Cara Membuat E-Money Mandiri

TutorBisnis.com – Bagaimana cara membuat e-Money Mandiri? E-Money Mandiri merupakan produk dari Bank Mandiri berupa uang digital berbentuk kartu yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Kartu e-Money Mandiri mendukung teknologi RFID sehingga kartu tersebut digunakan hanya dalam waktu beberapa detik saja saat bertransaksi. Jadi pemiliki kartu e-Money Mandiri tidak membutuhkan uang tunai saat melakukan transaksi tersebut.

Kartu e-Money Mandiri dapat digunakan untuk membayar tol, berbelanja di mini market seperti Indomaret dan Alfamart, restoran, serta membeli tiket transportasi. Jika tertarik untuk mendapatkan dan memiliki kartu e-Money Mandiri, caranya cukup mudah.

Jenis kartu E-Money Mandiri

Cara Daftar E-Money Mandiri

Kartu e-Money Mandiri tersedia dalam 3 jenis kartu yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini adalah jenis kartu e-Money yang dapat dipilih saat membuat kartu e-Money Mandiri:

  • Gazcard adalah jenis kartu yang bisa digunakan untuk membeli bahan bakar di Pertamina. Cara menggunakan kartu Gazcard yaitu kartu tersebut ditempelkan pada mesin pembayaran dan saldo pada kartu Gazcard akan terpotong secara otomatis.
  • Indomaret Card adalah jenis kartu yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Indomaret dan dimanfaatkan untuk mendapatkan berbagai promosi yang ditawarkan. Selain itu kartu ini juga bisa dijadikan sebagai kartu member Indomaret.
  • E-Tall Card adalah jenis kartu yang bisa digunakan untuk pembayaran tol di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Cara Transfer Virtual Account Mandiri

Keuntungan dari E-Money Mandiri

Pemilik kartu e-Money Mandiri akan merasakan beberapa keuntungan saat menggunakan kartu e-Money Mandiri saat bertransaksi. Keuntungan tersebut antara lain:

  • Belanja menjadi lebih mudah karena pengguna kartu e-Money Mandiri tinggal menempelkan kartu tersebut pada mesin pembaca.
  • Transaksi diproses selama beberapa detik saja sehingga sangat efektif bagi pengguna yang lebih suka praktis.
  • Kartu e-Money Mandiri dapat dimiliki oleh siapa saja termasuk non nasabah Mandiri.
  • Kartu e-Money Mandiri boleh dipindahtangankan dan digunakan untuk melakukan transaksi digital oleh siapapun.
  • Pengguna kartu e-Money Mandiri tidak memerlukan uang tunai saat melakukan transaksi.

Fitur E-Money Mandiri

Kartu e-Money Mandiri memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan dalam berbagai transaksi, yaitu:

  • Pembayaran jalan tol hampir di seluruh jalan tol di Indonesia.
  • Pembayaran parkir kendaraan dan PTE.
  • Pembayaran bahan bakar di SPBU Pertamina.
  • Pembayaran belanja di Indomaret dan Alfamart.
  • Pembayaran belanja di toko yang bekerjasama dengan Bank Mandiri.
  • Pembayaran di tempat wisata atau restoran yang bekerjasama dengan Bank Mandiri.

BACA JUGA: Syarat Pinjaman Mandiri Syariah

Cara Membuat e-Money Mandiri

Bagi yang ingin membuat kartu e-Money Mandiri, silahkan pilih salah satu dari beberapa cara membuat e-Money Mandiri yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Melalui Kantor Cabang Bank Mandiri

Cara yang pertama adalah membuat kartu e-Money Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Pembuatan kartu e-Money Mandiri akan dibantu oleh petugas Customer Service Mandiri. Siapa saja bisa membuat kartu e-Money Mandiri, tidak harus menjadi nasabah Bank Mandiri.

2. Melalui Merchant

Kartu e-Money Mandiri tersedia di beberapa merchant, seperti alfamart, Indomaret, Lawson, Dandan, Sogo, Mitra 10, Gunung Agung, dan Gramedia. Kartu e-Money Mandiri dijual bebas di merchant tersebut sehingga sangat membantu ketika akan memasuki jalan tol dan membutuhkan kartu e-Money Mandiri.

3. Melalui Kantor Gerbang Tol

Pembuatan kartu e-Money Mandiri juga bisa dilakukan di kantor gerbang tol tetapi jenis kartu e-Money Mandiri yang tersedia hanya E-Tall Card. Cara ini tersedia di kantor gerbang tol Jabodetabek saja.

4. Melalui E-Commerce

Pengguna aplikasi e-commerce dapat melakukan pembuatan kartu e-Money Mandiri secara online melalui aplikasi tersebut, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli.com, dan Dinomarket.

5. Halte TransJakarta

Jika terbiasa menggunakan layanan transportasi TransJakarta, di halte TransJakarta juga bisa mebuat kartu e-Money Mandiri. Selain TransJakarta, kartu e-Money Mandiri juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran jasa transaportasi TransJogja dan BatikSolo Trans.

6. Vending Machine E-Money

Cara yang terakhir adalah melalui vending machine e-Money. Akan tetapi fasilitas tersebut tersedia dalam jumlah yang tidak banyak dan terdapat hanya di kota-kota besar saja.

BACA JUGA: Maksimal Tarik Tunai ATM Mandiri

Demikian penjelasan mengenai cara membuat e-Money Mandiri. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya yang ingin memiliki alat pembayaran berbentuk uang digital dalam sebuah kartu.

Artikel Terkait