Cara Transfer BRI ke BNI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara transfer BRI ke BNI? Transfer antar bank berbeda membutuhkan kode bank tujuan supaya transaksi dapat diproses oleh sistem.

Setiap bank di seluruh dunia memiliki kode bank masing-masing. Kode bank berfungsi untuk mengidentifikasi transaksi transfer dan jenis bank mana yang menjadi tujuan transfer.

Bagi nasabah bank BRI yang ingin melakukan transfer ke bank lain, seperti BNI, maka tentu dibutuhkan kode bank dalam proses transfer. Nasabah BRI harus mengetahui kode bank BNI.

Kode Bank BNI

Kode bank di Indonesia terdiri dari 3 digit angka dan masing-masing bank memiliki kode yang berbeda. Fungsi dari kode bank adalah sebagai identitas bank yang mempermudah transaksi dan komunikasi antar bank.

Ketika melakukan transfer ke bank yang berbeda, maka kode bank diperlukan supaya proses transaksi berhasil dilakukan. Transfer dari rekening BRI ke BNI membutuhkan kode bank BNI, yaitu 009.

Cara Transfer Melalui ATM

Terdapat beberapa cara transfer BRI ke BNI, yaitu melalui internet banking, SMS Banking, dan ATM. Tetapii tidak semua pemilik rekening BRI menggunakan layanan internet banking ataupun SMS Banking. Sehingga transfer dilakukan di gerai ATM BRI.

Gerai ATM BRI tersebar di berbagai daerah di Indonesia sehingga memudahkan nasabah untuk bertransaksi. Cara transfer dari rekening BRI ke BNI sangat mudah. Ikuti langkah berikut ini.

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat dan membawa kartu ATM BRI.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan benar sesuai dengan petunjuk yang di tampilkan di stiker yang tertempel dekat slot kartu.
  3. Pilih Bahasa Indoneia.
  4. Masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka dengan benar. Jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, kartu ATM diblokir secara otomatis oleh sistem.
  5. Setelah itu akan ditampilkan beberapa pilihan transaksi. Pilih Transaksi Lainnya, lalu pilih Transfer. Kemudian pilih Transfer Antar Bank Online.
  6. Selanjutnya masukkan kode bank BNI (009) yang diikuti dengan nomor rekening tujuan. Contoh: 009 Lalu pilih Benar.
  7. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer. Transfer ke rekening bank berbeda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500. Pastikan tersedia cukup saldo pada rekening BRI yang digunakan untuk transfer. Lalu pilih Benar.
  8. Pada layar monitor akan ditampilkan informasi tentang data tranfer, seperti nomor rekening penerima, jenis bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan transfer, hingga jumlah uang yang akan ditransfer. Periksa kembali, jika sudah benar pilih Benar.
  9. Tunggu mesin ATM memproses transaksi tersebut.
  10. Apabila transaksi sudah berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer. Ambil dan simpan struk tersebut.
  11. Jangan lupa ambil kartu ATM BRI supaya kartu tidak tertelan di mesin ATM.

Unuk mengetahui kode bank tujuan transfer, bisa dilihat di menu Daftar Kode Bank di mesin ATM ketika melakukan transaksi. Tetapi tentu membutuhkan waktu lebih lama jika harus mencari kode bank tujuan transfer pada daftar kode yang memuat banyak kode bank.

Demikian informasi tentang cara transfer BRI ke BNI. Semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah BRI yang hendak melakukan transfer ke rekening BNI.

Artikel Terkait