Cara Menggunakan Kredivo di Shopee

TutorBisnis.com – Bagaimana cara menggunakan Kredivo di Shopee? Masyarakat Indonesia sekarang ini sudah terbiasa berbelanja secara online melalui berbagai aplikasi e-commerce, salah satunya adalah Shopee.

Selain itu, juga tersedia metode pembayaran secara kredit di Shopee sehingga banyak yang tertarik untuk berbelanja secara online. Terdapat 2 metode pembayaran secara kredit, yaitu menggunakan kartu kredit dan tanpa kartu kredit.

Metode pembayaran secara kredit tanpa kartu kredit bisa memilih metode pembayaran Kredivo. Pengguna Shopee yang memilih metode pembayaran dengan Kredivo, maka akan mendapatkan kemudahan saat membayar cicilan dengan jangka waktu cicilan 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Cara Mendaftar Kredivo

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengguna Shopee dapat menggunakan Kredivo untuk berbelanja di aplikasi Shopee. Metode pembayaran dengan Kredivo hanya berlaku bagi pengguna Shopee yang tinggal di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Yogyakarta, Malang, Solo, Makassar, Sukabumi, dan Cirebon.

Kredivo dapat digunakan oleh Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dengan penghasilan tetap minimal sebesar Rp. 3.000.000 per bulan. Jika telah memenuhi persyaratan tersebut, bisa membuat akun Kredivo dengan cara melakukan pendaftaran pada aplikasi Kredivo yang terpasang di smartphone.

Setelah memiliki akun Kredivo, maka pengguna Kredivo dapat melakukan pengajuan limit kredit yang dapat digunakan untuk pembayaran tagihan di aplikasi Shopee. Lakukan langkah berikut ini untuk melakukan pendaftaran di aplikasi Kredivo:

  1. Unduh aplikasi Kredivo di PlayStore atau AppStore.
  2. Setelah terpasang di smartphone, buka aplikasi Kredivo lalu pilih menu Mulai.
  3. Pilih menu Daftar Kredivo lalu pilih Setuju.
  4. Pilih jenis akun Kredivo yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu akun basic dengan limit Rp. 3.000.000 atau akun premium dengan limit Rp. 30.000.000 (dengan NPWP).
  5. Pendaftaran akun basic wajib memenuhi persyaratan berupa KTP, berpenghasilan minimal Rp. 3.000.000 per bulan, dan tinggal di Indonesia. Lalu pilih Lanjutkan.
  6. Ijinkan aplikasi Kredivo mengakses lokasi perangkat atau smartphone yang digunakan.
  7. Isilah kolom informasi pribadi dengan data yang benar dan lengkap.
  8. Isilah informasi pekerjaan dengan benar dan sesuai.
  9. Tulis alamat sesuai yang tertera di KTP, lalu pilih Kirim.
  10. Buat foto KTP dengan tulisan data pada KTP terlihat jelas dan foto Masukkan akun Shopee pada kolom yang tersedia.
  11. Beri centang pada semua persyaratan dan persetujuan penggunaan Kredivo.
  12. Jika sudah diisi semua, pilih Kirim.
  13. Tunggu verifikasi oleh pihak Kredivo.
  14. Setelah disetujui akan muncul SMS atau email pemberitahuan bahwa akun Kredivo telah dibuat dan mendapatkan limit kredit.

Bunga Cicilan

Kredivo menyediakan fasilitas pembayaran 30 hari tanpa bunga. Tersedia juga  fasilitas cicilan 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan bunga sebesar 2,95% tiap bulan.

Selain itu, menggunakan limit kredit Kredivo juga akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1,5% dari nilai transaksi yang juga berlaku pada metode Bayar dalam 30 hari dengan maksimal transaksi sebesar Rp. 3.000.000 dengan bunga 0%.

Cara Menggunakan Kredivo di Shopee

Tutorial Cara Menggunakan Kredivo di Shopee

Setelah pendaftaran akun Kredivo berhasil dan pengajuan limit kredit sudah disetujui, maka limit kredit tersebut dapat digunakan untuk berbelanja di Shopee dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone.
  2. Cari barang yang diinginkan, kemudian saat melakukan Checkout, pilih metode pembayaran Kredivo. Atur jangka waktu pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan tiap bulan. Lalu klik Konfirmasi.
  3. Secara otomatis akan beralih ke laman Periksa kembali detail barang yang dipesan, jika sudah benar, klik Buat Pesanan. Selanjutnya akan diarahkan ke metode pembayaran menggunakan Kredivo. Baca ketentuan yang berlaku, lalu klik Bayar.
  4. Kemudian akan ditampilkan rincian belanja. Di bagian bawah terdapat pilihan Login dan Daftar. Karena sudah melakukan pendaftaran akun Kredivo, masukkan nomor handphone dan PIN akun Kredivo, lalu klik Login.
  5. Setelah itu akan muncul kode OTP yang dikirimkan melalui SMS pada nomor handphone yang didaftarkan. Masukkan kode tersebut pada kolom yang disediakan, lalu klik Konfirmasi OTP.
  6. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa pembayaran sudah berhasil, klik OK.
  7. Kembali ke aplikasi Shopee dan periksa status barang yang dibeli berubah menjadi Dikemas.
  8. Tunggu paket pesanan sampai di alamat tujuan dan ingatlah untuk membayar cicilan tiap bulan hingga jangka waktu berakhir.

Berbelanja di Shopee menggunakan metode pembayaran Kredivo dapat dilakukan jika tersedia limit kredit yang mencukupi. Jika telah membayar dengan metode tersebut, maka secara otomatis limit kredit akan terpotong sesuai nilai transaksi yang dilakukan dan biaya penanganan.

Kemudian pengguna Kredivo dapat melihat rincian dan status cicilan di aplikasi Kredivo. Setiap bulan pengguna Kredivo wajib membayar cicilan secara tepat waktu. Jika terlambat membayar cicilan, akan dikenakan bunga keterlambatan sebesar 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan sebesar 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Pembayaran menggunakan Kredivo minimal sebesar Rp. 1.000.000 dan maksimal sebesar Rp. 30.000.000. Kredivo telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga menggunakan layanan pembiayaan dari Kredivo dijamin aman.

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan Kredivo di Shopee. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk menggunakan metode pembayaran secara kredit dengan Kredivo.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo