Cara Buka Blokir ATM BCA

TutorBisnis.com – Bagaimana cara buka blokir ATM BCA? Penggunna kartu ATM mendapatkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi, seperti setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran, dan investasi.

Kartu ATM yang digunakan untuk bertransaksi akan dilengkapi dengan PIN rahasia yang terdiri 6 digit angka. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Namun bisa saja pengguna kartu ATM melakukan kecerobohan saat bertransaksi menggunakan kartu ATM. Sehingga kartu ATM tersebut terblokir otomatis oleh sistem. Karena itu, semua transaksi menggunakan kartu ATM tidak dapat dilakukan di mesin ATM atau EDC.

Hal tersebut dapat diatasi dengan cara mengaktifkan lagi kartu ATM yang terblokir. Kemudian bagaimana cara untuk membuka kartu ATM BCA yang terblokir? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuka Blokir Tanpa Ke Bank

Biasanya penyebab utama terblokirnya kartu ATM adalah pengguna salah memasukkan PIN ATM. Untuk mengatasinya, nasabah dapat mencoba cara membuka blokir kartu ATM BCA tanpa ke bank, yaitu dengan cara menghubungi Call Center BCA (Halo BCA).

Tetapi cara ini bisa dilakukan jika nasabah BCA masih ingat dengan PIN dari kartu ATM yang terblokir. Petugas Call Center akan melakukan reset PIN ATM sehingga membuka blokir kartu ATM tersebut dan dapat digunakan kembali.

Pastikan nasabah memiliki cukup pulsa saat menghubungi Halo BCA. Karena panggilan tersebut akan dikenakan biaya sesuai tarif yang ditentukan oleh provider selular yang digunakan. Siapkan juga kartu ATM, buku rekening, dan KTP untuk menjawab pertanyaan petugas Call Center BCA, lalu ikuti langkah berikut ini.

  1. Lakukan panggilan ke nomor Call Center BCA di nomor 1500888.
  2. Tunggu hingga petugas Call Center BCA menerima panggilan tersebut.
  3. Sampaikan maksud untuk membuka blokir kartu ATM BCA.
  4. Petugas Call Center akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang data diri nasabah dan buku tabungan untuk verifikasi data. Petugas menanyakan nomor rekening, nama lengkap, alamat sesuai di KTP, nomor kartu ATM BCA, jumlah salddo terakhir, kapan transaksi terakhir dilakukan, dan lokasi melakukan transaksi terakhir.
  5. Kemudian akan ditanyakan juga penyebab kartu ATM BCA tersebut terblokir.
  6. Setelah semua pertanyaan dijawab dengan benar, tunggu beberapa saat di mana petugas Call Center akan memproses reset kartu ATM.
  7. Proses membuka blokir berhasil dilakukan dan kartu ATM dapat digunakan lagi untuk bertransaksi.

BACA JUGA: Kode Bank BCA Ke Mandiri

Cara Membuka Blokir Melalui Kantor Cabang BCA

Jika nasabah lupa PIN kartu ATM yang terblokir, bisa mendatangi kantor cabang BCA terdekat untuk membuka blokir kartu ATM tersebut. Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi untuk dapat membuka blokir kartu ATM BCA, antara lain:

  • Buku tabungan BCA.
  • Kartu ATM yang terblokir.
  • KTP yang masih berlaku.

Setelah semua persyaratan tersebut sudah disiapkan, selanjutnya datangi kantor cabang BCA terdekat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Datanglah ke kantor cabang BCA terdekat denganmembawa semua persyaratan tadi.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service.
  3. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Jika nomor antrian sudah dipanggil, datangi petugas Customer Service lalu sampaikan keinginan untuk membuka blokir kartu ATM BCA.
  5. Berikan persyaratan yang dibawa kepada petugas Customer Service.
  6. Petugas Customer Service akan melakukan proses verifikasi denan memberikan pertanyaan tentang tanggal lahir, nama lengkap, dan nama ibu kandung.
  7. Kemudian tunggu petugas Customer Service melakukan reset kartu ATM yang terblokir. Jika sudah berhasil, kartu ATM tersebut dapat digunakan kembali untuk bertransaksi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi m-BCA Tidak Bisa Login

Cara Membuka Blokir Karena Kartu ATM BCA Hilang/Rusak

Jika penyebab kartu ATM BCA diblokir adalah dikarenakan kartu ATM hilang atau rusak, yang harus dilakukan adalah melakukan penggantian kartu ATM. Penggantian kartu ATM dapat dilakukan di kantor cabang BCA terdekat.

Tetapi jika terdapat perubahan data di KTP, maka penggantian kartu ATM BCA harus dilakukan di kantor cabang asal membuka rekening. Bawa juga persyaratan berupa buku rekening, kartu ATM BCA, dan KTP asli.

Jika kartu ATM hilang, bawalah juga surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian. Nasabah juga akan dikenakan biaya penggantian kartu ATM BCA sesuuai dengan jenis kartu ATM tersebut. Berikut ini adalah biaya yang dikenakan pada masing-masing kartu:

  • BCA Silver: Rp.10.000
  • BCA Blue: Rp. 10.000
  • BCA Gold: Rp. 15.000
  • BCA Platinum: Rp. 20.000
  • BCA Xpresi: Rp. 25.000

BACA JUGA: Cara Transfer Dari Rekening BCA Melalui M-Banking

Penutup

Demikian cara yang bisa dilakukan oleh nasabah untuk membuka blokir kartu ATM BCA. Jika kartu sudah berhasil diaktifkan kembali, disarankan untuk menggunakan kartu ATM tersebut dengan baik. Rahasiakan PIN ATM, ingat PIN tersebut, dan sebaiknya ganti PIN ATM secara berkala untuk menjaga keamanannya.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo