Kode Bank Mega

TutorBisnis.com – Berapa kode Bank Mega? Bank Mega dulunya merupakan PT. Bank Karman yang ada di Surabaya dan berganti nama pada tahun 1992 serta berpindah lokasi di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, Bank Mega menjadi salah satu perusahaan publik yang menawarkan Saham Umum Perdana. Selain itu, juga memperoleh ijin dari Bank Indonesia ke Bank Devisa. Sehingga Bank Mega mampu memperluas jangkauan bisnisnya.

Bank Mega memegang prinsip profesionalisme, yaitu keterbukaan dan kehati-hatian dengan struktur permodalan, produk, dan fasilitas kekinian. Perkembangan Bank Mega yang pesat membuka mata masyarakat Indonesia untuk memilih Bank Mega sebagai tempat memiliki rekening yang aman dan nyaman.

Seperti halnya bank lain, Bank Mega juga memiliki kode bank yang menjadi identitas bank tersebut. Kode bank dibutuhkan ketika nasabah hendak melakukan transaksi pengiriman uang atau transfer antar bank.

Kode Bank Mega

Kode Bank Mega

Kode bank berfungsi untuk mempermudah nasabah dan pihak bank dalam suatu transaksi transfer antar bank. Kode bank digunakan oleh sistem bank untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank sehingga kedua belah pihak bank mengetahui hak dan kewajibannya dalam transaksi tersebut.

Seperti identitas suatu bank, kode bank akan mempermudah komunikasi antar bank. Biasanya kode bank berupa 3 digit angka yang mana setiap bank memiliki kodenya masing-masing. Sedangkan kode Bank Mega adalah 426. Gunakan kode tersebut ketika akan melakukan transfer ke rekening Bank Mega dari rekening bank lain.

Cara Menggunakan Kode Bank Mega

Saat melakukan transfer melalui ATM ke sesama rekening Bank Mega, maka nasabah tidak membutuhkan kode bank karena transaksi ditujukan pada bank yang sama. Berbeda jika transfer ke rekening Bank Mega dilakukan dari rekening bank lain, maka harus menggunakan kode Bank Mega dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM terdekat dengan membawa kartu ATM dan catatan nomor rekeing Bank Mega tujuan transfer.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan benar sesuai petunjuk yang tertera pada stiker yang tertempel di dekat slot kartu.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari pemblokiran secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya, lalu pilih Transfer, kemudian pilih Transfer Antar Bank Online.
  6. Masukkan kode Bank Mega 426 diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer. Contoh: 4269876543210. Lalu pilih Benar.
  7. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer. Pastikan jumlah saldo pada rekening mencukupi untuk transfer dan membayar biaya administrasi sebesar Rp. 6.500. kemudian pilih Benar.
  8. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi. Periksa kembali, jika sudah benar, pilih YA.
  9. Transaksi diproses oleh mesin ATM. Jika sudah berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer sudah dilakukan.
  10. Ambil struk tersebut beserta kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.

Biasanya pada mesin ATM tersedia menu Daftar Kode Bank yang dapat dipilih ketika nasabah perlu mencari kode Bank Mega sebagai tujuan transfer. Tetapi proses transaksi transfer akan lebih cepat dilakukan apabila sudah mengetahui kode Bank Mega terlebih dahulu sehingga tidak perlu mencari lagi kode tersebut di mesin ATM.

Demikian penjelasan mengenai kode Bank Mega. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo