Cara Transfer Mandiri ke BCA

Cara Transfer Mandiri ke BCA – Transfer dalam istilah perbankan merupakan suatu transaksi yang bertujuan untuk mengirimkan uang kepada orang lain melalui nomor rekening yang dimilikinya.

Kegiatan transfer bisa dilakukan antar rekening dari bank yang sama ataupun rekening berbeda bank. Transfer atau mengirimkan uang paling sering dilakukan untuk pembayaran belanja di online shop.

Umumnya online shop menyediakan beberapa jenis rekening bank untuk tujuan pembayaran. Terkadang pelanggan yang ingin melakukan pembayaran pada online shop memiliki rekening bank yang berbeda dengan rekening yang disediakan oleh online shop tersebut.

Sehingga proses pembayaran dilakukan dengan cara transfer ke rekening bank yang tidak sama dengan rekening yang dimiliki. Misalnya transfer dari rekening Mandiri yang dimiliki oleh pelanggan, ke rekening BCA yang disediakan oleh online shop untuk pembayaran.

Apabila belum mengetahui cara transfer ke rekening bank yang berbeda, pada artikel ini akan diberikan penjelasan mengenai cara transfer dari rekening Mandiri ke rekening BCA.

Kode Bank BCA

Sebelum mulai proses transfer, seharusnya ketahui lebih dulu kode bank BCA. Kode bank BCA adalah 014. Kode tersebut dimasukkan sebelum nomor rekening tujuan transfer. Pada mesin ATM tersedia menu untuk melihat daftar kode bank, sehingga jika lupa dengan kode bank BCA bisa melihatnya melalui fitur tersebut.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri Ke BRI

Cara Transfer Melalui ATM

Cara Transfer Mandiri ke BCA Lewat ATM

Ikuti langkah-langkah berikut ini yang terbilang mudah untuk dilakukan dalam mengirimkan uang dari rekening Mandiri ke rekening BCA melalui mesin ATM.

  1. Datanglah ke gerai ATM Mandiri terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM, lalu masukkan 6 digit PIN ATM dengan benar.
  3. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  4. Pilih menu Transfer, lalu pilih menu Antar Bank Online.
  5. Selanjutnya akan ada permintaan untuk memasukkan kode bank. Untuk mengetahui kode bank BCA, pilih menu Daftar Kode Bank. Kode bank BCA adalah 014. Setelah itu pilih menu Masukkan No. Rek.
  6. Masukkan kode tersebut dan lanjutkan dengan nomor rekening tujuan, lalu pilih Benar. Contoh: 0141234567890
  7. Setelah itu muncul permintaan untuk memasukkan nomor referensi transfer, kosongkan saja, tidak perlu diisi, kemudian pilih Benar.
  8. Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer, lalu pilih Benar.
  9. Kemudian akan ditampilkan laman konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan, jenis bank tujuan, nama pemilik rekening tujaun, dan jumlah uang yang akan ditransfer. Jika data tersebut sudah benar, maka pilih Benar.
  10. Mesin ATM akan mencetak struk bukti transfer, artinya trasaksi tersebut telah berhasil dilakukan.

Berikutnya perlu diketahui bahwa transaksi transfer dengan rekening tujuan yang berbeda bank, akan dikenakan biaya administrasi. Biaya tersebut akan memotong saldo tabungan pada rekening yang digunakan untuk transfer.

Biaya Transfer

Proses transfer antar bank yang berbeda, sebenarnya hampir sama dengan proses transfer ke bank yang sama. Bedanya hanya wajib memasukkan kode bank tujuan dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500 untuk setiap transaksi transfer ke rekening bank yang berbeda.

Maka sebelum melakukan transfer, pastikan jika saldo mencukupi untuk membayar biaya administrasi yang secara otomatis akan memotong saldo tabungan di rekening tersebut.

Cara Transfer dari Rekening Mandiri ke BCA Melalui Mandiri Online

Transaksi pengiriman uang juga dapat dilakukan selain melalui ATM Mandiri, yaitu dengan menggunakan aplikasi Mandiri Online. Supaya bisa menggunakan aplikasi tersebut, nasabah terlebih dahulu harus mendaftarkan nomor handphone yang dihubungkan dengan akun Mandiri Online.

Kunjungi kantor cabang bank Mandiri terdekat untuk mendaftarkannya. Jika sudah terdaftar dan akun Mandiri Online yang dimiliki sudah aktif, maka nasabah dapat melakukan transaksi transfer ke BCA dengan cara berikut ini.

  1. Download aplikasi Mandiri Online terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
  2. Setelah aplikasi tersebut terpasang di smartphone, masuk ke aplikasi tersebut. Selanjutnya pilih menu Transfer.
  3. Pilih menu Ke Bank Lain Dalam Negeri.
  4. Lalu pilih Rekening Tujuan.
  5. Selanjutnya pilih Nama Bank, lalu masukkan Bank BCA.
  6. Setelah itu masukkan nomor rekening tujuan.
  7. Kemudian masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer, lalu klik Lanjut.
  8. Akan ditampilkan konfirmasi transaksi yang berisi nama pemilik rekening tujuan, jumlah transfer, dan lain-lain.
  9. Periksa informasi yang diitampilkan tersebut, jika sudah benar dan sesuai, maka klik Kirim.
  10. Masukkan kode mPIN dari akun Mandiri Online tersebut dengan benar.

Transfer dari rekening Mandiri ke BCA melalui aplikasi Mandiri Online juga dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500.

Demikian informasi mengenai cara transfer dari rekening Mandiri ke rekening BCA. Cara yang mudah, apalagi jika sudah mengetahui kode bank BCA, yaitu 014. Sehingga proses transfer lebih cepat untuk dilakukan, tinggal memasukkan saja pada kolom yang telah disediakan tanpa harus melihat lagi daftar kode bank.

Semoga informasi tentang cara transfer Mandiri ke BCA dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah bank Mandiri. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan dan investasi.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo