Kode Bank UOB Indonesia

TutorBisnis.com – Bank UOB dulu bernama PT. Bank Buana Indonesia yang didirikan pada tanggal 31 Agustus 1956 dan sekarang telah memiliki 41 kantor cabang di seluruh Indonesia.

Seperti bank lainnya, Bank UOB juga memiliki kode bank yang digunakan dalam proses transaksi pengiriman uang atau transfer antar bank. Bagi nasabah bank lain yang ingin melakukan transfer ke rekening tabungan Bank UOB, harus menggunakan kode Bank UOB supaya transaksi dapat diproses oleh sistem.

Kode Bank UOB Indonesia Terbaru

Kode Bank UOB Indonesia adalah 023. Sebenarnya kode Bank UOB dapat dilihat pada menu Daftar Kode Bank yang tersedia di mesin ATM. Tetapi lebih baik jika sebelum melakukan transfer ke rekening UB sudah mengetahui kode Bank UOB terlebih dahulu untuk mempersingkat atau mempercepat proses transfer.

Karena pada daftar kode bank ada banyak sekali nama-nama bank beserta kode bank tersebut sehingga akan membutuhkan waktu untuk menemukan kode bank yang dicari.

BACA JUGA: Kode Bank Sinarmas

Bagi nasabah suatu bank yang melakukan transaksi antar bank melalui layanan mobile banking atau internet banking biasanya tidak membutuhkan kode bank karena sistem secara otomatis telah memasukkan kode bank tersebut. Sedangkan transfer antar bank melalui ATM dan SMS Banking harus memasukkan kode bank secara manual.

Cara Menggunakan Kode Bank UOB

Jika nasabah suatu bank ingin melakukan transfer ke rekening nasabah Bank UOB, maka gunakan kode Bank UOB saat proses transfer dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu yang tersedia dengan posisi benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari terjadinya pemblokiran secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya. Lalu pilih Transfer, lanjutkan dengan pilih Transfer Antar Bank.
  6. Masukkan kode Bank UOB 023 diikuti nomor rekening tujuan transfer. Contoh: 02376348284.
  7. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer ke rekening tersebut. Pastikan jika tersedia cukup saldo pada rekening yang digunakan untuk transfer karena transfer antar bank biasanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500. Pilih Benar.
  8. Selanjutnya akan ditampilkan detail transaksi. Periksa kembali, jika sudah benar, pilih YA.
  9. Tunggu mesin ATM melakukan proses transaksi hingga berhasil.
  10. Setelah transaksi berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer telah dilakukan.
  11. Ambil struk tersebut dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.

BACA JUGA: Kode Bank CIMB Niaga

Demikian penjelasan mengenai kode Bank UOB Indonesia. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Photo of author

I Putu Nurestu

Perkenalkan nama saya I Putu Nurestu, salah satu penulis kontent dari TutorBisnis.com. Beragam ide serta konten yang telah saya tulis meliputi perbankan, finansial, investasi dll.