Cara Menggunakan Shopee Paylater

TutorBisnis.com – Bagaimana cara menggunakan Shopee PayLater untuk membeli barang secara kredit? Shopee PayLater adalah fasilitas dari aplikasi Shopee bagi penggunanya untuk membeli barang dengan cara kredit tanpa harus memiliki kartu kredit.

Sehingga bagi pengguna Shopee yang ingin membeli produk di aplikasi Shopee namun belum memiliki cukup dana dan tidak memiliki kartu kredit, dapat menggunakan Shopee PayLater.

Shopee PayLater dapat digunakan oleh pengguna Shopee yang telah mengaktifkan PayLater untuk membeli barang melalui aplikasi Shopee dengan jangka waktu pembayaran selama 30 hari, 2 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan.

Syarat Menggunakan Shopee PayLater

Pengguna Shopee yang ingin menikmati fasilitas Shopee PayLater untuk melakukan pembayaran wajib mengaktifkan PayLater terlebih dahulu dengancara melengkapi persyaratan yang ditentukan oleh pihak Shopee, yaitu:

  • Akun Shopee yang digunakan telah terdaftar dan diverifikasi.
  • Akun Shopee tersebut berusia minimal 3 bulan.
  • Sering melakukan transaksi pada akun Shopee tersebut.
  • Aplikasi Shopee telah update ke versi terbaru melalui PlayStore atau AppStore.
  • Memiliki kartu identitas diri berupa KTP yang masih berlaku.
  • Pengguna Shopee berusia minimal 17 tahun.

Jika memenuhi semua persyaratan tersebut, maka pengguna Shopee dapat mengaktifkan fitur Shopee PayLater dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone.
  2. Pilih menu Saya yang terdapat di pojok kanan bawah.
  3. Lalu pilih Shopee PayLater.
  4. Kemudian akan ditampilkan berbagai keuntungan pada penggunaan Shopee PayLater serta jumlah limit yang bias didapatkan. Klik Aktifkan Sekarang.
  5. Selanjutnya ajan muncul kode verifikasi melalui SMS di noor handphone yang terdaftar pada akun Shopee yang digunakan. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang disediakan lalu klik Lanjut.
  6. Unggah foto selfie dengan memegang KTP sesuai petunjuk yang diberikan. Pastikan wajah dan data yang tertera di KTP bisa dilihat dengan jelas.
  7. Unggah foto KTP pada kolom yang disediakan dengan benar dan jelas.
  8. Klik Kirim.
  9. Tunggu proses aktivasi Shopee PayLater berhasil dan mendapatkan notifikasi seperti,”Selamat! Kamu telah berhasil mengakifkan Shopee PayLater.
  10. Kemudian akan didapatkan limit kredit Shopee PayLater yang dapat digunakan untuk belanja dan membeli produk digital seperti pulsa, listrik PLN, Tiket Pesawat, dan lain-lain.

Setelah berhasil mengaktifkan fitur Shopee PayLater, maka pengguna dapat mencoba cara menggunakan Shopee PayLater untuk membeli smartphone secara kredit atau membeli produk lainnya di aplikasi Shopee.

BACA JUGA: Cara Bayar Shopee PayLater

Cara Menggunakan

Shopee PayLater dapat digunakan untuk membeli barang dengan sistem cicilan beserta pilihan jangka waktu, yaitu 2 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan. Selain itu juga tersedia program Beli Sekarang Bayar Nanti dengan jangka waktu pembayaran 1 bulan.

Pengguna Shopee PayLater tidak perlu membayar uang muka ketika membeli barang secara kredit. Suku bunganya pun cukup ringan sehingga dapat menjadi alternatif untuk kredit barang tanpa harus memiliki kartu kredit. Berikut ini adalah cara menggunakan Shopee PayLater:

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone, lalu cari barang yang ingin dibeli pada kolom pencarian yang terdapat di bagian atas.
  2. Atur produk yang ingin dibeli meliputi warna, ukuran, dan jumlah produk. Klik Beli Sekarang.
  3. Selanjutnya akan masuk di laman Checkout lalu atur alamat pengiriman, opsi pengiriman (jasa ekspedisi), catatan, masukkan voucher (jika ada), dan metode pembayaran.
  4. Pilih metode pembayaran Shopee PayLater dengan pilihan jangka waktu pembayaran yaitu 30 hari, 2 bulan, 3 bulan, hingga 6 bulan beserta jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan.
  5. Lanjutkan dengan klik Konfirmasi.
  6. Setelah itu akan kembali ke laman Checkout, klik Buat Pesanan.
  7. Masukkan PIN ShopeePay. Jika belum mengaktifkan ShopeePay, maka akan mendapatkan kode verifikasi berupa kode OTP.
  8. Selanjutnya akan ditampilkan notifikasi,”Pembayaran kamu telah disetujui Shopee PayLater.” Dengan informasi total pembayaran dan sisa limit Shopee PayLater pada akun Shopee yang digunakan.

BACA JUGA: Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul

Biaya dan Denda

Perlu diketahui bahwa metode pembayaran menggunakan Shopee PayLater akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1% per transaksi dan suku bunga minimal sebesar 2,95%.

Pengguna Shopee PayLater wajib membayar cicilan sesuai jangka waktu yang dipilih dan akan mendapatkan rincian tagihan setiap tanggal 25. Pembayaran tagihan dilakukan paling lambat tanggal 5.

Bagi pengguna Shopee PayLater yang mendapatkan rincian tagihan setiap tanggal 1, maka pembayaran dilakukan paling lambat tanggal 11. Jika terlambat membayar tagihan, maka akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 5%.

Apabila terdapat pertanyaan atau mengalami kendala terkait penggunaan Shopee PayLater, hubungi Customer Service Shopee di nomor 1500702 atau melalui email help.shopee.co.id/s/contactusform.

BACA JUGA: Bunga Shopee PayLater

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan Shopee PayLater. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya pengguna Shopee yang ingin menikmati fasilitas dari Shopee PayLater.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo