Pertanyaan Tentang Investasi Saham

TutorBisnis.com – Sebagai pemula atau calon investor di investasi saham, tentu memiliki beberapa pertanyaan tentang investasi saham. Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pemula mengenai investasi saham beserta informasi tentang cara jual beli saham.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu saham?

Saham yaitu bukti kepemilikan suatu perusahaan berupa klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Perusahaan yang sahamnya bisa dibeli di BEI disebut Perusahaan Tercatat. Saham adalah salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang. Membeli saham perusahaan artinya menjadi pemiliki perusahaan tersebut.

2. Apa itu 1 lot saham?

Lot adalah satuan pembelian saham. 1 lot saham = 100 lembar.

3. Apa keuntungan membeli saham?

Terdapat 2 keuntungan utama, yaitu memperoleh capital gain (keuntungan dari kenaikan harga) dan mendapatkan dividen (pembagian keuntungan perusahaan).

4. Apa resiko berinvestasi saham?

Terdapat 2 resiko utama yaitu Capital Loss atau kerugian atas penurunan harga, dan Resiko Likuidasi apabila perusahaan mengalami kebangkrutan.

5. Bagaimana cara jual beli saham?

Untuk membeli saham, investor wajib menyiapkan uang sejumlah harga saham dan membayar biaya transaksi untuk perusahaan sekuritas (fee broker). Sedangkan untuk menjual saham, jumlah uang yang diterima investor merupakan nilai sesuai harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan PPh.

6. Berapa biaya transaksi saham?

Biaya transaksi berbeda di masing-masing perusahaan sekuritas. Pada umumnya 0,2 – 0,3% dari nilai transaksi pembelian saham (sudah termasuk PPN) dan ditambah PPh 0,1% khusus untuk transaksi penjualan saham.

7. Bagaimana cara memulai investasi saham?

Investasi saham bisa dilakukan dengan cara membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Kemudian tentukan jumlah uang yang ingin disisihkan lalu pilih saham yang ingin diinvestasikan. Setelah rekening efek jadi, investor bisa menyetorkan uang secara rutin atau melalui fasilitas auto transfer dari rekening pribadi setiap periode yang sudah ditentukan. Selanjutnya lakukan pembelian saham secara rutin.

8. Apa saja syarat pembukaan rekening Efek di perusahaan sekuritas?

Dokumen persyaratan untuk pembukaan rekening efek adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan
  • Materai minimal 2 buah

9. Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan Sekuritas adalah perusahaan efek yang sudah mendapatkan ijin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan kegiatan sebagai perantara perdagangan efek (broker).

10. Apa perlindungan investor di Bursa Efek Indonesia (BEI)?

Demi meningkatkan keamanan berinvestasi di pasar modal Indonesia, maka setiap aset investor dilindungi dengan ppembentukan Dana Perliindungan Pemodal oleh Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF) yang diawasi oleh OJK.

11. Berapa pajak transaksi menjual saham?

0,1% dari nilai bruto transaksi penjualan saham.

12. Berapa pajak deviden?

10% dari penghasilan bruto (NPWP).

13. Bagaimana mekanisme perdagangan saham?

Pelaksanaan perdagangan Efek di Bursa menggunakan fasilitas JATS NEXT-G yang hanya bisa dilakukan oleh Anggota Bursa (AB) yang juga menjadi Anggota Kliring KPEI. Anggota Bursa Efek bertanggungjawab pada semua transaksi yang dilakukan di Bursa baik untuk kepentingan sendiri ataupun untuk kepentingan nasabah.

Investasi saham adalah instrumen investasi yang memberikan keuntungan terbaik dalam jangka waktu terbaik dan telah terbukti di berbagai pasar saham di seluruh dunia.

Cara Jual Beli Investasi Saham

Berikut ini cara jual beli saham berdasarkan pengalaman berinvestasi saham di aplikasi sekuritas.

1. Download Aplikasi

Download aplikasi jual beli saham dari salah satu perusahaan sekuritas agar bisa mulai berinvestasi saham.

2. Buka Akun

Buka akun dengan cara mengisi data dan memberikan dokumen persyaratannya. Keunggulan membuka akun melalui aplikasi yaitu prosesnya dilakukan secara online dan tidak perlu datang ke kantor cabang. Dokumen bisa diberikan dengan cara upload ke aplikasi.

3. Order Book Saham

Order Book memperlihatkan kondisi order saham dalam waktu tertentu. Informasi tersebut penting bagi investor yang ingin membeli dan menjual saham.

4. Membeli atau Menjual Saham

Caranya adalah dengan memasukkan kode, jumlah lot saham dan harga jual yang diinginkan. Pastikan uang telah disetor ke rekening saham yang dipilih.

5. Portofolio Saham

Aplikasi biasanya memberikan informasi tentang posisi saham yang dimiliki beserta harganya saat ini. nilai portofolio yang sedang untung atau rugi dapat diamati.

6. Posisi Cash

Posisi dan cash yang dimiliki dapat dilihat secara real time di aplikasi dan juga tersedia informasi mengenai limit transaksi yang tersedia.

7. Tarik Uang

Nasabah dapat menarik uang dari rekening saham ke rekening bank yang dimiliki.

8. Informasi dan Chart

Aplikasi saham memberikan informasi dan berita kepada nasabah secara gratis. Informasi tersebut berguna untuk mengamati kinerja saham.

Gerakan Yuk Nabung Saham

  1. Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) baru-baru ini mengkampanyekan gerakan “Yuk Nabung Saham” yang mengajak masyarakat sebagai calon investor agar berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin.

Tujuan dari gerakan ini adalah:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pasar modal Indonesia dan ketertarikan masyarakat pada investasi dengan mekanisme Nabung Saham.
  • Mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia yang awalnya menabung menjadi berinvestasi.

Cara berpartisipasi dalam gerakan Yuk Nabung Saham yaitu:

  • Membbuka rekening efek di perusahaan sekuritas.
  • Menentukan jumlah uang yang ingin disisihkan kemudian pilih saham yang ingin diinvestasikan.
  • Menyetorkan uang secara rutin, bisa menggunakan fasilitas auto transfer dari rekening pribadi setiap periode yang sudah ditentukan.
  • Melakukan pembelian saham secara rutin.

Semoga informasi yang kami bagikan tentang “Pertanyaan Tentang Investasi Saham” ini bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk kalian semua.

TutorBisnis.com akan selalu menyajikan informasi seputar keuangan, bisnis, dan investasi. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan untuk belajar investasi.

Artikel Terkait