Denda Kredivo

TutorBisnis.com – Kredivo menjadi sebuah solusi kredit instan di Insonesia yang bertujuan mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya melalui sebuah aplikasi. Pengguna Kredivo bisa menggunakan sistem Beli Sekarang dan Bayar Nanti dalam 30 hari ke depan.

Kredivo memberikan pilihan jangka waktu atau tenor cicilan, yaitu 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan bunga 2,6% per bulan. Pengguna Kredivo bisa mengajukan kredit dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat tanpa membutuhkan kartu kredit.

Namun perlu diingat bahwa pengguna Kredivo wajib memperhatikan pembayaran cicilan Kredivo setiap bulan. Pembayaran cicilan dilakukan sebelum jatuh tempo supaya tidak mengalami keterlambatan membayar cicilan. Karena pengguna Kredivo akan dikenakan denda Kredivo apabila terlambat membayar cicilan.

Denda Kredivo

Denda Kredivo

Ketika pengguna layanan kredit di aplikasi Kredivo terlambat saat melakukan pembayaran cicilan, maka pengguna tersebut akan dikenakan denda keterlambatan. Selain denda, juga dikenakan bunga keterlambatan. Berikut ini adalah rincian denda  Kredivo bagi penggguna yang terlambat membayar cicilan:

  • Bunga keterlambatan: 4% per 30 hari
  • Denda keterlambatan: 6% per 30%

Besar denda dihitung berdasarkan jumlah tagihan yang melewati tanggal jatuh tempo. Semakin lama keterlambatan pembayaran cicilan, maka dendanya akan semakin besar. Ditambah lagi dengan bunga keterlambatan yang akan memberatkan jumlah tagihan yang wajib dibayarkan.

Bunga Kredivo

Bunga Kredivo

Bunga cicilan yang harus dibayarkan oleh pengguna Kredivo dihitung berdasarkan tenor cicilan yang dipilih. Berikut ini adalah ketentuan bunga cicilan di aplikasi Kredivo:

  • Tenor 30 hari tidak akan dikenakan bunga, tetapi akan dikenakan biaya layanan sebesar 1% dari total transaksi.
  • Tenor 3, 6, dan 12 bulan akan dikenakan bunga sebesar 2,6%.

Perlu diketahui bahwa besar bunga Kredivo dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Kredivo. Di samping itu, bagi pengguna Kredivo yang terlambat membayar cicilan juga terdapat bunga keterlambatan sebesar 4% per 30 hari.

Baca juga:

Resiko Jika Tidak Membayar Cicilan Kredivo

Resiko Jika Tidak Membayar Cicilan Kredivo

Cicilan Kredivo sebaiknya dibayarkan sebelum tangal jatuh tempo, yaitu 30 hari setelah melakukan transaksi,supaya terhindar dari denda dan bunga keterlambatan. Pengguna Kredivo yang terlambat membayar cicilan akan diblokir hingga melunasi semua tagihan.

Peringatan dari pihak Kredivo akan terus diberikan kepada pengguna yang tidak membayar cicilan setelah tanggal jatuh tempo. Jika cicilan belum juga dibayar, maka pihak Kredivo berhak melakukan penagihan dengan menggunakan jasa debt collector atau pihak ketiga untuk menagih hutang.

Penagihan oleh debt collector dilakukan melalui kontak darurat yang didaftarkan ketika mengajukan pembiayaan. Pihak Kredivo juga berhak menempuh tindakan hukum berdasarkan perjanjian pinjaman yang telah ditandatangani oleh debitur.

Resiko jika tidak membayar cicilan Kredivo dapat berbuntut panjang. Jika telah masuk ke jalur hukum, secara otomatis pengguna tersebut akan masuk ke dalam daftar hitam atau blacklist SLIK OJK atau BI Checking.

Tips Menghindari Denda Kredivo

Tips Menghindari Denda Kredivo

Sebaiknya pengguna Kredivo menghindari resiko dan denda akibat terlambat membayar cicilan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari denda Kredivo.

1. Pilih Tenor Cicilan Sesuai Kemampuan

Kredivo memberikan tenor atau jangka waktu pinjaman yang beragam, yatu 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Semakin lama tenor yang dipilih, maka semakin besar bunga yang harus dibayarkan setiap bulan beserta cicilan.

Supaya terhindar dari keterlambatan pembayaran cicilan, sebaiknya pilih tenor sesuai kemampuan atau kondisi keuangan untuk bulan selanjutnya. semakin pendek pemilihan tenor, maka jumlah tagihan akan semakin sedikit.

2. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Jika ingin terhindar dari keterlambatan pembayaran cicilan, maka bayarlah cicilan secara tepat waktu atau lebih baik sebelum tanggal jatuh tempo. Karena itu, perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan Kredivo.

Penting untuk diketahui bahwa ketika pengguna terlambat melakukan pembayaran, maka riwayat kredit akan menjadi catatan buruk yang mengakibatkan pengguna tersebut masuk ke dalam blacklist SLIK OJK.

3. Atur Keuangan

Tips lainnya adalah sebaiknya pengguna mengatur keuangan miliknya, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran termasuk pengeluaran untuk pembayaran tagihan Kredivo. Sehingga kemungkinan kecil terlambat membayar cicilan Kredivo karena semua uang yang dimiliki telah diatur khususnya untuk pembayaran Kredivo.

Demikian penjelasan mengenai denda Kredivo. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk menggunakan layanan pinjaman online Kredivo.

Artikel Terkait