Produk Pinjaman BRI

TutorBisnis.com – Produk pinjaman BRI adalah layanan pembiayaan yang ditawarkan oleh BRI untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya. Tersedia beberapa jenis produk pinjaman yang disediakan oleh BRI.

Jenis Produk Pinjaman BRI

Sebelum menggunakan layanan produk pinjaman BRI, pastikan untuk sudah memperhitungkan kemampuan untuk melunasi produk pinjaman yang diajukan supaya tidak memberatkan pada masa yang akan datang.

Jangan sampai karena perhitungan yang kurang tepat menyebabkan terlilit hutang sehingga mengorbankan kepentingan keuangan lainnya. berikut ini adalah beberapa jenis produk pinjaman dari BRI.

1. BRI KPR

BRI KPR addalah jenis pinjaman komersial BRI yang digunakan untuk pembelian properti, seperti rumah, unit apartemen, dan lain-lain. Uang muka yang harus dibayarkan adalah minimal sebesar 10%. Pilihan jangka waktu paling lama adalah selama 20 tahun. Produk ini dapat digunakan untuk membeli properti, bangunan bekas, keperluan renovasi, hingga pembangunan rumah baru.

2. KPRS BRI

KPRS BRI adalah jenis pinjaman yang digunakan untuk kepemilikan rumah subsidi. Produk ini ditujukan hanya kepada calon penerima yang termasuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah, yaitu kurang dari Rp. 4 juta per bulan.

Besar bunganya adalah 5% hingga jangka waktu berakhir. Tidak hanya memberikan bunga tetap, produk ini juga bebas dari biaya PPN dan biaya cicilan per bulan. Syarat yang harus dipenuhi adalah rumah akan dijual ke pengembang rekanan BRI dalam keadaan ready stock termasuk dari PDAM, jalan, listrik, dan drainase.

BACA JUGA: Cara Cek Angsuran KUR BRI

3. KKB Mobil

KKB BRI adalah produk pinjaman yang difungsikan untuk pembelian kendaraan bermotor yang dapat disesuaikan untuk membeli mobil baru atau bekas. Keunggulannya adalah bebas biaya provisi.

Uang muka yang harus dibayarkan biasanya sebesar 25%. Tidak ada batasan dalam memilih tipe dan merk mobil yang diinginkan melalui KKB BRI. Syarat pengajuannya adalah WNI berusia minimal 21 tahun dan sudah menikah, mengisi formulir pengajuan pinjaman, dan membuka rekening BRItama.

4. KKB BRI Financing

KKB Refinancing adalah jenis pinjaman dalam penyediaan dana cepat dengan jaminan kendaraan bermotor yang dimiliki. Produk ini bebas biaya provisi tanpa syarat khusus sehingga pengajuannya sangat mudah.

Keunggulannya adalah bunganya lebih rendah dibandingkan KTA dan plafon pinjaman juga relatif besar dibandingkan KTA karena patokan minimalnya adalah harga dari kendaraan yang dijaminkan. Syaratnya adalah mengisi formulir pengajuan pinjaman, membuka rekening BRItama, dan tempat tinggal berada satu kota dengan kantor cabang BRI.

5. Briguna Karya

Briguna Karya adalah jenis pinjaman BRI yang ditawarkan tanpa jaminan seperti KTA. Sumber pembayarannya berasal dari sumber pendapatan tetap  (fixed income). Jumlah plafon dihitung sejak penghasilan diterima oleh peminjam per bulan sekitar 12 – 60 bulan.

Briguna Karya dapat digunakan untuk kepentingan pembiayaan berbagai keperluan, dari produktif hingga konsumtif. Syarat pengajuannya addalah KTP, KK, NPWP, SK Pengangkatan Pertama dan Terakhir, serta slip gaji dan fotokopi buku tabungan BRI.

6. BRI Kupedes

BRI Kupedes adalah produk pinjaman musiman BRI karena sistem pembayarannya yang dilakukan secara musiman. Fasiliitas pilihan pengambilan kredit akan disesuaikan dengan kemampuan, yaitu dapat dicicil maksimal 60 bulan atau diangsur sesuai dengan kemampuan dari peminjam.

BRI Kupedes merupakan program Kredit Tanpa Agunan yang ditawarkan oleh BRI khususnya bagi masyarakat menegah ke bawah terutama pada sektor pertanian. Angsuran musiman ini harus disetujui oleh pihak bank dan peminjam, contohnya dilunasi ketika masa panen tiba.

7. BRI Ceria

BRI Ceria adalah pinjaman online yang merupakan produk baru dari BRI dan pengajuannya dilakukan secara online. Produk ini dikelola langsung oleh BRI, yang bisa dimanfaatkan saat berbelanja di Tokopedia, Dinomarket, Panorama JTB, dan e-commerce lainnya.

Namun diharuskan memiliki rekening BRI yang telah aktif selama 6 bulan sebelum mengajukan pinjaman ke BRI Ceria. Nominal pinjaman yang bisa diajukan berkisar dari Rp. 500.000 hingga Rp. 20 juta dengan tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Syarat pengajuan BRI Ceria:

  • Memiliki KTP.
  • Telah menjadi nasabah BRI minimal 6 bulan.
  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Memiliki smartphone Android minimal OS Kitkat 4.0.
  • Berpenghasilan minimal Rp. 3 juta.

Terdapat berbagai jenis pinjaman yang disediakan oleh BRI yang dapat diajukan oleh nasabah BRI sesuai dengan kebutuhannya dengan memenuhi persyaratannya terlebih dahulu supaya lebih mudah disetujui.

Demikian informasi tentang produk pinjaman BRI. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari layanan pinjaman dari BRI khususnya yang telah menjadi nasabah di BRI.

Saat ini masih menjadi mahasiswi Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Indonesia. Sedang mendalami materi tentang entitas berdasarkan performa keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, akuntansi manajerial, dll.
close
Shopee Promo