Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara menonaktifkan SMS Banking BRI? Bagi nasabah BRI yang ingin selesai menggunakan layanan SMS Banking BRI, tentu sangat penting untuk mengetahui caranya.

SMS Banking adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh bank yang bertujuan memudahkan nasabahnya melakukan transaksi. Fasilitas SMS Banking menyediakan layanan transaksi yang lebih mudah dilakukan dengan cara mengirimkan SMS dengan format khusus ke nomor yang disediakan oleh pihak bank.

Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi, pihak bank menyediakan fasilitas lainnya yang lebih mudah lagi dan lebih canggih. Sehingga penggunaan layanan SMS Banking untuk melakukan transaksi semakin menurun.

Selain itu, banyaknya nasabah yang menggunakan SMS Banking mulai merasa keberatan atas biaya yang dikenakan saat melakukan transaksi melalui SMS Banking. Biaya tersebut menyebabkan berkurangnya jumlah pulsa pada nomor handphone yang digunakan saat bertransaksi dengan SMS Banking.

Adanya pemotongan jumlah pulsa sebagai biaya layanan SMS Banking berlaku tidak hanya saat mengirimkan SMS saja, tetapi juga saat menerima notifikasi apabila sedang terjadi transaksi di rekening tersebut.

Karena itulah ada nasabah BRI yang ingin menonaktifkan layanan SMS Banking. Akan tetapi biasanya nasabah BRI yang ingin menonaktifkan layanan tersebut belum mengetahui caranya.

Beberapa cara bisa dilakukan oleh pengguna layanan SMS Banking untuk menonaktifkan SMS Banking BRI. Simak penjelasan cara menonaktifkan SMS Banking BRI.

1. Melalui Call Center BRI

Cara yang paling praktis adalah melalui Call Center BRI karena tidak perlu repot untuk mendatangi gerai ATM BRI atau kantor cabang BRI. Cukup hubungi Call Center melalui handphone dan sediakan pulsa sejumlah kurang lebih Rp. 20.000 untuk melakukan panggilan tersebut. Lalu ikuti langkah berikut ini.

  1. Hubungi Call Center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Pastikan jika tersedia cukup pulsa untuk melakukan panggilan tersebut.
  2. Saat terhubung dengan petugas Call Center BRI, sampaikan keinginan untuk menonaktifkan layanan SMS Banking.
  3. Petugas akan menanyakan data yang diperlukan, seperti nomor rekening, nomor handphone yang terdaftar di SMS Banking BRI, nama ibu kandung, dan sebagainya. Jawablah pertanyaan tersebut dengan benar supaya bisa diproses.
  4. Apabila seluruh data yang diberikan sama dengan data yang tercatat di bank BRI, maka permintaan menonaktifkan layanan SMS Banking segera diproses sampai berhasil.

BACA JUGA: Cara Cek Angsuran KUR BRI

2. Melalui ATM

Cara selanjutnya adalah melalui gerai ATM BRI terdekat. Untuk menonaktifkan layanan SMS Banking BRI, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM pada slot kartu yang tersedia,
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Selanjutnya masukkan 6 digit PIN ATM dengan benar. Karena jika salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut, kartu ATM akan diblokir oleh sistem secara otomatis.
  5. Pada layar ATM akan ditampilkan beberapa menu piliihan transaksi. Pilih menu Transaksi Lain lalu pilih Lainnya.
  6. Kemudian pilih menu Registrasi.
  7. Selanjutnya pilih menu SMS Banking.
  8. Lalu pilih menu Hentikan.
  9. Masukkan PIN SMS Banking dengan benar.
  10. Tunggu hingga proses menonaktifkan layanan SMS Banking berhasil dilakukan.

BACA JUGA: Penyebab Kartu ATM BRI Disable

3. Melalui Kantor Cabang BRI

Cara lainnya yanng bisa dilakukan adalah dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Melalui cara ini, pengguna layanan SMS Banking BRI akan dibantu sepenuhnya oleh petugas Customer Service.

Jika menggunakan cara ini untuk menonaktifkan layanan SMS Banking BRI, maka wajib menyiapkan beberapa persyaratan untuk dibawa ke kantor cabang BRI, yaitu KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang sudah disiapkan.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke petugas Customer Service lalu tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  3. Setelah mendapat panggilan nomor antrian tadi, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keeinginan untuk menonaktifkan layanan SMS Banking.
  4. Petugas Customer Service akan meminta untuk mengisi formulir yang diberikan dan memproses permintaan tersebut.
  5. Jika formulir sudah diisi, berikan lagi kepada petugas Customer Service serta beberapa persyaratan yang sudah disiapkan.
  6. Tunggu petugas Customer Service memproses penonaktifan layanan SMS Banking hingga berhasil.

BACA JUGA: Produk Pinjaman BRI

Semua cara di atas bisa dipilih salah satunya untuk menonaktifkan layanan SMS Banking BRI. Pilihlah yang dirasa sesuai dan paling mudah untuk dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah BRI. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Artikel Terkait