Kode Bank BRI

TutorBisnis.com – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan berbagai jenis tabungan yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai kebutuhannya. Nasabah yang memiliki rekening tabungan di Bank BRI akan diberikan fasilitas berupa kartu ATM.

Nasabah BRI dapat menggunakan kartu ATM tersebut untuk melakukan transaksi, salah satunya adalah transaksi pengiriman uang atau transfer. Selain mengirimkan uang, juga bisa menerima uang atau transfer dari rekening BRI atau bank lain.

Apabila nasabah dari bank lain ingin melakukan transfer ke rekening tabungan BRI, maka dalam proses transfer membutuhkan kode Bank BRI. Karena tanpa kode bank, transaksi antar bank tidak dapat diproses oleh sistem bank.

Kode Bank BRI

Kode Bank BRI

Nasabah yang melakukan transfer ke rekening tabungan BRI melalui mesin ATM dapat mengetahui kode Bank BRI pada menu Daftar Kode Bank yang tersedia di mesin ATM.

Akan tetapi, supaya proses transfer ke rekening tabungan BRI menjadi lebih cepat tanpa harus mencari kode Bank BRI terlebih dahulu di menu, sebaiknya ketahui dan catat kode Bank BRI sebelum mendatangi gerai ATM. Kode Bank BRI adalah 002.

Cara Transfer

Saat melakukan transfer dari rekening bank lain ke rekening tabungan BRI, maka gunakan kode tersebut. Jika belum mengetahui cara menggunakan kode bank saat proses transfer antar bank, berikut ini adalah cara transfer dari rekening bank lain ke rekening tabungan BRI:

  1. Datang ke gerai ATM terdekat dengan membawa kartu ATM dan catatan nomor rekening BRI tujuan transfer.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan posisi benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar supaya terhindar dari pemblokiran kartu ATM secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Lainnya atau Transaksi Lainnya
  6. Lalu pilih Transfer.
  7. Selanjutnya pilih Rekening Tabungan.
  8. Kemudian pilih Ke Rekening Bank Lain.
  9. Masukkan kode Bank BRI 002 diikuti nomor rekening BRI tujuan transfer, contoh: 0023476343738. Lalu pilih Benar.
  10. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer, lalu pilih Benar.
  11. Masukkan kode referensi atau boleh juga dikosongkan saja, lalu pilih Benar.
  12. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi transfer. Periksa data tersebut, jika sudah benar, pilih YA.
  13. Transfer berhasil dilakukan dan mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer telah dilakukan.
  14. Ambil kartu ATM dan struk tersebut sebelum meninggalkan gerai ATM.

Biaya Administrasi

Perlu diketahui bahwa transaksi pengiriman uang atau transfer antar bank biasanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500. Biaya tersebut akan diambil secara otomatis dengan cara pemotongan saldo di rekening yang digunakan untuk transfer.

Demikian penjelasan mengenai kode Bank BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah bank lain yang ingin melakukan transfer ke rekening BRI.

Baca juga:

Artikel Terkait