melakukan proses transfer.
  6. Jika data tersebut sudah benar, balas SMS tersebut dengan format SMS: PIIN digit ke-3 atau ke-4 sesuai dengan perintah yang tertulis dalam SMS balasan tadi.
  7. Tunggulah hingga muncul balasan SMS yang berisi konfirmasi bahwa proses transfer telah berhasil.

Nasabah tidak perlu repot lagi untuk datang dan mengantri di gerai ATM Mandiri. Cukup lakukan transfer melalui nomor handphone yang terdaftar di SMS Banking Mandiri kapan saja dan di mana saja.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri ke BCA

Demikian penjelasan mengenai cara transfer SMS Banking Mandiri. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah Bank Mandiri yang ingin mencoba menggunakan layanan SMS Banking untuk transfer.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo