Reksadana Online

TutorBisnis.com – Perkembangan cara membeli Reksadana online semakin bagus seiring dengan pertumbuhan agen penjual Reksadana. Terdapat banyak perubahan inovasi investasi Reksadana, dalam hal cara, mekanisme, biaya, pemain, dan penawaran ke investor. Berikut ini merupakan daftar aplikasi investasi Reksadana online.

1. Mandiri MOST

Mandiri MOST

MOST adalah fasilitas Reksadana online dari bank Mandiri, yang merupakan singkatan dari Mandiri Sekuritas Online Trading dan dapat diakses di https://www.most.co.id/.

Mendaftar Reksadana online di MOST yang dimiliki oleh Mandiri Sekuritas, maka dapat berinvestasi di saham, obligasi, dan reksadana. Bebas biaya layanan data feed dan informasi pasar modal. Juga hak untuk memperoleh penjatahan ketika berlangsungnya IPO.

Ada 34 jenis Reksadana yang dapat dibeli di Mandiri Sekuritas melalui MOST. Manajer Investasi tidak hanya dari Mandiri Investasi saja, namun juga datang dari berbagai institusi. Terdapat Reksadana dengan tipe konvensional dan Syariah dengan jenis instrumen saham, pendapatan tetap, campuran, dan pasar uang.

MOST juga menyediakan aplikasi mobile berupa aplikasi smartphone ataupun tablet dengan sistem operaasi Android dan iOS. Sehingga transaksi efek dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Salah satu fitur menarik yang tersedia di MOST yaitu hasil riset pasar yang dilakukan oleh analis Mandiri Sekuritas. Analis dan informasi pasar seperti ini jarang tersedia di platform Reksadana online lainnya, sehingga hanya bisa diakses dan dibaca oleh nasabah MOST.

Investor saham dapat memanfaatkan Reksadana untuk dikombinasikan dengan trading saham. Jika ada dana yang menganggur karena tidak menemukan saham yang bagus, dana dapat ditempatkan dulu di Reksadana Pasar Uang. Karena sifatnya yang cukup likuid maka ketika dibutuhkan dapat ditarik dengan cepat.

Berada dalam 1 platform, Reksadana dan saham, maka proses perpindahan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Mandiri Sekuritas Call Centre: Care Center 1500 178; Menara Mandiri I, 2-25th floor. Telp. (021) 526 3445. Fax (021) 526 3445.

2. Bareksa

Bareksa

Bareksa merupakan suatu marketplace Reksadana online yang telah memiliki ijin resmi OJK. Bareksa menyediakan marketplace Reksadana yang menjual ratusan produk Reksadana dari berbagai perusahaan Manajer Investasi.

Transaksi pembelian atau penjualan Reksadana dapat dilakukan secara online melalui smartphone atau tablet. Sehingga tak perlu repot-repot pergi ke kantor bank. Bareksa menyediakan aplikasi yang dapat diunduh di Playstore.

Pada aplikasi tersebut dapat mencari Reksadana terbaik dengan mengamati dan menganalisa informasi produk Reksadana yang tersedia dalam aplikasi. Pergerakan harga, return imbal hasil ataupun profil mengenai Manajer Investasi yang mengelola Reksadana tersebut.

Selain itu juga bisa melakukan simulasi produk Reksadana sehingga menambah kepercayaan calon investor pada produk yang akan dibeli. Dalam fitur pembelian akan ditunjukkan Reksadana terbaik yang memiliki imbal hasil terbaik dalam setahun. Sehingga memilih produk Reksadana yang dijual di Bareksa menjadi lebih mudah.

Jika ingin melihat semua produk, terdapat menu filter dan sorting yang menambah kenyamanan saat memilih Reksadana. Investor juga bisa memantau pergerakan nilai investasi dan keuntungan Reksadana di menu portofolio. Sehingga penjualan dapat dilakukan dengan mudah ketika sedang membutuhkan dana atau ingin pindah ke produk reksadana lainnya.

Bareksa Call Center: 021-7179070 atau WhatsApp 0812 2345 4552

BACA JUGA: Pengertian Reksadana

3. Ajaib

Ajaib

Ajaib merupakan agen Reksadana yang menyediakan aplikasi sebagai media dalam melakukan investasi Reksadana online. Aplikasi Ajaib dapat diunduh di Playstore. PT. Takjub Teknologi Indonesia (Ajaib) bertindak sebagai Agen Penjual Efek Reksadana yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Cara investasi Reksadana online di Ajaib berbeda dengan yang sudah ada di pasaran. Jika umumnya calon investor menentukan sendiri Reksadana yang ingin dibeli, maka di Ajaib calon investor mendapatkan rekomendasi Reksadana yang sesuai profil calon investor tersebut.

Ketika melakukan registrasi, ajaib mengajukan 6 pertanyaan yang akan menentukan keranjang investasi yang cocok untuk calon investor tersebut. Dari jawaban yang diperoleh, Ajaib menyusun rekomendasi jenis Reksadana yang sebaiknya dipilh dengan rekomendasi portofolio berupa persentase Reksadana Pasar Uang, persentase Saham, dan persentase Pendapatan Tetap.

Dari komposisi yang direkomendasikan oleh Ajaib, investor dapat melakukan pembelian melalui Ajaib yang mana telah memiliki ijin sebagai agen Reksadana. Jumlah minimal investasi di Ajaib sebesar Rp. 400.000 dan tidak ada waktu minimal yang ditentukan dalam berinvestasi. Penarikan bisa dilakukan kapan saja setelah diinvestasikan.

Ajaib Call Center: 0819 3814 7743 (WhatsApp)

4. Bibit

Bibit

Bibit merupakan sebuah aplikasi Reksadana online yang membantu calon investor memilih Reksadana terbaik sehingga dapat langsung mulai melakukan investasi Reksadana.

Bibit Tumbuh Bersama berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksadana yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Aplikasi Bibit dapat diunduh di Playstore. Ketika melakukan pendaftaran di aplikasi akan ditanyakan umur, penghasilan, level resiko, dan target tujuan hidup investor.

Jawaban pertanyaan tersebut akan diolah untuk menentukan rekomendasi portofolio investasi Reksadana terbaik. Setelah rekomendasi didapatkan maka investasi dapat dilakukan secara online di aplikasi Bibit dengan keunggulan berikut ini:

  • Gratis biaya komisi, karena seluruh pembelian di Bibit tidak dipotong biaya transaksi. Sehingga keuntungan bisa lebih tinggi. Bibit dibayar oleh Manajer Investasi.
  • Investasi mulai dari Rp. 10.000 yang menjangkau semua kalangan.
  • Reksadana bisa dicairkan kapanpun tanpa penalti.

Bibit Call Center: 0878 77666 000 (WhatsApp)

5. Tokopedia Reksadana

Tokopedia Reksadana

Reksadana juga tersedia di Tokopedia yang merupakan sebuah e-commerce besar di Indonesia. Tokopedia berperan sebagai kanal penjualan online yang bekerja sama dengan Bareksa selaku pemegang ijin agen Reksadana. Pembelian Reksadana dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia secara online.

Sekarang Tokopedia menjual hanya satu jenis Reksadana, yaitu Reksadana Pasar Uang dari satu Manajer Investasi. Berinvestasi Reksadana online di Tokopedia mulai dari Rp. 10.000 saja.

BACA JUGA: Cara Memilih Reksadana

Cara Investasi Reksadana Online

Membeli Reksadana secara online dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

Pertama: Melakukan investasi melalui supermarket Reksadana, seperti Bareksa, Indopremier, dan portal Reksadana lainnya. Kelebihan investasi melalui platform supermarket Reksadana adalah tersedianya banyak pilihan jenis Reksadana dari berbagai Manajer Investasi. Selain itu dapat membandingkan kinerjanya untuk menemukan Reksadana terbaik.

Tetapi dalam pemilihan jenis dan komposisi portofolio investasi Reksadana ditentukan oleh investor sendiri sebab pihak supermarket Reksadana tidak membuat rekomendasi portofolio. Investor harus memahami profill resiko yang dimiliki supaya dapat membangun portofolio investasi yang tepat dan membeli Reksadana yang sesuai.

Kedua: Melakukan investasi Rekasadana melalui aplikasi yang dibuat oleh Robo Advisor, seperti Bibit dan Ajaib, yang membuatkan rekomendasi portofolio Reksadana secara gratis sesuai profil investor.

Sehingga investor tidak lagi pusing memikirkan komposisi portofolio Reksadana terbaik yang perlu dibeli. Karena aplikasi Reksadana Robo Advisor telah menyediakannya. Berikut ini adalah contoh dari rekomendasi portofolio yang disajikan oleh Robo Advisor Bibit:

Cara Investasi Reksadana Online

Akan tetapi, kelemahan Robo Advisor dibandingkan supermarket Reksadana adalah pilihan jenis Reksadana di Robo Advisor tidak sebanyak dan selengkap pada supermarket Reksadana.

Platform online tadi merupakan pilihan yang bagus untuk berinvestasi Reksadana secara online.  Karena platform tersebut dapat membantu dan memicu masyarakat untuk mulai berinvestasi di Reksadana sedini mungkin agar tujuan keuangan dapat terwujud.

Dapatkan berbagai informasi di TutorBisnis.com seputar keuangan, bisnis, dan investasi. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca saat mencari platform Reksadana online untuk berinvestasi.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo