Maksimal Tarik Tunai ATM Mandiri

TutorBisnis.com – Kartu ATM berfungsi memberikan kemudahan bagi nasabah suatu bank dalam melakukan transaksi. Nasabah dapat melakukan transfer, penarikan tunai, penyetoran, pengecekan mutasi rekening, cek saldo, pembayaran, dan investasi.

Kartu ATM dapat digunakan untuk melakukan transaksi tersebut melalui mesin ATM. Akan tetapi perlu diketahui jika terdapat beberapa aturan yang ditetapkan oleh pihak bank mengenai penggunaan kartu ATM.

Salah satunya adalah aturan tentang penarikan tunai. Kartu ATM memiliki batas maksimal atau limit penarikan tunai dalam 1 hari. Aturan tersebut berlaku pada setiap bank, termasuk Bank Mandiri.

Biaya Penarikan Tunai

Nasabah Bank Mandiri dapat melakukan penarikan tunai di ATM Mandiri dan juga jaringan ATM lainnya, seperti ATM Bersama, ATM Merah Putih, Prima, dan Visa Plus. Berikut ini adalah daftar biaya yang akan dikenakan ketika melakukan penarikan tunai pada jaringan ATM tersebut.

JARINGAN ATMBIAYA
MandiriGratis
ATM Merah PutihGratis
ATM BersamaRp. 7.500
PRIMARp. 7.500
VISA PlusRp. 20.000

BACA JUGA: Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Maksimal Tarik Tunai di ATM Mandiri

Jumlah batas maksimal atau limit penarikan tunai berdasarkan jenis kartu ATM yang dimiliki oleh nasabah Mandiri. Pada Bank Mandiri terdapat kartu ATM yang berlogo Visa dan Debit. Ada juga kartu ATM yang dikhususkan bagi pemilik rekening tabungan Mitra Usaha dan TabunganKu.

1. Kartu ATM Mandiri Silver

Kartu ATM Mandiri Silver

Kartu ATM Mandiri Silver memiliki limit transaksi paling rendah jika dibandingkan dengan jenis kartu ATM Mandiri lainnya. Berikut ini adalah limit tarik tunai per hari pada kartu ATM Mandiri Silver.

  • Silver GPN: Rp. 10.000.000
  • Silver VISA: Rp. 10.000.000

2. Kartu ATM Mandiri Gold

Kartu ATM Mandiri Gold

Kartu ATM Mandiri Gold memiliki level yang lebih tinggi dari kartu ATM Mandiri Silver. Jika nasabah ingin melakukan penarikan tunai dalam jumlah besar, maka wajib datang ke kantor cabang Bank Mandiri dengan membawa buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas diri. Berikut ini adalah limit tarik tunai per hari pada kartu ATM Mandiri Gold.

  • Gold GPN: Rp. 10.000.000
  • Gold VISA: Rp. 10.000.000
  • Gold Bisnis VISA: Rp. 10.000.000

3. Kartu ATM Mandiri Platinum

Kartu ATM Mandiri Platinum

Kartu ATM Mandiri Platinum memiliki level yang lebih tinggi dari kartu ATM Mandiri Silver dan Gold. Karena limit transaksinya lebih tinggi, sehingga cocok dimiliki oleh para pebisnis yang sering bertransaksi dengen jumlah yang besar setiap harinya. Berikut ini adalah limit tarik tunai per hari pada kartu ATM Mandiri Platinum.

  • Platinum GPN: Rp. 10.000.000
  • Platinum VISA: Rp. 10.000.000

4. Kartu ATM Mandiri Prioritas

Kartu ATM Mandiri Prioritas memiliki level yang paling tinggi dan memiliki limit transaksi tertinggi jika dibandingkan dengan kartu ATM Mandiri Silver, Gold, dan Platinum. Limit penarikan tunai kartu ATM Mandiri Prioritas adalah sebesar Rp. 15.000.000 per hari.

5. Kartu ATM TabunganKu

Kartu ATM TabunganKu

Kartu ATM TabunganKu memiliki limit yang paling kecil, tetapi TabunganKu bebas biaya administrasi bulanan dengan setoran awal pembukaan rekening yang sangat ringan. Limit penarikan tunai kartu ATM TabunganKu adalah sebesar Rp. 1.000.000 per hari.

6. Kartu ATM Mandiri Mitra Usaha

Kartu ATM Mandiri Mitra Usaha

Kartu ATM Mitra Usaha memiliki limit penarikan tunai sebesar Rp. 10.000.000 per hari. Limit tersebut akan reset pada hari berikutnya. Jika ingin melakukan penarikan tunai dengan jumlah yang besar, maka disarankan untuk melakukannya di kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

BACA JUGA: Cara Ganti PIN ATM Mandiri

Cara Tarik Tunai

Jika telah mengetahui jenis kartu ATM Mandiri beserta limit penarikan tunai pada masing-masing kartu ATM, maka ketahui juga cara melakukan penarikan tunai di gerai ATM.

  1. Datang ke gerai ATM Mandiri terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu yang tersedia dengan benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari pemblokiran secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih jumlah pengambilan uang yang ditampilkan di layar. Jika jumlah yang diinginkan tidak tersedia pada pilihan tersebut, pilih menu Penarikan Jumlah Lain lalu lanjutkan dengan memasukkan jumlah uang yang diinginkan.
  6. Selanjutnya akan ditampilkan laman konfirmasi pencetakan struk. Pilih YA jika ingin mendapatkan struk bukti penarikan tunai.
  7. Ambil uang yang keluar dari slot di mesin ATM dan juga struk bukti penarikan tunai.
  8. Jika tidak ingin melanjutkan transaksi, pilih TIDAK. Lalu ambil kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.

Jika nasabah Mandiri mengalami kendala ketika melakukan penarikan tunai di mesin ATM, segera hubungi Mandiri Call di nomor 14000 untuk melakukan pemblokiran sementara.

BACA JUGA: Cara Blokir ATM Mandiri yang Hilang

Demikian penjelasan mengenai maksimal tarik tunai ATM Mandiri. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah Bank Mandiri.

Photo of author

I Putu Nurestu

Perkenalkan nama saya I Putu Nurestu, salah satu penulis kontent dari TutorBisnis.com. Beragam ide serta konten yang telah saya tulis meliputi perbankan, finansial, investasi dll.