Cara Bayar Shopee PayLater

TutorBisnis.com – Bagaimana cara bayar tagihan Shopee PayLater? Shopee merupakan salah satu e-commerce yang digunakan oleh banyak orang di Indonesia.  Pengguna dapat membeli dan menjual barang di Shopee. Bahkan pengguna Shopee dapat membeli barang yang diinginkan dari dalam negeri dan luar negeri.

Berbagai penawaran menarik tersedia di Shopee, seperti kemudahan akses belanja, penjualan, dan banyaknya promo menarik berupa cash back atau potongan ongkos kirim (ongkir). Terdapat beragam pilihan metode pembayaran di Shopee. Shopee juga menyediakan metode pembayaran yang memudahkan penggunanya berupa layanan Shopee PayLater.

Shopee PayLater memberika pinjaman dana bagi pengguna Shopee yang belum memiliki cukup dana untuk melakukan belanja di Shopee. Penggunanya dapat memilih jangka waktu pembayaran, mulai dari 2 bulan hingga 12 bulan.

Pengguna Shopee yang ingin menikmati layanan Shopee PayLater, harus mengaktifkan Shopee PayLater terlebih dahulu. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna Shopee supaya dapat mengaktifkan Shopee PayLater, yaitu:

  • Akun Shopee sudah terdaftar dan terverifikasi.
  • Akun Shopee berusia minimal 3 bulan.
  • Akun Shopee sering melakukan transaksi.
  • Akun Shopee sudah update ke versi terbaru yang dapat diunduh di PlayStore atau AppStore.

Jika Shopee PayLater sudah aktif, pengguna Shopee PayLater akan mendapatkan limit saldo yang dapat digunakan untuk membayar barang yang diinginkan dengan sistem cicilan atau dibayarkan di bulan berikutnya yang dikenal dengan program Beli Sekarang Bayar Nanti.

BACA JUGA: Bunga Shopee PayLater

Batas Pembayaran

Pengguna Shopee PayLater wajib membayar tagihan secara tepat waktu. Karena jika terlambat melakukan pembayaran tagihan, pengguna akan mendapatkan denda berdasarkan ketentuan dari pihak Shopee. Berikut ini adalah batas pembayaran Shopee PayLater.

  • Tagihan akan muncul setiap bulan di tanggal 25.
  • Batas pembayaran tagihan hingga tanggal 5 di bulan berikutnya.

Tetapi pengguna Shopee PayLater bisa membayar tagihan sebelum notifikasi tagihan muncul atau sebelum tanggal 25. Dengan catatan, proses pembelian seudah selesai atau barang yang dibeli telah diterima di alamat tujuan.

Cara Bayar Shopee PayLater

Cara Bayar Shopee PayLater

Pengguna Shopee PayLater wajib membayar tagihan supaya tidak dikenakan denda yang cukup besar, yaitu mencapai 5%. Karena itu pembayaran sebaiknya segera dilakukan dengan menggunakan cara berikut ini.

1. Transfer Bank

Berikut ini adalah cara membayar tagihan Shopee PayLater melalui transfer bank.

  1. Buka aplikasi Shopee lalu pilih menu Saya yang terdapat di pojok kanan bawah. Lalu pilih menu Shopee PayLater.
  2. Kemudian akan ditampilkan informasi berupa sisa limit, jumlah tagihan yang harus dibayar, tagihan pengguna, dan transaksi terakhir. Pilih Bayar.
  3. Pilih Tagihan yang harus Anda bayar, lalu pilih Bayar Sekarang.
  4. Selanjutnya pilih Transfer Bank. Pilihlah nama bank yang akan digunakan untuk membayar tagihan. Lalu klik Konfirmasi.
  5. Setelah itu akan muncul nomor virtual account. Salin dan simpan nomor tersebut untuk digunakan saat membayar tagihan Shopee PayLater.
  6. Pembayaran tagihan dapat dilakukan melalui mesin ATM, internet banking, dan mobile banking.

Pembayaran tagihan Shopee PayLater menggunakan virtual account secara otomatis akan dikonfirmasi maksimal 10 menit setelah pembayaran berhasil. Jika pengguna memilih membayar menggunakan cara ini, maka harus memilih penyedia jasa Shopee PayLater CF.

BACA JUGA: Cara Menaikkan Limit Shopee PayLater

2. Indomaret

Berikut ini adalah cara bayar tagihan Shopee PayLater di Indomaret.

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Pilih menu Saya, lalu pilih Shopee PayLater.
  3. Kemudian pilih Bayar Sekarang.
  4. Selanjutnya pilih Tagihan yang harus Anda bayar, lalu pilih Bayar Sekarang.
  5. Setelah itu pilih metode pembayaran Indomaret, lalu klik Konfirmasi.
  6. Lalu akan ditampilkan kode pembayaran, salin dan simpan kode pembayaran tersebut. Klik OK.
  7. Kunjungi gerai Indomaret terdekat.
  8. Datangi kasir dan beritahu keinginan untuk membayar tagihan Shopee PayLater.
  9. Berikan kode pembayaran tersebut kepada kasir supaya pembayaran tagihan dapat diproses.
  10. Kasir akan memberiitahukan data tagihan Shopee PayLater.
  11. Jika sudah sesuai, berikan uang tunai kepada kasir untuk membayar tagihan tersebut.
  12. Setelah pembayaran berhasil, kasir akan memberikan struk bukti pembayaran tagihan Shopee PayLater.

Penting untuk diketahui jika pengguna memilih cara ini untuk membayar tagihan Shopee PayLater, lakukan klik Bayar di halaman utama Shopee PayLater ketika berasa di Indomaret supaya tagihan dianggap lunas.

3. ShopeePay

Pengguna yang ingin membayar tagihan Shopee PayLater menggunakan ShopeePay harus menyediakan saldo yang cukup. Kemudian lakukan langkah berikut ini untuk membayar tagihan Shopee PayLater menggunakan ShopeePay.

  1. Ikuti langkah yang telah dijelaskan selanjutnya hingga di tahap memilih metode pembayaran.
  2. Pilih ShopeePay.
  3. Masukkan PIN ShopeePay dengan benar.
  4. Pembayaran akan dikonfirmasi secara otomatis dalam waktu maksimal 10 menit.

BACA JUGA: Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

Bayarlah tagihan Shopee PayLater tepat waktu untuk menghindari beban denda keterlambatan. Apabila pengguna Shopee mengalami kendala saat membayar tagihan Shopee PayLater, hubungi Call Center Shopee di nomor 1500702.

Demikian penjelasan mengenai cara bayar tagihan Shopee PayLater. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya pengguna aplikasi Shopee yang menggunakan layanan Shopee PayLater.

Content writer di Tutor Bisnis. Suka travelling, dengerin musik, dan teh. Masih kuliah dengan Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Jawa Timur.
close
Shopee Promo