Cara Pinjam Uang di Shopee Lewat ShopeePinjam

TutorBisnis.com – Bagaimana cara pinjam uang di Shopee lewat ShopeePinjam? ShopeePinjam adalah suatu produk layanan pinjaman uang tunai yang tersedia di Shopee. Pihak Shopee akan memberikan pinjaman uang kepada pengguna Shopee kemudian uang tersebut ditransfer ke rekening yang didaftarkan di aplikasi Shopee.

Perbedaan ShopeePinjam dengan Shopee PayLater adalah Shopee PayLater menyediakan pinjaman berupa limit kredit, bukan uang tunai. Jika pengguna Shopee telah mengaktifkan Shopee PayLater, juga bisa mendapatkan fasilitas ShopeePinjam.

Layanan ShopeePinjam terjamin keamanannya karena Shopee bekerjasama dengan PT. Lentera Dana Nusantara yang telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Syarat Meminjam Uang di Shopee

Cara Meminjam Uang di Shopee

Pinjaman uang tunai yang diberikan melalui ShopeePinjam dapat menjadi solusi bagi pengguna Shopee yang membutuhkan tambahan modal usaha atau untuk berbelanja. Tetapi fitur ShopeePinjam tersedia hanya bagi pengguna Shopee yang telah memenuhi syarat dan kriteria yang ditetapkan pihak Shopee.

Fitur ShopeePinjam biasanya muncul secara otomatis jika pengguna Shopee telah mengaktifkan fitur Shopee PayLater atau sering berbelanja di aplikasi Shopee. Cara melakukan pengecekan fitur ShopeePinjam adalah masuk ke menu Saya, lalu lihat apakah tersedia menu ShopeePinjam atau tidak.

Jika ShopeePinjam tersedia dan telah aktif, maka pengguna Shopee dapat mengajukan pinjaman uang melalui fitur ShopeePinjam. Berikut ini adalah ketentuan yang berlaku dalam menggunakan layanan ShopeePinjam:

  • Tersedia pada pengguna Shopee tertentu saja yang telah mengaktifkan ShopeePinjam.
  • Memiliki nomor rekening BCA, BNI, BRI, atau Mandiri untuk menerima pinjaman tunai dari ShopeePinjam.
  • Biaya penanganan hingga 3% per transaksi.
  • Suku bunga minimal 2,45% per bulan.
  • Denda jika terlambatan membayar tagihan ShopeePinjam sebesar 5% dari total tagihan.
  • Jumlah maksimal pinjaman berdasarkan status akun pengguna Shopee.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Shopee Paylater

Cara Mengajukan Pinjaman

Setelah pengguna mengaktifkan fitur ShopeePinjam dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman, maka pengajuan pinjaman melalui ShopeePinjam dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi shopee yang terpasang di smartphone, lalu pilih menu Saya.
  2. Pilih ShopeePinjam.
  3. Setelah berhasil masuk ke fitur ShopeePinjam, klik Ajukan.
  4. Pilih jumlah pinjaman dengan cara menggeser tombol pada jumlah yang diinginkan. Lalu pilih jangka waktu pinjaman yang diinginkan.
  5. Masukkan nomor rekening yang digunakan untuk menerima dana dari ShopeePinjam. Klik Rekening Bank Kamu.
  6. Isi data yang dibutuhkan untuk proses penambahan rekening bank secara lengkap dan benar sesuai yang tertera di KTP. Klik Lanjutkan.
  7. Setelah itu akan ditampilkan data rekening yang telah dimasukkan. Pengguna dapat menambahkan lebih dari 1 nomor rekening. Klik Konfirmasi.
  8. Selanjutnya akan ditampilkan jumlah pinjaman yang didapatkan, bunga, biaya transaksi, dan cicilan yang harus dibayar tiap bulan. Klik Ajukan Sekarang.
  9. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar di ShopeePinjam. Jangan berikan kode OTP kepada siapapun termasuk pihak Shopee.
  10. Berikutnya pihak ShopeePinjam akan melakukan proses terhadap pengajuan tersebut. Jika disetuju, maka akan muncul notifikasi bahwa pengajuan ShopeePinjam telah berhasil dan dana akan ditransfer ke nomor rekening yang dipilih.

Jika pengajuan pinjaman sedang diproses, maka pengguna Shopee tidak dapat membuat pengajuan pinjaman baru. Tunggu hingga pengajuan tersebut selesai diproses dan pengguna Shopee bisa mengajukan pinjaman baru selama memiliki sisa limit.

Setelah menerima pinjaman uang tunai dari ShopeePinjam, pengguna Shopee wajib membayar cicilan pinjaman secara tepat waktu supaya tidak dikenakan denda keterlambatan.

Pembayaran tagihan ShopeePinjam dilakukan paling lambat tanggal 5 setiap bulan. Apabila terlambat melakukan pembayaran, maka akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Kredivo di Shopee

Cara Membayar Tagihan

Berikut ini adalah cara yang harus dilakukan oleh pengguna Shopee yang ingin melakukan pembayaran tagihan ShopeePinjam:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu Saya. Lanjutkan dengan pilih menu ShopeePinjam.
  2. Selanjutnya akan ditampilkan informasi tagihan dan limit yang tersedia. Klik Bayar.
  3. Pilih metode pembayaran dengan cara klik Pilihan Pembayaran. Kemudian akan muncul beberapa pilihan metode pembayaran. Pilih salah satu lalu klik Bayar.

BACA JUGA: Cara Bayar Shopee PayLater

Demikian penjelasan mengenai cara pinjam uang di Shopee. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo