Kode Bank BCA Ke Mandiri

TutorBisnis.com – Apa saja kode bank BCA ke Mandiri yang digunakan saat ini? Kegiatan transaksi perbankan selain menabung yang sering dilakukan oleh nasabah adalah transfer atau mengirimkan uang.

Transfer dapat dilakukan ke nomor rekening dari bank yang sama ataupun bank yang berbeda. Perbedaannya adalah pada transfer beda bank, seperti dari rekening BCA ke Mandiri, membutuhkan kode bank Mandiri dalam proses transaksinya.

Kode Bank Mandiri

Kode bank dalam proses transfer berfungsi supaya transaksi dapat diproses oleh sistem bank. Kode bank dapat dilihat melalui menu Daftar Kode Bank  ketika melakukan transaksi di gerai ATM. Tetapi cara tersebut kurang efisien karena harus mencari kode Mandiri di antara sekian banyaknya daftar kode bank di Indonesia.

Karena itu sebaiknya ketahui kode bank tujuan transfer sebelum bertransaksi sehingga proses transaksi berjalan dengan lebih cepat. Kode bank Mandiri adalah 008.

Masukkan kode tersebut ketika melakukan transfer dari rekening BCA ke Mandiri melalui mesin ATM. Sedangkan transfer melalui M-Banking tidak membutuhkan kode bank karena kode bank akan diinput secara otomatis oleh sistem.

BACA JUGA: Cara Mengatasi m-BCA Tidak Bisa Login

Cara Transfer

Transfer dari rekening BCA ke Mandiri dapat dilakukan melalui gerai ATM BCA terdekat dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Datanglah ke gerai ATM BCA terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM di slot kartu dengan benar sesuai yang ditunjukkan pada stiker yang tertempel di dekat slot kartu.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan PIN ATM dengan benar. Karena jika salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali berturut-turut, kartu ATM secara otomatis akan diblokir oleh sistem.
  5. Pada layar monitor akan ditampilkan beberapa pilihan transaksi. Pilih Transaksi Lainnya, lalu pilih Transfer.
  6. Selanjutnya pilih Ke Rek. Bank Lain.
  7. Setelah itu masukkan kode bank Mandiri (008) lalu pilih Benar.
  8. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer ke rekening Mandiri. Lalu pilih Benar.
  9. Kemudian masukkan nomor rekening tujuan, lalu pilih Benar.
  10. Pada layar monitor akan ditampilkan data transfer, seperti kode bank tujuan, nama bank tujuan, nomor rekening tujuan, nama pemilik rekening tujuan, dan jumlah uang yang ingin ditransfer. Periksa kembali, jika sudah sesuai, pilih Benar.
  11. Tunggulah mesin ATM memproses transaksi tersebut.
  12. Apabila transaksi sudah berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer sudah berhasil dilakukan.
  13. Pada layar monitor akan menampilkan pilihan,”Apakah Anda ingin melakukan transaksi lain?”. Pilih Tidak dan jangan lupa untuk mengambil kartu ATM supaya tidak tertelan di mesin ATM.

Biaya Transfer

Transaksi pengiriman uang atau transfer yang dilakukan ke bank yang berbeda, seperti dari BCA ke Mandiri, dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500 dan berlaku bagi transfer melalui ATM dan M-Banking.

BACA JUGA: Cara Transfer BNI Ke BCA

Sekian informasi mengenai kode bank BCA ke Mandiri. Semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah Bank BCA. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Artikel Terkait