Cara Ganti PIN ATM BCA

TutorBisnis.com – Bagaimana cara ganti PIN ATM BCA? Nasabah BCA umumnya mendapatkan fasilitas kartu ATM untuk digunakan saat melakukan transaksi.

Nasabah yang memiliki kartu ATM BCA disarankan untuk mengganti PIN kartu ATM secara berkala. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan kartu ATM tersebut. Penggantian PIN kartu ATM BCA sebaiknya dilakukan minimal 3 bulan sekali.

Nasabah BCA yang ingin mengganti PIN kartu ATM BCA bisa melakukannya melalui mesin ATM BCA. Akan tetapi jika nasabah lupa dengan PIN kartu ATM yang dimilikinya, maka dissarankan untuk melakukan penggantian PIN kartu ATM di kantor cabang BCA terdekat.

Cara Ganti PIN ATM BCA

Ganti PIN ATM BCA

 

1. Melalui Gerai ATM BCA

Nasabah yang ingin mengganti PIN kartu ATM melalui mesin ATM BCA harus mampu mengingat PIN kartu ATM tersebut. Karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, maka kartu ATM akan diblokir oleh sistem secara otomatis. Lakukan langkah berikut ini untuk mengganti PIN melalui mesin ATM BCA:

  1. Datang ke gerai ATM BCA terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan benar sesuai petunjuk yang tertera pada stiker yang tertempel di dekat slot kartu ATM.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan PIN yang lama.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  6. Lalu pilih Ganti PIN.
  7. Masukkan 6 digit PIN yang lama.
  8. Kemudian masukkan 6 digit PIN yang baru.
  9. Masukkan lagi PIN yang baru dibuat.
  10. Tunggu proses penggantian PIN hingga muncul pemberitahuan,”PIN Anda sudah berubah demi keamanan, hindari penggunaan PIN lama kembali”.
  11. Selanjutnya pilih Tidak jika tidak ingin melanjutkan transaksi.
  12. Ambil kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM tersebut.

Jika telah berhasil mengganti PIN kartu ATM, maka gunakan PIN yang baru saat melakukan transaksi. Jaga kerahasiaan PIN tersebut dan ingat baik-baik supaya kartu ATM terjaga keamanannya.

BACA JUGA: Cara Daftar SMS Banking BCA

2. Melalui Kantor Cabang BCA

Nasabah BCA yang lupa dengan PIN atau kartu ATM terblokir dapat melakukan penggantian PIN kartu ATM melalui kantor cabang BCA terdekat. Lakukan langkah sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa persyaratan berupa buku tabungan BCA, kartu ATM BCA, dan KTP.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju Customer Service.
  3. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Setelah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keinginan mengganti PIN kartu ATM beserta alasannya.
  5. Berikan persyaratan yang sudah dibawa dan petugas Customer Service akan melakukan proses pemblokiran kartu ATM.
  6. Petugas Customer Service akan melakukan reset PIN kartu ATM. Kemudian nasabah akan diminta untuk membuat PIN yang baru. Jangan menggunakan tanggal lahir karena PIN akan sangat beresiko untuk diketahui oleh orang lain.
  7. Pembuatan PIN akan dibantu oleh petugas Customer Service hingga berhasil dan kartu ATM dapat digunakan kembali.

Penggantian PIN kartu ATM BCA tidak dikenakan biaya administrasi. Apabila nasabah mengalami kendala ketika melakukan penggantian PIN kartu ATM, hubungi Halo BCA di nomor 1500888 atau melalui email [email protected].

BACA JUGA: Cara Top Up Gopay Lewat M-Banking BCA

Demikian penjelasan mengenai cara ganti PIN ATM BCA. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah BCA yang ingin melakukan penggantian PIN kartu ATM BCA.

Artikel Terkait